Informasi

Inilah Deretan Fitur Android 12 Yang Akan Segera Hadir!

Deretan sejumlah fitur Android 12 sudah lama menjadi rumor pada internet. Berikut ini penulis rangkum sejumlah rumor yang menyebutkan fitur yang akan...

Avatar Written by Zack Kamil · 3 min read > 1 view
Fitur Android 12

Deretan sejumlah fitur Android 12 sudah lama menjadi rumor pada internet. Berikut ini penulis rangkum sejumlah rumor yang menyebutkan fitur yang akan hadir pada Android 12 untuk Anda ketahui lebih dulu.

Beberapa hari yang lalu muncul bocoran yang menyebutkan jika Google akan merilis Android 12 Beta Developer pada akhir Februari mendatang. Meski terbilang baru, Android 12 menjadi hal yang banyak diperbincangkan dari pada Android 11 yang saat ini tengah hadir. Android 12 nantinya akan tersedia untuk pertama kalinya bagi pengguna smartphone Pixel milik Google sendiri.

Fitur Android 12
Fitur Android 12

image source

Inilah Deretan Fitur Android 12

Manajemen Penyimpanan Aplikasi yang Lebih Cerdas

Mulai kurang suka dengan aplikasi yang menempati penyimpanan tetapi tidak dapat menghapus pemasangannya? Hibernasi Aplikasi dapat memainkan peran penting dalam Android 12 untuk mengelola jejak aplikasi ini. Fitur tersebut sudah termasuk dalam Proyek Open Source Android (AOSP). Ini secara efektif akan memungkinkan OS untuk membersihkan cache aplikasi jika masuk pada mode “hibernasi.”

Namun, tidak jelas maksud dari mode hibernasi aplikasi tersebut. Penulis tidak tahu pasti apakah status itu ditentukan oleh OS atau pengguna. Sepertinya fitur ini tidak terlalu berguna bagi Anda yang memiliki banyak penyimpanan. Namun, ini kemungkinan akan menjadi tambahan besar untuk perangkat Android level pemula atau ponsel lama yang sejalan untuk peningkatan OS.

Android Runtime Sebagai Modul Mainline

Google berencana untuk mengubah Android Runtime (ART) menjadi modul Project Mainline. Ini secara teoritis memungkinkan untuk mendorong pembaruan besar pada ART melalui Play Store. Ini akan meningkatkan kecepatan pengiriman pembaruan, dan membuat prosesnya lebih cepat pada seluruh produsen.

ART adalah kunci utama dalam operasi harian Android. Ini menerjemahkan bytecode OS ke dalam bahasa mesin oleh CPU, jadi ini merupakan bagian integral bahwa ART selalu mendapatkan pembaruan. Oleh karena itu, menyederhanakan pembaruan dapat meningkatkan kinerja Android lebih efisien secara keseluruhan.

Kelola Dua Aplikasi Sebagai Satu Tugas

Google akan menghadirkan multitasker yang lebih bermanfaat pada Android 12. Hal ini yang menunjukkan bahwa perusahaan saat ini sedang mengerjakan fitur yang bernama App Pairs. Ini akan memungkinkan pengguna untuk mengelola dua aplikasi yang terbuka pada menu Terbaru Android sebagai satu tugas.

Namun, fitur tersebut akan menjadi keuntungan bagi ponsel, lipat, dan tablet yang lebih besar. Ini akan mempermudah pengalihan antara aplikasi layar terpisah dan layar penuh pada menu Terbaru.

Dukungan Pengontrol Game yang Ditingkatkan

Google ingin meningkatkan dukungan untuk respons pengontrol game pihak ketiga. Android saat ini menampilkan API untuk mengelola umpan balik haptik pengontrol, tetapi tidak memberi pengembang akses untuk menyesuaikan amplitudo. Hasilnya? Mereka tidak dapat membuat pola khusus yang memiliki kekuatan atau pola yang bervariasi yang merupakan faktor penting dalam game modern.

Mode Jaringan Terbatas (Restricted network)

Mode manajemen jaringan ini akan hadir pada Android 12. Ini akan memberi OS kontrol lebih besar terhadap aplikasi yang dapat mengakses internet Anda.

Menurut XDA, fitur tersebut akan berupa daftar blokir yang Anda aktifkan pada pengaturan. Dalam fitur ini tentunya pengguna akan bisa mengakses lebih mudah, tetapi tidak jelas apakah daftar blokir yang sebenarnya dapat disesuaikan oleh pengguna atau tidak. Jika melihat dari komitmen yang digabungkan ke AOSP, fitur tersebut hanya akan mengizinkan aplikasi tertentu dengan izin CONNECTIVITY_USE_RESTRICTED_NETWORK untuk memanfaatkan jaringan.

Dukungan Screenshot Gulir

Fitur ini sebenarnya sudah lama menjadi rumor bahkan sebelum Android 10 hadir. Namun, hingga Android 11 saat ini, fitur ini nampaknya belum ada. Kemungkinan ini akan menjadi fitur Android 12 yang akan segera datang.

Double Tap Untuk Smartphone Pixel

Saat Pratinjau Pengembang Android 11 tahun lalu hadir, fitur ketuk dua kali dapat Anda aktifkan dengan beberapa pekerjaan oleh pengguna. Tentunya ini hanya bisa Anda lakukan untuk pengguna ponsel Pixel untuk mengontrol perangkat keras atau meluncurkan aplikasi dengan ketuk dua kali pada bagian belakang ponsel. Hal ini merupakan fitur mengontrol ponsel tanpa menyentuh bagian layar.

Berbagi Kata Sandi Wi-Fi Menggunakan Nearby Share

Fitur berbagi Wi-Fi telah hadir sejak pertengahan 2020 lalu. Hal ini memberikan fungsionalitas pada Android 11 layaknya Apple AirDrop. Sekarang, ada kemungkinan bahwa fitur tersebut dapat berbagi sandi Wi-Fi menggunakan Nearby Share.

Dalam komitmen untuk AOSP yang ditemukan oleh XDA, Google dapat mengizinkan pengguna membagikan kode QR yang berisi sandi Wi-Fi pada setelan jaringan nirkabel OS. Ini bisa berarti hari-hari mengetikkan kata sandi Wi-Fi yang cukup rumit secara fisik akan segera berakhir.

Dukungan Tema UI Yang Lebih Luas

Opsi penyesuaian asli Android 11 sangat terbatas. Pengguna hanya dapat beralih antara mode terang dan gelap pada UI mereka. Namun, ini akan berbeda pada Android 12.

Ditemukan oleh 9to5Google, Android 12 memungkinkan pengguna memilih dari berbagai warna utama dan aksen untuk tema OS khusus. Ini tidak hanya memberikan pengaruh pada menu Pengaturan Cepat dan elemen UI lainnya. Bagi mereka yang tidak bisa memilih warna, sistem tema juga dikatakan mengadopsi warna utama dari wallpaper sistem, mirip dengan Windows 10.

Android 12 UI

Peningkatan dukungan tema yang lebih luas mungkin bukan satu-satunya perubahan UI utama yang hadir pada Android 12. Berdasarkan laporan terbaru, Android 12 tersebut mungkin memakai tampilan UI yang berbeda dengan Android 11 saat ini.

Sebagai permulaan, Android 12 tampaknya akan mendapatkan widget baru. Widget ini menampilkan info kontak terkini, dari pesan hingga status. Dilihat dari panel notifikasi, widget ini dapat menampilkan info dari pengirim pesan utama, bukan hanya produk Google.

Pada layar beranda sendiri masih menyerupai Android 11 dalam tata letak, tetapi widget dan ikon kunci tampaknya mengambil gradien warna dari wallpaper aktif. Dalam hal ini, ikon dan widget memakai semburat cokelat, krem, atau warna lainnya. Ini mungkin demonstrasi pertama dari dukungan tema yang disempurnakan pada Android 12.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.