How To

Inilah Langkah Mudah Reset Ulang Pada Samsung TV

Melakukan reset ulang Samsung TV merupakan salah satu cara mengatasi masalah kecil yang ada pada smart TV, baik smart TV Samsung ataupun...

Avatar Written by Zack Kamil · 1 min read > 2 views
Cara Reset Ulang Samsung TV

Melakukan reset ulang Samsung TV merupakan salah satu cara mengatasi masalah kecil yang ada pada smart TV, baik smart TV Samsung ataupun lainnya. Cara ini bisa Anda terapkan untuk semua perangkat elektronik yang sedang mengalami masalah kecil. Jadi sekali-kali perlu untuk mereset ulang perangkat Anda agar bisa kembali fresh dan layaknya baru keluar dari pabrik.

Cara Reset Ulang Samsung TV
Cara Reset Ulang Samsung TV

image source

Jika Anda mengalami masalah dengan Samsung Smart TV Anda, tidak perlu khawatir, lakukanlah langkah paling cepatnya, yakni dengan melakukan reset ke pengaturan pabrik, maka hal ini akan dapat mengatasi permasalahan Anda. Proses peresetan ini akan memungkinkan Anda mengonfigurasi ulang semua pengaturan televisi dan memperbaiki agar TV Anda dapat berfungsi normal lagi. Berikut ini cara mudah untuk melakukan reset pada Samsung TV Anda.

Inilah Langkah Mudah Reset Ulang Pada Samsung TV

Umumnya semua smart TV memiliki langkah-langkah yang sama ketika Anda akan mengembalikannya pada setelan pabrik. Pastikan Anda mengambil remote yang TV Anda sebelum memulainya, kemudian ikuti langkah-langkah berikut ini agar reset ulang Anda berhasil:

  1. Pertama, buka menu melalui tombol Home atau tombol Menu jika Anda memiliki remote TV.
  2. Arahkan ke bawah pada bagian Dukungan menu. Anda akan melihat ikon berbentuk awan. Kemudian cari dan masuk ke submenu Diagnosis Mandiri.
  3. Selanjutnya Anda akan melihat dua opsi: Smart Hub Reset dan Reset. Sebagai catatan, Smart Hub Reset and Reset adalah dua opsi berbeda. Jika Anda memilih Smart Hub Reset, ini akan menghapus pengaturan Smart Hub dan akun Samsung Anda yang terhubung. Di sisi lain, jika Anda menggunakan opsi Reset, maka akan sepenuhnya mengatur ulang TV Anda ke semua pengaturan aslinya layaknya baru dari pabrik.
  4. Pilih jenis reset yang ingin Anda lakukan.
  5. Masukkan PIN ketika diminta untuk mengkonfirmasi pilihan Anda. PIN default yang banyak digunakan smart TV adalah 0000.

Bagaimana Jika Anda Melakukan Reset Ulang Tanpa Remote?

Anda masih dapat mengatur ulang smart TV Samsung Anda tanpa menggunakan remote sekalipun. Smart TV masih memiliki tombol fisik yang cukup tersembunyi pada bagian sisinya. Meskipun remote merupakan cara yang paling mudah untuk melakukan navigasi. Perlu Anda ketahui sebagian besar smart TV akan menyembunyikan panel kontrol ini pada bagian bawah atau belakang TV. Dan Anda harus menggunakan tombol ini agar bisa mengakses menu pengaturan smart TV.

Selain itu, Anda juga dapat mengelola Samsung TV melalui aplikasi SmartThings, akan tetapi Anda tidak dapat menyetel ulang dari jarak jauh. Kemungkinan besar Anda harus menyalakan ulang TV Anda untuk menyelesaikan proses penyetelan ulang. Setelah Anda menyalakannya kembali, Anda dapat mulai mengunduh aplikasi favorit Anda lagi.

Jika hard reset tidak memperbaiki TV Anda, mungkin sudah waktunya untuk membeli TV baru. Semoga cara ini bisa bermanfaat untuk Anda.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.