How To

Inilah Perbedaan Utama Windows 11 dengan Windows 10 yang Wajib Anda Tahu!

Microsoft berencana meluncurkan Windows 11 ke publik mulai besok, tepatnya pada hari Kamis, 24 Juni 2021. Namun sebelum peluncurannya tiba, ternyata file...

Avatar Written by Zack Kamil · 1 min read > 57 views
Perbedaan Windows 11 Dan Windows 10

Microsoft berencana meluncurkan Windows 11 ke publik mulai besok, tepatnya pada hari Kamis, 24 Juni 2021. Namun sebelum peluncurannya tiba, ternyata file .iso Windows 11 sudah lebih dulu beredar banyak melalui Internet. Sehingga tidak sedikit para pengguna setia Windows ingin segera mencobanya lebih dulu.

Perbedaan Windows 11 Dan Windows 10
Perbedaan Windows 11 Dan Windows 10

image source

Banyak pengguna yang menginstalnya, termasuk salah satunya penulis juga berkesempatan untuk mencobanya lebih dahulu. Apalagi dengan beberapa bocoran yang ada, bahwa Windows 11 memiliki segenap fitur menarik dan juga tampilan UI yang lebih baru. Sebagian orang mengatakan jika UI Windows baru ini hampir mirip dengan macOS milik Apple. Namun kendati begitu, fitur-fitur ini bisa saja akan berbeda dengan versi finalnya nanti setelah peluncurannya tiba.

Namun sebelum itu, penulis akan memberikan pengalaman dari menggunakan Windows 11, dan perbedaannya dengan Windows 10 sebelumnya.

Inilah Perbedaan Utama Windows 11 dengan Windows 10 yang Wajib Anda Tahu!

Karena terbilang merupakan generasi penerus dari Windows 10, tentunya Windows 11 membawa banyak perubahan dari pendahulunya. Berikut ini ulasannya.

Start Menu Baru

Start Menu Windows 11
Start Menu Windows 11

image source

Start Menu Windows 10
Start Menu Windows 10

image source

Setelah Anda menginstal Windows 11, Anda akan mendapati Start Menu Baru yang terletak pada bagian tengah Taskbar. Jika pada Windows 10 lalu, Start Menu berada pada pojok bawah kiri Taskbar, kini dengan hadirnya Windows 11 mulai bergeser ke tengah. Jadi dari sini mulai terlihat sama seperti macOS. Namun tenang saja, jika Anda tidak terbiasa dengan Start Menu yang berada di tengah, Anda juga bisa mengembalikannya ke bagian kiri seperti biasanya.

Logo Windows Baru

Logo Windows 11
Logo Windows 11

image source

Logo Windows 10
Logo Windows 10

image source

Windows 11 hadir dengan logo baru, yakni model persegi yang kotaknya berukuran sama. Model logo ini mirip dengan trapesium yang pernah digunakan oleh Windows 8 dulu waktu pertama kali rilis.

Musik Startup

Jika sebelumnya pada Windows 10 ketika baru menghidupkan tidak terdapat musik pembuka layaknya pada Windows 7 ataupun Windows Xp. Kini pada Windows 11 kembali menghadirkan musik startup khusus.

Ikon dan Tampilan Baru

Windows baru ini memiliki tampilan yang lebih modern ketimbang Windows 10. Icon dan juga logo sengaja Microsoft desain dengan gradasi warna yang beragam dan tempilan yang sedikit 3D.

Widget

Widget merupakan fitur hanya dapat Anda temukan jika menginstal Windows terbaru ini. Anda dapat dengan mudah mengakses Widget ini melalui tombol khusus yang ada pada Taskbar. Melalui fitur ini akan bisa mengetahui informasi seputar cuaca, berita dan lalu lintas jalan.

Semoga tulisan ini bisa menjadi manfaat untuk Anda.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.