Informasi

Instagram Berlakukan Verifikasi Identitas Untuk Akun yang Dicurigai

Instagram mulai memberlakukan verifikasi identitas terhadap akun yang dicurigainya. Akun disini adalah yang sudah dicurigai memiliki aktifitas perilaku tidak autentik seperti akun...

Avatar Written by Zack Kamil · 1 min read > 3 views
Instagram Berlakukan Verifikasi Identitas

Instagram mulai memberlakukan verifikasi identitas terhadap akun yang dicurigainya. Akun disini adalah yang sudah dicurigai memiliki aktifitas perilaku tidak autentik seperti akun bot. Dengan kebijakan baru yang dikeluarkan, akun tersebut akan diminta untuk melakukan verifikasi melalui identitas resmi, seperti KTP, SIM atau Passpor.

Sekilah tentang akun bot, yang merupakan singkatan dari Akun Robot atau akun pasif yang dibuat oleh program komputer. Akun-akun instagram yang dibuat oleh program ini dilengkapi profil, upload post, dan lain sebagainya. Maksud dibuatnya akun ini adalah untuk mem-follow atau like akun target dan kerjanya seperti robot.

Instagram Berlakukan Verifikasi Identitas
Instagram Berlakukan Verifikasi Identitas

Dikutip dari Engadget melalui tulisan resmi instagram, “akun ini yang berpotensi terlibat dalam perilaku tidak autentik terkoordinasi, atau ketika kami melihat mayoritas pengikut seseorang berada di negara yang berbeda dengan lokasinya, atau jika kami menemukan tanda-tanda otomatisasi, seperti akun bot”.

Hal ini dipicu karena memang mudah membuat akun instagram. Pengguna cukup mengisi formulir pembuatan akun tanpa harus membuktikan apakah isian tersebut benar adanya. Kemudahan ini tidak jarang dimanfaatkan sekelompok orang untuk membuat akun-akun baru untuk tujuan tertentu, termasuk niat buruk atau jahat.

Sehingga dengan kebijakan baru yang diambil instagram ini, dapat meminimalisir adanya tindakan kurang baik, misalnya penipuan yang juga marak terjadi di akun instagram yang digunakan untuk jual beli.

“Dengan meminta orang-orang di belakang akun untuk mengonfirmasi informasi mereka, kami akan lebih memahami saat akun tersebut coba menyesatkan pengikut mereka, meminta pertanggungjawaban mereka, dan menjaga keamanan komunitas kami,” jelas Instagram.

Perubahan itu juga dilakukan oleh Facebook yang telah meningkatkan upaya mereka untuk melawan informasi yang salah menjelang pemilu 2020 Amerika Serikat bulan November mendatang.

Dalam hal ini Instagram mengklaim informasi nomor identitas pengguna hanya akan disimpan selama 30 hari atau selama peninjauan dilakukan. Mereka juga berjanji tidak akan membagikan profil pengguna.

Semoga tulisan dan informasi ini bisa bermanfaat untuk anda.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.