Jago Banget Bikin Kopi Tubruk yang Mantap! Plus, Kenalan Sama Jenis Kopinya!

Yo, fellow coffee enthusiasts! Buat kamu yang lagi demen banget sama kopi, pasti pernah ngerasa penasaran gimana sih cara bikin kopi tubruk yang nikmat dan istimewa, kan? Nggak perlu khawatir lagi, karena di artikel ini, gue bakal ngebahas cara bikin kopi tubruk yang bikin kamu ngerasa jadi barista sejati. Tapi sebelumnya, kita juga bakal bahas jenis-jenis kopi yang bisa dijadiin bahan dasar. Jadi, simak sampe habis ya, bros and sistas! β˜•πŸ˜Ž

Apa Itu Kopi Tubruk?

coffee beans
Kopi sebelum di Giling…. Photo by Igor Haritanovich on Pexels.com

Dulu, kopi tubruk ini dikenal sebagai kopi kampung atau kopi wong jowo. Tapi sekarang, udah banyak yang nge-hypein kopi ini jadi kopi tradisional yang kekinian banget. Kopi tubruk ini beda sama kopi-kopi lainnya. Proses pembuatannya yang simple tapi punya cita rasa yang kuat dan penuh karakter. Biasanya, kopi tubruk ini diseduh dengan gula aren, yang bikin rasanya jadi manis alami dan nikmat banget.

Bahan-Bahan yang Kamu Butuhkan

Oke, sebelum kita mulai, pastiin kamu punya semua bahan yang dibutuhin, ya! Ini dia bahan-bahan yang harus kamu siapin:

  • Biji Kopi Tubruk: Tentu aja, kita butuh biji kopi yang khusus buat tubruk. Jenisnya bakal gue bahas di bawah.
  • Gula Aren: Buat nambahin rasa manis alami. Tapi kalau kamu nggak suka manis, bisa dilewatin juga.
  • Air: Air putih yang bersih.
  • Gelas: Buat ngukur takaran air.
  • Saringan Kopi (Cezve): Kamu bisa pake saringan kopi khusus tubruk atau pake cezve, yang biasa dipake buat bikin kopi khas Timur Tengah.
a coffee coffee pot and a potted flower on the table
Minum Kopi itu perlu Momen dan Tempat yang Aduhai Photo by Lisa Fotios on Pexels.com

Langkah-Langkah Bikin Kopi Tubruk

Sip, sekarang kita mulai proses bikin kopi tubruk yang keren. Ikutin langkah-langkahnya dengan seksama, ya!

Langkah 1: Pilih Biji Kopi Tubruk yang Oke

Pertama-tama, kamu perlu pilih biji kopi tubruk yang oke. Ada beberapa jenis kopi yang cocok buat tubruk, nih:

  • Kopi Robusta: Ini jenis kopi yang paling sering dipake buat kopi tubruk. Kopi robusta punya cita rasa yang kuat, pahit, dan cocok banget buat yang suka kopi dengan karakter kuat.
  • Kopi Arabika: Kalau kamu suka kopi yang lebih halus dan ringan, pilih biji kopi arabika. Meskipun nggak sepopuler robusta, arabika tetap bisa bikin kopi tubruk yang nikmat.

Langkah 2: Giling Biji Kopi

Setelah kamu punya biji kopi yang oke, sekarang saatnya giling. Giling biji kopi sampai jadi bubuk kasar, tapi nggak sampe halus banget kayak bubuk espresso. Sebaiknya, gunakan mesin penggiling kopi, tapi kalau nggak punya, bisa juga pakai alat giling manual atau ulegan. Penting banget, nih, buat giling biji kopi pas mau diseduh biar aroma dan rasanya lebih mantap.

Langkah 3: Ukur Biji Kopi dan Gula Aren

Nah, sekarang kamu perlu ukur takaran biji kopi dan gula aren sesuai selera. Biasanya, perbandingannya 1-2 sendok makan biji kopi tubruk dan 1-2 sendok makan gula aren. Tapi kamu bisa sesuaikan dengan selera manismu. Lebih manis atau lebih pahit, terserah kamu!

Langkah 4: Seduh Biji Kopi dengan Air Panas

Masukkan biji kopi yang udah digiling ke dalam cezve atau saringan kopi khusus tubruk. Kemudian, panaskan air sampai mendidih. Begitu air mendidih, tuang air panas ke atas biji kopi yang ada di cezve atau saringan. Campur biji kopi dan air dengan sendok kayu atau spatula kayu.

Langkah 5: Tambahkan Gula Aren

Nah, langkah ini penting banget buat nambahin rasa manis alami ke dalam kopi tubruk. Tambahkan gula aren sesuai takaran yang udah kamu tentuin tadi. Campur gula aren dengan biji kopi dan air panas. Biarkan campuran ini mendidih dengan api kecil selama beberapa menit. Ini yang bikin kopi tubruk jadi punya rasa manis yang khas.

Langkah 6: Saring dan Tuang ke Gelas

Setelah kopi mendidih dan gula aren larut, matikan api. Biarkan sebentar sampai ampas kopi mengendap di bawah. Kemudian, saring kopi tubruk ke dalam gelas. Kamu bisa pake saringan kopi yang halus atau saringan kopi khusus tubruk.

Langkah 7: Nikmati Kopi Tubrukmu!

clear glass teacup with coffee beverage
Seduh Kopinya Nikmati Duniamu Buka Cakrawala Photo by Engin Akyurt on Pexels.com

Sekarang, saat yang ditunggu-tunggu, bros and sistas! Nikmati kopi tubrukmu yang sudah jadi. Minum kopi tubruk ini bisa langsung dari gelas atau sediakan cangkir kecil sebagai teman minumnya. Rasanya yang kuat, manis, dan penuh karakter pasti bikin kamu ketagihan!

Jenis-Jenis Kopi Tubruk yang Keren

Sekarang, mari kita bahas jenis-jenis kopi tubruk yang keren buat kamu coba. Nggak cuma biji kopinya yang beragam, tapi juga ada variasi-variasi kopi tubruk yang bisa bikin lidahmu bergoyang.

1. Kopi Tubruk Original

Kopi tubruk original adalah yang paling sederhana. Cuma biji kopi, gula aren, dan air panas. Rasanya klasik banget, dengan rasa pahit kopi yang kuat dan sentuhan manis dari gula aren. Cocok buat

yang suka kopi yang straightforward dan nggak banyak drama.

2. Kopi Tubruk Susu

Kalau kamu suka kopi susu, kamu bisa bikin kopi tubruk versi ini. Setelah kamu nyeduh kopi tubruk seperti biasa, tambahkan susu ke dalamnya. Bisa susu cair atau susu kental manis, sesuai selera. Kopi tubruk susu ini bakal punya rasa kopi yang creamy dengan rasa manis yang pas.

3. Kopi Tubruk Jahe

Nah, yang ini cocok buat yang suka sensasi pedas dan hangat. Setelah kamu nyeduh kopi tubruk, tambahkan potongan jahe segar atau bubuk jahe ke dalamnya. Jahe bakal bikin kopi kamu punya aroma yang unik dan sensasi pedas yang segar.

4. Kopi Tubruk Madu

Kalau kamu lebih suka manis alami daripada gula aren, coba tambahkan madu ke dalam kopi tubrukmu. Rasanya akan lebih ringan dibandingkan dengan gula aren, tapi tetap nikmat.

5. Kopi Tubruk Keju

Ini mungkin terdengar agak aneh, tapi percaya deh, rasanya enak banget! Setelah nyeduh kopi tubruk, tambahkan sedikit keju parut ke dalamnya. Keju bakal memberikan rasa gurih yang unik ke dalam kopi.

6. Kopi Tubruk Coklat

Untuk yang suka rasa coklat, tambahkan bubuk coklat ke dalam kopi tubrukmu. Ini akan memberikan sentuhan manis coklat yang lezat ke dalam kopi.

Kesimpulan

Sekarang, kamu udah tau cara bikin kopi tubruk yang nikmat dan istimewa, plus berbagai jenisnya yang bikin kamu makin jatuh cinta sama kopi. Ingat, gak ada aturan baku buat menikmati kopi tubruk, jadi kamu bisa eksperimen dengan berbagai bahan dan takaran sesuai selera.

Selamat mencoba, bros and sistas! Semoga artikel ini membantu kamu menjadi ahli dalam bikin kopi tubruk yang keren dan enak. Enjoy your coffee time! β˜•πŸ‘ŒπŸ˜„

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *