How To

Jangan Risau, Begini Cara Mudah Mengatasi Penyimpanan Ponsel Cepat Penuh!

Mengatasi penyimpanan ponsel yang tidak cukup alias penuh menjadi hal utama, karena ini akan mempengaruhi kinerja ponsel Anda menjadi kurang nyaman. Masalah...

Avatar Written by Zack Kamil · 1 min read > 4 views
Mengatasi Penyimpanan Ponseljpg

Mengatasi penyimpanan ponsel yang tidak cukup alias penuh menjadi hal utama, karena ini akan mempengaruhi kinerja ponsel Anda menjadi kurang nyaman. Masalah ini memang tidak bisa dipungkiri kerap terjadi kepada beberapa pengguna, terutama mereka yang memiliki penyimpanan terbatas pada ponselnya.

Cara Mengatasi Penyimpanan Ponsel Yang Penuh
Cara Mengatasi Penyimpanan Ponsel Yang Penuh – image source

Memori internal ponsel menjadi estafet utama dalam mendukung kinerja ponsel. Bagaimana tidak, jika Anda tiba-tiba mengalami ponsel yang muncul notif bahwa penyimpanan sedang penuh, tentunya Anda akan sedikit kebingungan apalagi Anda sudah tidak bisa menyimpan file apapun lagi pada ponselnya. Jika Anda mengalami masalah yang seperti ini, Anda seharusnya cepat mengatasinya dan mencari akar permasalahan yang terjadi.

Penyebab Penyimpanan Ponsel Penuh

Sebelum dapat melangkah lebih jauh, seharusnya Anda mencari akar permasalahan yang menjadi penyebab penyimpanan internal menjadi penuh. Bayangkan saja, Anda tidak pernah mendownload lagu, tidak pernah memotret, tiba-tiba penyimpanan internal menjadi penuh. Oleh karenanya ada bebrerapa yang menjadi penyebab penyimpanan internal ponsel penuh tanpa kita sadari.

Media WhatsApp

Hal yang tidak pernah kita sadari adalah banyak foto dan video yang masuk pada aplikasi perpesanan, seperti halnya WhatsApp. Perlu Anda ketahui bahwa, jika Anda mengizinkan media yang berupa foto dan video di download secara otomatis, baik saat menggunakan jaringan seluler ataupun WiFi, maka ini semua foto yang masuk dalam WhatsApp Anda akan tersimpan dalam galeri.

Jadi bukan tidak mungkin penyimpanan ponsel Anda akan penuh tanpa Anda sadari. Oleh karenanya, Anda perlu memeriksanya setiap saat melalui Galeri ponsel Anda pada folder WhatsApp. Anda akan menemukan ratusan foto bahkan ribuan foto yang tersimpan secara otomatis saat Anda mendapatkan kiriman foto atau video dari orang lain.

Sebagai solusi, Anda harus menghapus file media yang berasal dari WhatsApp, sehingga akan membuat penyimpanan internal ponsel jadi lebih lega. Selain itu, Anda juga dapat mengubah pengaturan Media WhatsApp dengan menonaktifkan Unduhan Media secara otomatis.

Selain itu, untuk mengurangi beban penyimpanan internal ponsel, Anda dapat memanfaatkan penyimpanan online gratis untuk menyimpan file media tersebut.

Aplikasi Tidak Penting

Jangan sering-sering menginstal aplikasi dari Google Play Store meski hal tersebut gratis. Karena setiap yang Anda instal akan memiliki pengaruh besar terhadap penyimpanan internal ponsel. Oleh karenanya, jika penyimpanan Anda terbatas, saatnya Anda mulai memilih aplikasi mana yang jarang Anda gunakan, untuk kemudian bisa Anda hapus dari ponsel Anda.

Cache Aplikasi

Hal penting yang juga dapat memberikan pengaruh pada penyimpanan internal Anda adalah menghapus cache aplikasi. Cache aplikasi merupakan data yang tersimpan sementara pada memori ponsel ketika Anda menggunakan aplikasi. Setiap aplikasi memiliki file cache sendiri dan membutuhkan ruang penyimpanan. Mengosongkan cache adalah cara yang tepat untuk membuat ruang penyimpanan jadi lebih lega.

Besar kecilnya Cache aplikasi tergantung sebarapa sering Anda membuka aplikasi tersebut. Semakin sering Anda membukanya, maka cache aplikasi yang tersimpan akan semakin besar. Oleh karenanya, Anda perlu menghapus cache aplikasi tersebut melalui Pengaturan => Manajeman aplikasi, kemudian pilih aplikasi yang ingin Anda hapus cachenya.

Semoga bisa bermanfaat untuk Anda.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.