How To

Kenali 5 Penyebab Utama Smartphone Kamu Selalu Ngelag Saat Bermain Game

Pernahkan kamu mengalami smartphone sering ngelag saat dibuat bermain game? Apalagi untuk game-game yang memiliki grafis yang tinggi seperti game petualang, PUBG,...

Avatar Written by Zack Kamil · 1 min read > 5 views
Penyebab Utama Smartphone Kamu Selalu Ngelag Saat Bermain Game

Pernahkan kamu mengalami smartphone sering ngelag saat dibuat bermain game? Apalagi untuk game-game yang memiliki grafis yang tinggi seperti game petualang, PUBG, Mobile Legend dan lainnya.

Bermain game merupakan salah satu kebiasaan yang pasti dilakukan oleh kamu yang memiliki smartphone. Dengan bermain game, tentunya bisa membuat fikiran kita jadi terhibur dengan sendirinya. Bisa dipastikan dalam smartphone pasti menyimpan game-game tertentu yang bisa mengisi kebosanan pada saat-saat tertentu.

Penyebab Utama Smartphone Kamu Selalu Ngelag Saat Bermain Game
Penyebab Utama Smartphone Kamu Selalu Ngelag Saat Bermain Game
image source

Akan tetapi, beberapa pengguna smartphone sering mengeluhkan saat sedang bermain game serasa berat, patah-patah, tidak lancar atau bisa dikatakan Ngelag. Masalah semacam ini benar-benar sangat mengganggu aktifitas gaming apalagi saat seru-serunya bermain bersama teman-teman kamu.

Yang paling sering patah-patah atau jalannya yang lambat. Biasanya hal ini sering terjadi jika game tersebut bersifat online, terlebih jika game berukuran besar dan butuh kapasitas RAM yang besar tentu akan membuat nyaman saat bermain game.

Namun sebelum itu, kamu terlebih dahulu harus mengenali penyebab utama smartphone selalu Ngelag saat bermain game.

5 Penyebab Utama Smartphone Kamu Selalu Ngelag Saat Bermain Game

#1 Performa CPU dan GPU

Grafis dalam smartphone menjadi hal penting dalam membuat game menjadi lancar. Jika ponsel kamu masuk jajaran kelas premium yang digunakan untuk bermain game atau memang ponsel khusus gaming seperti ASUS ROG Phone, Lenovo Legion, maka yang pasti kamu akan mendapatkan kualitas grafis yang sangat maksimal.

#2 Kapasitas RAM

RAM yang besar akan menjadi pendukung utama dalam kelancaran bermain game di smartphone. Makanya tidak heran jika banyak ponsel gaming yang memiliki kapasitas RAM paling sedikitnya 8GB.

#3 Penyimpanan Internal

Ini juga bagian yang bisa membuat bermain game menjadi lebih lancar dan nyaman. Lakukan pengecekan secara berkala pada memory internal kamu, khawatir sudah mulai muncul notif penyimpanan penuh, sehingga hal ini yang bisa jadi hambatan kamu saat bermain game.

#4 Koneksi Internet

Ini hal yang tak terduga, bisa saja terjadi karena kualitas jaringan internet yang kurang baik secara tiba-tiba. Sehingga ini akan menjadi penyebab smartphone yang sering ngelag jika dipaksa untuk bermain game.

#5 Pastikan Selalu Update Aplikasi

Setiap aplikasi termasuk juga game pasti akan selalu diupdate atau diperbaharui. Nah, tips selanjutnya agar tidak lag pada saat bermain game yakni pastikan Anda sudah mengupdate game-nya dengan versi terbaru. Sebab, jika Anda tidak melakukan update, kemungkinan besar game akan mengalamin lag.

Itulah 5 langkah utama penyebab smartphone kamu yang selalu ngelag saat bermain game. Semoga tulisan ini bermanfaat untuk anda.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.