Informasi

Keren! Samsung Punya Paten Smartphone Dengan Kamera Depan Tersembunyi

Samsung Electronics mengajukan permohonan ke WIPO (Kantor Kekayaan Intelektual Dunia) untuk mendapatkan paten berjudul “Peralatan Elektronik Termasuk Sub-Tampilan dan Metode Operasi”. Dalam...

Avatar Written by Zack Kamil · 1 min read > 5 views
Samsung Patenkan Kamera Depan Tersembunyi

Samsung Electronics mengajukan permohonan ke WIPO (Kantor Kekayaan Intelektual Dunia) untuk mendapatkan paten berjudul “Peralatan Elektronik Termasuk Sub-Tampilan dan Metode Operasi”.

Dalam Paten yang diajukan kali ini menjelaskan tentang ponsel dengan kamera depannya yang dapat disembunyikan dengan mengganti lapisan layar. Kini, akhirnya Paten tersebut disetujui dan dipublikasikan pada 24 Desember kemarin. Dokumen tersebut menunjukkan bahwa layar model ini juga mendukung penggunaan S Pen Samsung untuk pengoperasiannya. Selain seri Samsung Note, Galaxy S21 Ultra akan tiba bulan depan dengan dukungan S Pen.

Samsung Patenkan Kamera Depan Tersembunyi
Samsung Patenkan Kamera Depan Tersembunyi

Menurut beberapa render dari LetsGoDigital, perangkat ini adalah smartphone Samsung dengan layar hampir penuh dengan bezel sempit dan batas busur. Saat pengguna tidak menggunakan kamera depan, maka kamera dan LED flash disembunyikan. Namun, ketika pengguna menggunakan kamera depan, secara otomatis dapat beralih ke lensa berkualitas tinggi.

Bocoran Render Samsung Dengan Kamera Tersembunyi
Bocoran Render Samsung Dengan Kamera Tersembunyi

Bagian tengah atas layar perangkat ini adalah area transparan. Lapisan tampilan sekunder (sub-tampilan) berada di bawah area transparan. Bagian modul ini mengintegrasikan lensa kamera ganda (sensor iris dan lensa biasa) dan lampu kilat LED. Samsung berencana untuk memindahkan lapisan tampilan sekunder dan area transparan melalui modul driver bawaan. Modul ini dapat bergerak dari atas ke bawah dan dari kiri ke kanan.

Desain Futuristik Smartphone Samsung Dengan Kamera Depan Tersembunyi

Kamera Depan Tersembunyi
Kamera Depan Tersembunyi

Jika bagian sub-tampilan berada di bawah area transparan (layar termasuk kaca atas, bagian tampilan tingkat menengah, dan kamera di bawah). Bagian atas ponsel dapat menampilkan konten secara normal, seperti waktu dan status baterai, dll. Namun, jika sub-tampilan tidak berada di bawah area transparan (layar hanya memiliki lapisan kaca transparan dan kamera), lensa depan sistem akan muncul di bagian atas telepon.

Oleh karena itu, Samsung cukup mengekspos sensor iris atau lensa, atau menampilkan semuanya, atau menyembunyikan semuanya. Selain mode otomatis, pengguna juga bisa membuka dan menutup bagian layar ini secara manual. Ada penggeser kecil di sebelah tombol daya untuk mengontrol pergerakan sub-tampilan. Selain itu, bagian sub-display memiliki sensor sentuh, dan pengguna juga dapat langsung bergerak dengan jari (tap dua kali atau geser).

Desain ini jelas futuristik dan kami tidak yakin ponsel ini akan memasuki pasar dalam waktu dekat. Tentu saja, ini hanya paten dan tidak ada jaminan jika samsung akan menyematkan kamera depan ini dalam smartphone yang akan diluncurkan dalam waktu dekat ini.

Source: via

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.