Informasi

MediaTek Meluncurkan Chipset Dimensity 1200: Dukung Layar 168Hz, Hingga Kamera 200 MP

MediaTek kembali meluncurkan dua chipset terbarunya yang mendapat julukan Dimensity 1200 dan Dimensity 1100. Kehadiran Chipset Dimensity 1200 ini sebagai chipset andalan...

Avatar Written by Zack Kamil · 1 min read > 0 views
MediaTek Meluncurkan Chipset Dimensity 1200

MediaTek kembali meluncurkan dua chipset terbarunya yang mendapat julukan Dimensity 1200 dan Dimensity 1100. Kehadiran Chipset Dimensity 1200 ini sebagai chipset andalan kelas atas. Sedangkan untuk Dimensity 1100 untuk kelas menengah ke atas.

Chipset tersebut menggunakan proses febrikasi 6nm dan prosesor octa-core yang menampilkan empat CPU Cortex-A78 dan empat CPU Cortex-A55. Prosesor ini juga berbagi modem 5G terintegrasi dengan dukungan sub-6Ghz (belum ada mmWave) dan kemampuan SIM ganda 5G + 5G.

MediaTek Meluncurkan Chipset Dimensity 1200
MediaTek Meluncurkan Chipset Dimensity 1200

image source

Anehnya, dua chipset MediaTek tersebut masih menggunakan GPU Mali-G77 MP9. Sebenarnya hal ini tidak menjadi masalah untuk Dimensity 1100. Namun sedikit mengecewakan untuk Dimensity 1200 yang merupakan chipset kelas atas.

Selain itu, pada dua chipset terbaru ini juga menawarkan dukungan Bluetooth 5.2, Wi-Fi 6, pemutaran video HDR10 +, perekaman 4K / 60fps, dekode video AV1, serta beberapa fitur kamera AI. Fitur-fitur ini termasuk AI Panorama Night Shot, AI Multi-Person Bokeh, AI Noise Reduction, dan fungsi AI SDR-to-HDR.

MediaTek Dimensity 1200

Chipset ini menggunakan pengaturan CPU tiga tingkat yang menampilkan satu CPU Cortex-A78 yang memiliki clock pada 3Ghz, tiga CPU Cortex-A78 pada 2.6GHz, dan empat CPU Cortex-A55 pada 2GHz. Pengaturan ini nampaknya sangat menarik mengingat Samsung dan Qualcomm menggunakan inti CPU Cortex-X1 sebagai inti top-end di prosesor andalan mereka.

Agaknya perusahaan Taiwan tersebut bukan bagian dari Program CXC Arm, yang melahirkan Cortex-X1 bekerja sama dengan mitra terpilih. Namun demikian, MediaTek menyarankan bahwa kinerja berkelanjutan dan efisiensi daya berperan dalam alasan memilih CPU Cortex-A78.

Beralih pada kemampuan grafis, MediaTek mempromosikan dukungan untuk pelacakan sinar pada kedua chipset tersebut dengan memberikan pencahayaan dan pantulan yang lebih realistis.

MediaTek juga menawarkan kecepatan refresh tertinggi yang belum pernah ada pada smartphone saat ini, karena menawarkan dukungan 168Hz. Akankah ponsel 168Hz itu ada? Saat ini Vivo IQOO Z1 menggunakan chipset Dimensity 1000 Plus dengan layar 144Hz. Jadi bisa jadi ponsel dengan layar 168Hz juga akan segera datang nanti.

Dalam hal kapabilitas pembelajaran mesin, perusahaan berpegang pada APU enam inti, yang mendapat julukan APU 3.0. Akan tetapi, MediaTek telah memperbarui teknologinya untuk latensi yang lebih rendah dan efisiensi yang lebih baik. Selain itu, juga membawa peningkatan kinerja 10%.

Dimensity 1200 juga memberikan dukungan kamera yang lebih tinggi. Seperti platform kamera yang sangat mumpuni, dengan “HDR ISP” lima inti yang memungkinkan dukungan hingga kamera 200MP (atau 32MP + 16MP ganda), serta perekaman HDR 4K.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.