How To

Cara Paling Mudah Membuat Video Pembelajaran Dengan Microsoft PowerPoint

Membuat Video Pembelajaran memang menjadi tantangan tersendiri untuk guru, dosen, serta pengajar lainnya, terlebih lagi pada masa pandemi yang tak kunjung usai....

Avatar Written by Selvi Nurin Ramadhani · 1 min read > 21 views
Cara Paling Mudah Membuat Video Pembelajaran Dengan Microsoft PowerPoint

Membuat Video Pembelajaran memang menjadi tantangan tersendiri untuk guru, dosen, serta pengajar lainnya, terlebih lagi pada masa pandemi yang tak kunjung usai. Menuntun guru, dosen serta para pengajar lain agar bisa membuat video pembelajaran yang menarik serta tidak membosankan.

Cara Paling Mudah Membuat Video Pembelajaran Dengan Microsoft PowerPoint
Cara Paling Mudah Membuat Video Pembelajaran Dengan Microsoft PowerPoint

Terlebih lagi banyak aplikasi Video Editing yang begitu rumit untuk mengoperasiannya, membuat anda sehingga sedikit kebingungan bukan?, nah untuk pembahasan kali ini kami akan membagikan cara paling mudah membuat video pembelajaran dengan menggunakan Microsoft PowerPoint.

Yuk simak ulasannya berikut ini.

PowerPoint merupakan program presentasi yang dikembangkan oleh Microsoft. Sehingga anda tidak terlalu mebutuhkan spesifikasi hardware komputer yang cukup tinggi. Untuk anda pengguna laptop atau PC dengan spesifikasi rendah pun bisa dengan mudah menggunakan Microsoft PowerPoint.

Yang terpenting, anda tidak perlu install program lagi, sebab salah satu keuntungan Microsoft PowerPoint yang berlaku untuk anda yang sudah terinstal Microsoft Office pada laptop atau PC anda.

Begitu banyak video pembelajaran yang biasa anda buat, tergantung dari kebutuhan pengajar dan siswa. Contohnya yakni ada video yang hanya menampilkan materi, serta ada juga dengan menggunakan efek suara saja, dan ada juga yang menampilkan pengajarnya sekaligus.

Cara Paling Mudah Membuat Video Pembelajaran Dengan Microsoft PowerPoint:

Hal pertama sebelum anda membuat video pembelajaran yakni anda harus menyiapkan materi yang akan anda tuangkan kedalam slide. Dimana dalam slide, materi adalah hal yang sangat penting agar hasilnya juga sesuai dengan apa yang anda ingin tuangkan dalam slide.

Yang perlu anda ingat untuk membuat tampilan slide yang efektif, ringkas, dan menarik secara visual, anda bisa menggunakan beberapa template pada PowerPoint agar membangkitkan niat belajar para murid-murid anda.

Anda bisa mendownload aplikasi Microsoft PowerPoint pada link berikut ini.

#1. Buat Slide Presentasi terlebih dahulu

Anda harus melesaikan isi slide presentasi yang ingin anda buat menjadi video pembelajaran. Anda juga bisa menambahkan animasi bergerak untuk memperindah tampilan presentasi anda.

#2. Convert Video

Anda bisa langsung klik menu File yang berada pada kiri atas Microsoft Powerpoint.

#3. Export File Presentasi menjadi Video

Setelah video selesai diconvert, anda bisa memilih opsi Export yang berada pada barisan menu sebelah kiri, lalu klik Create Video.

#4. Klik Create Video

Lalu anda memilih opsi Create a Video, maka langsung proses export presentasi video akan dimulai secara otomatis.

#5. Tunggu hingga proses Selesai

Tunggu video pembelajaran yang anda buat sampai selesai proses export. Lalu anda bisa menentukan nama file, yang kemudian klik Save dengan type Mp4.

#6. Video Pembelajaran dari Microsoft Power Point sudah selesai

Setelah selesai, anda bisa mengshare video yang sudah anda buat ke Youtube dengan channel masing-masing, atau bisa anda share dengan menggunakan WhatsApp atau Google Classroom dan bisa anda jadikan sebagai media pembelajaran.

Semoga bermanfaat.

The Most Recent Hits

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.