Informasi

Menarik, Microsoft Mulai Menyederhanakan Proses Penginstalan Pembaruan Windows 10, Seperti apa?

Minggu lalu, Microsoft sudah mengumumkan bahwasanya akan menggabungkan service stack update (SSU) dan latest cumulative update (LCU). Ini mulai berlaku pada Windows...

Avatar Written by Zack Kamil · 1 min read > 6 views
Pembaruan Windows 10

Minggu lalu, Microsoft sudah mengumumkan bahwasanya akan menggabungkan service stack update (SSU) dan latest cumulative update (LCU). Ini mulai berlaku pada Windows 10 versi 1809 ke atasnya. Hal ini untuk mengurangi pengguna yang menginstal pembaruan tetapi selalu gagal.

Selasa minggu lalu, Microsoft kembali merilis Patch dan juga merilis KB4601393, yang merupakan SSU Februari untuk Windows 10 1809 dan Windows Server 2019. Menurut Microsoft, versi SSU ini mendukung desain paket tunggal yang mengintegrasikan Microsoft SSU dan LCU. Desain ini nantinya akan dapat menyederhanakan proses penyebaran dan penginstalan pembaruan Windows 10.

Pembaruan Windows 10
Pembaruan Windows 10

image source

SSU adalah komponen yang membantu dalam penginstalan pembaruan Windows, yang dapat memastikan bahwa komputer menerima dan menginstal pembaruan kumulatif Windows dengan lancar. Ketika pengguna atau administrator menginstal pembaruan Windows secara manual, mereka harus memilih SSU yang benar untuk pembaruan kumulatif terbaru (LCU). Sebelum memasang beberapa LCU, komputer harus memiliki SSU tertentu. Jika administrator melewatkan tidak menginstal SSU sebelumnya, maka instalasi LCU akan gagal.

Dahulu Windows hanya menampilkan pesan kesalahan “Pembaruan tidak berlaku”. Ini membuat administrator atau pengguna bingung jika mendapatkan pop-up atau pemberitahuan seperti ini. Oleh karena itu, Microsoft mengumumkan pada September tahun lalu bahwa mereka akan menambahkan SSU ke LCU sebagai satu paket untuk mengurangi masalah administrator dan mengirimkannya ke komputer melalui WSUS (Layanan Pembaruan Server Windows) dan Katalog Microsoft.

Microsoft akan Menambahkan SSU Menjadi Satu Paket Penginstalan Pembaruan Windows 10

Perusahaan yang berbasis di Redmond tersebut menyatakan bahwa bulan ini SSU akan mendukung desain paket tunggal yang mengintegrasikan SSU dan LCU. Desain ini dapat menyederhanakan proses penyebaran dan penginstalan pembaruan Windows 10.

Dokumen Microsoft lainnya menunjukkan bahwa SSU Februari adalah prasyarat bagi komputer. Ini bisa Anda gunakan untuk menginstal pembaruan kumulatif terbaru (satu paket LCU yang digabungkan dengan SSU). Desain kit tunggal ini dapat menghindari masalah tidak dapat memasang LCU karena kurangnya SSU.

Microsoft juga menyatakan bahwa ketika menggunakan WSUS, pengguna akan secara otomatis menerapkan SSU yang benar ketika mereka memilih untuk memperbarui pembaruan kumulatif. Jika perusahaan mengaktifkan “Paket Pembaruan Dinamis” untuk memperbarui file gambar Windows 10, maka Katalog Microsoft tidak akan lagi memiliki SSU terpisah. Akan tetapi akan menyediakan paket yang mengintegrasikan SSU dan LCU.

Saat ini, hanya versi Windows 10 yang lebih baru (di atas 1809) yang memiliki satu paket. Tetapi Microsoft berencana untuk mengubah versi lama menjadi paket terintegrasi ini dalam beberapa bulan ke depan. Sebelumnya, Microsoft meminta komputer perusahaan untuk menginstal SSU Februari 2021.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.