General

Mengejutkan! John McAfee Ditemukan Tewas di Penjara Spanyol

John McAfee merupakan pelopor perangkat lunak antivirus McAfee yang dulu sempat popular. Ini merupakan perintis perangkat lunak yang berfokus pada keamanan komputer...

Avatar Written by Zack Kamil · 2 min read > 9 views
John McAfee Tewas

John McAfee merupakan pelopor perangkat lunak antivirus McAfee yang dulu sempat popular. Ini merupakan perintis perangkat lunak yang berfokus pada keamanan komputer yang berpusat di Santa Clara, California, Amerika Serikat.

John McAfee Tewas
John McAfee Tewas

image source

Yang mengejutkan, John McAfee tiba-tiba tewas dalam sel penjaranya yang berada dekat dengan Barcelona dalam kasus bunuh diri. Hal ini berselang beberapa jam setelah pengadilan Spanyol menyetujui ekstradisinya ke Amerika Serikat untuk menghadapi tuntutan pajak yang dapat terjerat hukum hingga puluhan tahun penjara.

Siapakah John McAfee?

John McAfee atau nama lengkapnya John David McAfee adalah seorang programmer dan pengusaha. Dia adalah pencipta perangkat lunak antivirus McAfee. John mendirikan perusahaan perangkat lunak McAfee Associates pada tahun 1987 dan menjalankannya hingga tahun 1994, ketika dia mengundurkan diri dari perusahaan tersebut. McAfee Associates mencapai kesuksesan awal sebagai pencipta perangkat lunak antivirus komersial pertama McAfee. Dan bisnis tersebut sekarang memproduksi berbagai perangkat lunak keamanan khusus untuk perusahaan.

Berselang waktu, kemudian perusahaan tersebut dibeli oleh Intel pada tahun 2011, meskipun masih menyandang nama merek McAfee. Kekayaan McAfee mencapai puncaknya pada tahun 2007 sebesar 100 juta dollar Amerika, sebelum investasinya anjlok dalam krisis keuangan tahun 2007–2008. (wikipedia).

Kasus yang Sedang Dihadapi

John terlibat kasus pembunuhan dan kasus penipuan mata uang kripto. Sebelumnya, pada Oktober tahun lalu dalam kasus terpisah, McAfee dituduh mengemplang pajak dari 2014 hingga 2018. Namun tidak hanya itu saja, John juga ketahuan menggunakan nama orang lain untuk menyembunyikan asetnya, termasuk salah satunya kapal pesiar dan properti miliknya. Belum lagi sederet skandal dan kelakuan ajaibnya yang semakin membuat sosoknya dipandang penuh kontroversi.

Terlibat Pembunuhan

Pada 2012, McAfee menghebohkan dan sempat menjadi trending berita setelah polisi di negara Belize Amerika Tengah menyelidiki kematian salah satu tetangga McAfee. Polisi saat itu mengejar beberapa orang tersangka, termasuk salah satunya McAfee. Polisi melabelinya sebagai “orang yang berkepentingan” karena diduga terlibat dalam kematian tetangganya tersebut.

Sejak saat ini McAfee mulai menghilang dari Amerika dan statunya menjadi buron. Dia mengatakan sangat takut akan keselamatannya sendiri. Para pejabat berwenang akhirnya mengatakan dia bukan tersangka.

Sebenarnya ini bukan kasus pertama yang menjeratnya. Pada tahun yang sama, McAfee juga berurusan dengan polisi karena memiliki senjata api ilegal.

Dimana John McAfee ditangkap?

McAfee ditangkap Oktober lalu di bandara internasional Barcelona dan telah dipenjara sejak saat itu sampai menunggu hasil dari proses ekstradisi. Penangkapan itu menyusul tuduhan pada bulan yang sama di Tennessee karena menghindari pajak setelah gagal melaporkan pendapatan dari mempromosikan cryptocurrency saat dia melakukan pekerjaan konsultasi, membuat janji temu dan menjual hak atas kisah hidupnya untuk sebuah film dokumenter. Tuduhan pidana saat itu membawa hukuman penjara hingga 30 tahun.

Nishay Sanan, pengacara yang berbasis di Chicago yang membelanya dalam kasus-kasus itu, mengatakan melalui telepon bahwa McAfee “akan selalu dikenang sebagai seorang pejuang.”

“Dia mencoba untuk mencintai negara ini tetapi pemerintah AS membuat keberadaannya tidak mungkin,” kata Sanan. “Mereka mencoba menghapusnya, tetapi mereka gagal.”

Sebelumnya pengacara itu mengatakan pihak berwenang Spanyol belum memberikan penyebab kematian kepada tim hukumnya. Dan dia ingin tahu apakah ada kamera cctv dalam sel McAfee atau dalam penjara tersebut.

Kenapa Bunuh Diri?

John McAfee ditemukan tewas dalam sel penjaranya yang berada di dekat Barcelona dalam kasus bunuh diri pada Rabu. Hal ini terjadi beberapa jam setelah pengadilan Spanyol menyetujui ekstradisinya ke Amerika Serikat untuk menghadapi tuntutan pajak yang dapat dihukum puluhan tahun penjara.

Promotor cryptocurrency eksentrik dan penentang pajak yang sejarah masalah hukumnya membentang dari Tennessee ke Amerika Tengah hingga berakhir di penjara Brians 2 timur laut Spanyol. Setelah mengetahui kejadiannya, petugas keamanan mencoba untuk membangunkan kembali, tetapi tim medis penjara akhirnya menyatakan kematiannya, kata sebuah pernyataan dari pemerintah daerah Catalan.

“Delegasi yudisial telah tiba untuk menyelidiki penyebab kematian,” katanya, seraya menambahkan bahwa “semuanya mengarah pada kematian karena bunuh diri.”

Pernyataan itu tidak mengidentifikasi McAfee dengan nama tetapi mengatakan orang yang tewas adalah warga negara AS berusia 75 tahun yang menunggu ekstradisi ke negaranya. Seorang pejabat pemerintah Catalan yang mengetahui kasus tersebut yang tidak diberi wewenang untuk disebutkan namanya dalam laporan media mengkonfirmasi kepada The Associated Press bahwa itu adalah McAfee.

Pengadilan Nasional Spanyol pada hari Senin memutuskan mendukung ekstradisi McAfee. Putusan pengadilan diumumkan pada hari Rabu dan terbuka untuk banding, dengan perintah ekstradisi akhir juga perlu mendapatkan persetujuan dari Kabinet Spanyol.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.