Mengelola Server dengan WSL dan EasyEngine

Cara mencoba Mengelola Server dengan WSL dan EasyEngine, yaa Windows 11 saya di Jaringan Lokal saya kasih WSL untuk kemudian dengan Memanfaatkan Tools dari CloudFlare saya bawa Server Lokal WSL saya untuk bisa diakses publik dengan bantuan layanan Unik CloudFlare yang dinamakan CloudFlared.

Saya pertama mendengar layanan ini dari LORD TEDI @tediscript, kemudian saya baca sana sini dan akhirnya makasa Windows 11 tak kasih WSL untuk kemudian Running di Web JAUHARI.net ini.

Apa itu WSL?

Windows Subsystem for Linux (WSL) adalah fitur Windows yang memungkinkan Anda menjalankan lingkungan Linux secara langsung di komputer Windows Anda, tanpa perlu mesin virtual terpisah atau boot ganda. WSL dirancang untuk memberikan pengalaman yang mulus dan produktif bagi pengembang yang ingin menggunakan Windows dan Linux secara berdampingan.

black and white photo of a cat sitting by the window
Photo by Lisa Fotios on Pexels.com

WSL bekerja dengan menerjemahkan panggilan sistem Linux ke panggilan sistem Windows. Ini berarti bahwa Anda dapat menjalankan biner Linux apa pun di WSL, tanpa perlu memodifikasinya. WSL juga menyediakan sejumlah fitur yang membuatnya mudah untuk menggunakan alat dan aplikasi Linux di Windows, seperti:

  • Akses ke file sistem Windows: Anda dapat mengakses file sistem Windows dari lingkungan WSL Anda.
  • Dukungan jaringan: WSL mendukung jaringan TCP/IP, sehingga Anda dapat menjalankan aplikasi Linux yang perlu mengakses jaringan.
  • Integrasi dengan alat Windows: Anda dapat menggunakan alat Windows, seperti Visual Studio Code, untuk mengembangkan aplikasi Linux di WSL.

WSL adalah alat yang ampuh untuk pengembang yang perlu menggunakan Windows dan Linux. Ini memberikan cara yang mulus dan produktif untuk menjalankan aplikasi Linux di Windows, tanpa perlu mesin virtual terpisah atau boot ganda.

Berikut adalah beberapa manfaat menggunakan WSL:

  • Meningkatkan alur kerja: WSL memungkinkan Anda untuk menjalankan alat dan aplikasi Linux dan Windows secara berdampingan, yang dapat meningkatkan alur kerja Anda.
  • Mengurangi overhead: WSL lebih efisien daripada menjalankan mesin virtual, karena tidak perlu menjalankan sistem operasi tamu secara terpisah.
  • Meningkatkan keamanan: WSL berjalan di lingkungan yang terisolasi, yang dapat membantu meningkatkan keamanan sistem Anda.

Jika Anda seorang pengembang yang perlu menggunakan Windows dan Linux, WSL adalah alat yang berharga untuk dipertimbangkan.

Setelah Install WSL Terus?

Karena tujuan WSL saya sebagai Server ya saya install web server dan komponen2nya. Daripada Ribut dan Ribet (walaupun sekarang jadi Ribet) saya make EasyEngine (https://easyengine.io/) dan semua jalan normal setidaknya JAUHARI.net terlayani dari EasyEngine dan WSL ini.

Masalah WSL dan EasyEngine?

Satu-satunya yang ngendalain saya dari EasyEngine bukan WSLnya adalah kemampuan Multi Portnya. EasyEngine di DEV dengan Port Default 80 dan padahal kalau kita mau Multi Domain di Same Server sampai saat ini CloudFlared baru bisa main di Beda Port belum bisa satu Port. Jadi ini jadi Persoalan Rumit yang belum menemukan solusinya.

Terus Gimana?

woman pouring cappuccino
Photo by Chevanon Photography on Pexels.com

Ya sementara gini dulu aja sambil nunggu Kopi dan Sarapan Pagi Mateng. Nikmati wae…

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *