Error UNBK 2018

Mengenal Error UNBK 2018 Dan Cara Mengatasinya

Inilah Solusi Error UNBK 2018 dan Berbagai Metode Cara Mengatasinya. Hai.. Apakabar semuanya? kali ini kami kembali lagi untuk membahas dan berbagi tips seputar UNBK (Ujian Nasional Berbasis Komputer). Sebenarnya beberapa posting sebelumnya telah kami bahas tentang UNBK namun belum semua permasalahan yang kadang bisa muncul saat pelaksanaan UNBK sempat kami bahas. Karena kami baru membahas seputar cara menginstall Server UNBK yang diantaranya proses menginstall Virtual Machine (VM) dan VHD serta trouble shouting saat menginstall Virtuan Machine.

Error UNBK 2018

Error UNBK 2018

Setelah proses installasi server UNBK selesai selanjuntya kita akan beralih ke PC klien yang akan digunakan oleh siswa. Tidak seperti spesifikasi server yang  harus menggunakan komputer dengan processor minimal Corei5 (4 Core) dan RAM minimal 8 GB, maka PC atau komputer klien bisa menggunakan spesifikasi dualcore dengan RAM minimal 1 GB serta telah terinstall  browser Chrome.

Sebelum membahas tentang error yang sering terjadi pada PC klien (siswa) perlu kami ingatkan agar anda memastikan jika komputer klien harus menggunakan koneksi kabel (LAN) dan tidak diperbolehkan menggunakan koneksi wireless jadi untuk hal ini sebaiknya anda perlu memastikan jika Ethernet PC klien dalam keadaan tidak bermasalah, begitu juga dengan jaringan Local Area Network yang ada di Lab atau ruangan yang disiapkan semuanya dalam kondisi bagus.

Dan meskipun demikian namun terkadang error kecil sering terjadi tanpa kita duga. Kami merangkum beberapa error yang acapkali terjadi ketika UNBK dan tidak hanya itu kami juga ingin berbagi tips bagaimana mengatasinya. Berikut Error yang seringkali terjadi pada Klien (PC Siswa) saat UNBK serta cara mengatasinya:

  1. Tidak ada IP Address untuk tes komputer ini. Solusinya : Anda belum memberikan IP Address pada komputer tersebut. Silahkan anda buka pengaturan jaringan LAN. Isikan IP Address : 192.168.0.xxx (pastikan IP tidak digunakan PC klien lain).
  2. Registrasi IP tidak berhasil, Silahkan diulang kembali. Penyebab & Solusinya : Penyebab pertama, Server belum dinyalakan solusinya silahkan nyalakan Server terlebih dahulu. Penyebab kedua, anda menggunakan Exambro Client yang lama, solusinya silahkan download Exambro Client terbaru. Penyebab ketiga,  IP klien konflik atau sama dengan IP klien lain solusinya silahkan anda ganti IP.
  3. Error 500. Solusinya silahkan restart PC klien dan dianjurkan siswa pindah ke PC klien lain.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *