Mengenali Error Server UNBK 2018 Dan Cara Mengatasinya

UNBK atau Ujian Nasional Berbasis Komputer merupakan salah satu ujian akhir bagi siswa sekolah dasar, Menengah Pertama dan Sekolah Menengah Atas atau sederajat. Dan tahun 2018 ini merupakan tahun ketiga dimana UNBK diselenggarakan di hampir seluruh lembaga pendidikan baik Negeri maupun Swasta.

Cara Mengatasi Error Server UNBK 2018
Cara Mengatasi Error Server UNBK 2018

Dan disekolah-sekolah penyelenggara UNBK akan di tangani oleh 2 (dua) orang yakni Proktor dan Teknisi. Merekalah yang akan melakukan persiapan Server UNBK dan komputer klien yang akan digunakan oleh siswa.

Sekolah-sekolah penyelenggara akan diberikan VM (Virtual Machine) dan VHD oleh Cabang Dinas atau Diknas setempat atau sekolah dapat mengunduh dari Link yang diberikan, dan nantinya akan di install di Server sekolah dan nantinya akan terhubung ke server pusat untuk melakukan sinkronisasi data peserta, soal dan selanjutnya akan melakukan upload hasil jawaban siswa.

Nah ketika proses instalasi Server diperlukan Sistem Operasi 64-bit baik Sistem Operasi berbasis Windows (Windows 7, Windows Server, Windows 10) ataupun  Sistem Operasi Linux. Dan itupun terkadang terdapat beberapa kendala, sehingga Teknisi dan Proktor wajib mengetahui berbagai macam masalah serta car mengatasinya.

Berikut beberapa masalah saat Instalasi VHD Server UNBK dan Cara Mengatasinya :

  1. VM tidak mendeteksi (tidak ada pilihan OS 64-bit). Cara mengatasinya silahkan restart Server UNBK dan kemudian masuk ke SETTING BIOS kemudian masuk ke (biasanya) Security, kemudian cari opsi VIRTUALIZATION TECHNOLOGY, set ke ENABLE. kemudian simpan silahkan anda restart dan kembali set di VM.
  2. Muncul Pesan “GURU MEDITATION” atau “GURU BERMEDITASI” Saat menjalankan VHD. Cara mengatasinya Silahkan restart Server anda dan kembali masuk ke Pengaturan Bios kemudian cari opsi Memory Security dan silahkan anda ENABLE, simpan dan Reboot kembali.
  3. Error Tidak bisa masuk ke CBTSYNC. Cara mengatasinya silahkan cek apakah anda sudah menggunakan aplikasi CBTSYNC versi terbaru sebagaimana yang direkomendasikan.
  4. Error CBTSYNC Checking terus menerus. Solusinya silahkan anda cek pengaturan di VM apakah UTC sudah anda centang, kemudian pengaturan Network pastikan LAN 1 pilih TER-BRIDGE (BRIDGED) dan LAN  2 diatur ke NAT. Dan silahkan anda cek di pengaturan IP ADDRESS di Server anda. Pastikan Local Area Network 1 anda set IPnya 192.168.0.199, Subnetmask : 255.255.255.0 dan IP LAN 2 bisa anda atur ke OTOMATIS (jika Anda menggunakan DHCP Server untuk modem internetnya) dan pastikan keduanya sudah terhubung dengan benar. Cek Antivirus dan Firewall pastikan sudah anda OFF kan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *