Microsoft Edge Browser Akan Di Dukung VPN Bawaan

Microsoft Edge Browser merupakan browser bawaan sistem operasi Windows. Browser ini diluncurkan pada tahun 2015 sebagai kelanjutan dari browser sebelumnya yakni Internet Explorer. Internet Explorer atau dikenal IE pertama kali diluncurkan pada 1995, jadi tepat 20 tahun sebagai browser bawaan sistem operasi Windows. Kabar terbaru datang dari halaman support Microsoft yang mengungkapkan bahwa browser milik mereka (Edge Browser) akan mendapatkan peningkatan keamanan, dengan ditambahkannya fitur VPN.

Apa itu VPN? VPN atau Virtual Private Network merupakan suatu jaringan virtual yang memungkinkan seseorang dapat berselancar dengan aman di dunia maya. Dan jika anda sebelumnya menggunakan aplikasi tambahan untuk menjalankan VPN saat main internet (browsing), kini anda dapat melakukannya dengan tanpa menginstall aplikasi tambahan ataupun extension dalam browser Chrome atau Add-on untuk Mozilla Firefox.

Dan menurut informasi apa yang ditulis dalam salah satu website terpecaya , XDA-Developer, fitur VPN baru disebut “Microsoft Edge Secure Network” dan kini Microsoft sedang melakukan uji coba layanan VPN ini untuk browser Edge-nya, menambahkan lapisan keamanan dan privasi baru ke pengalaman menjelajah. Halaman dukungan yang baru ditemukan di situs web Microsoft merinci fitur “Microsoft Edge Secure Network” Cloudflare, yang menyediakan enkripsi data dan mencegah pelacakan online.

Apa yang bisa di harapkan?

Seperti kabar baru-baru ini jika banyak pengguna internet yang mendapati datanya dicuri karena bugs dari salah satu browser. Oleh karena itu dengan diluncurkannya Microsoft Edge Secure Network ini dan diharapkan bekerja dengan cara yang mirip dengan layanan 1.1.1.1 Cloudflare. Dimana saat diaktifkan, Edge akan mengenkripsi semua data dan menjaga lokasi penggunanya untuk tetap pribadi dengan menggunakan alamat IP virtual.

Namun sebagaimana yang dijelaskan dalam halaman website Microsoft jika penggunanya dapat menggunakan layanan jaringan keamanan secara gratis, akan tetapi dengan batasan data hanya 1 GB tiap bulannya. Dan anda harus login menggunakan akun Microsoft anda.

Bagaimana cara kerja Microsoft Edge Secure Network?

Seperti apa yang dijelasakan oleh support dalam website resmi Microsoft, berikut ini bagaiman cara Brower Edge ini memberikan layanan keamana untuk penggunanya:

  1. Mengenkripsi koneksi Anda: Mengenkripsi koneksi internet Anda untuk membantu melindungi data Anda dari ancaman online seperti peretas. Saat menggunakan jaringan Microsoft Edge Secure, data Anda akan dirutekan dari Edge melalui terowongan terenkripsi untuk membuat koneksi yang aman, bahkan saat menggunakan URL tidak aman yang dimulai dengan HTTP. Hal ini akan mempersulit peretas untuk mengakses data penjelajahan Anda di jaringan Wi-Fi publik bersama.
  2. Membantu mencegah pelacakan online: Dengan mengenkripsi lalu lintas web Anda langsung dari Microsoft Edge, kami membantu mencegah penyedia layanan internet Anda mengumpulkan data penelusuran Anda seperti detail tentang situs web mana yang Anda kunjungi.
  3. Menjaga lokasi Anda tetap pribadi: Entitas online dapat menggunakan lokasi dan alamat IP Anda untuk membuat profil dan mengirimkan iklan bertarget kepada Anda. Microsoft Edge Secure Network memungkinkan Anda menjelajah dengan alamat IP virtual yang menutupi IP Anda dan menggantikan geolokasi Anda dengan alamat regional yang serupa untuk mempersulit pelacak online mengikuti Anda saat Anda menjelajah.
  4. Gratis untuk digunakan: Dapatkan 1 gigabyte data gratis setiap bulan saat Anda masuk ke Microsoft Edge dengan Akun Microsoft Anda. Lihat petunjuk di bawah ini untuk mengaktifkan Jaringan Aman Microsoft Edge Anda.

Nah, dengan fitur Secure Network ini, kita tidak akan cemas lagi dengan data-data kita saat berselancar di dunia maya.

0

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.