Informasi

Tips Terhindar Dari Pencurian Data Pribadi di Smartphone Anda

Pencurian Data Pribadi sangat marak terjadi, terlebih lagi sedikit orang yang paham agar bisa menyusun strategi untuk melindungi informasi pribadi anda. Ponsel...

Avatar Written by Selvi Nurin Ramadhani · 1 min read > 12 views
Tips Terhindar Dari Pencurian Data Pribadi Di Smartphone Anda 1

Pencurian Data Pribadi sangat marak terjadi, terlebih lagi sedikit orang yang paham agar bisa menyusun strategi untuk melindungi informasi pribadi anda.

Tips Terhindar Dari Pencurian Data Pribadi Di Smartphone Anda
Tips Terhindar Dari Pencurian Data Pribadi Di Smartphone Anda

Ponsel anda tidak hanya menyimpan barang-barang berharga milik anda, tetapi itu juga memberi sinyal kepada sasaran para penjahat. Sehingga data pribadi anda tidak mudah disalah gunakan.

Yuk simak Tips terhindar dari pencurian data pribadi pada Smartphone anda, yang sudah kami tulis berikut ini.

Tips agar anda terhindar dari pencurian data pribadi pada smartphone anda dengan cara :

#1. Perbarui OS serta aplikasi Anda

Hal yang perlu anda lakukan yakni selalu perbaharui OS serta aplikasi pada smartphone anda. Sebab perusahaan perangkat lunak terus memperbarui perangkat lunak, dan banyak pembaruan perangkat lunak dan perbaikan bug berisi peningkatan keamanan yang membantu menjaga smartphone anda dari pelanggaran dan penyusupan data, atau menutup kerentanan, mempersulit peretas untuk masuk. sistem operasi atau untuk aplikasi apa pun yang Anda gunakan, segera instal, atau lebih baik lagi, atur instal otomatis untuk semua.

#2. Hindari Wi-Fi Publik

Seharusnya anda harus menyadari bahaya akan menggunakan Wi-Fi terbuka, sebab Wi-Fi gratis yang berada pada tempat umum, pusat perbelanjaan, kafe, bandara, dan lain-lain. Merupakan lahan terbuka untuk segala jenis kejahatan online. Cobalah untuk hanya menggunakan koneksi atau data pribadi anda bila memungkinkan.

Mematikan Wi-Fi pada ponsel anda merupakan salah satu langkah untuk terhindar dari pencurian data pribadi anda. Jika anda tidak memungkinkan untuk mematikan Wi-Fi, pertimbangkan untuk menggunakan aplikasi VPN.

VPN merupakan sebuah utilitas yang menyalurkan komunikasi jaringan melalui koneksi terenkripsi. Tetapi pilihlah dengan hati-hati, karena tidak semua VPN memiliki kualitas yang sama.

#3. Kunci Smartphone Anda

Selanjutnya, anda harus menggunakan kode sandi empat, enam, atau delapan digit untuk memasuk kedalam perangkat anda. Serta pertimbangkan untuk mengatur kode sandi yang lebih panjang dengan memadukan angka, huruf, serta karakter. Agar data pribadi anda bisa terlindungi.

Atau anda juga bisa menggunakan pemindaian sidik jari dan ID Wajah. Anda juga bisa mempertimbangkan untuk menambahkan saluran kedua pada smartphone anda.

#4. Jaga kerahasiaan nomor Smartphone Anda

Yang perlu anda tahu, semakin banyak tempat yang memiliki nomor anda, semakin rentan anda terhadap intrusi dan penipuan SMS, dan bahkan invasi akun 2FA Anda yang dilindungi. Anda juga bisa mempertimbangkan untuk menambahkan saluran kedua pada smartphone anda. Google Voice adalah cara terbaik untuk melindungi nomor anda dari penjahat online.

#5. Jangan terlalu banyak berbagi pada Media Sosial

Anda boleh menggunakan nama asli pada media sosial seperti Facebook dan Twitter, hindari berbagi banyak informasi tentang diri anda pada jejaring sosial. Karena itu dapat memudahkan pencuri mengambil dan mempergunakan data pribadi anda semau mereka.

Hindari mencantumkan kota asal, alamat tertentu, lokasi kerja tertentu, nomor telepon, nama keluarga, dan detail lain yang dapat pencuri gunakan untuk melacak anda. Susun dan sederhanakan umpan Anda untuk menyingkirkan informasi lama dan yang bisa mengungkapkan lebih banyak tentang anda daripada yang anda inginkan. Atau anda bisa megunakan Facebook dari komputer rumah anda, bukan mengaksesnya dari smartphone anda. Anda juga bisa mendownload Aplikasi Facebook pada link ini.

Itulah tips agar terhindar dari pencurian data pribadi pada smartphone anda. Semoga bermanfaat serta dapat menambah wawasan serta informasi untuk anda.

Terimakasih.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.