Informasi

Perbedaan Signal Messanger Dan WhatsApp yang Perlu Anda Ketahui

Apasih perbedaan Signal Messenger dan WhatsApp yang perlu anda ketahui sebelum anda beralih  atau meninggalkan whatsapp. Hal ini sangat penting anda ketahui...

Avatar Written by Selvi Nurin Ramadhani · 1 min read > 11 views
Perbedaan WhatsApp Dengan Signal Messenger
Apasih perbedaan Signal Messenger dan WhatsApp yang perlu anda ketahui sebelum anda beralih  atau meninggalkan whatsapp. Hal ini sangat penting anda ketahui agar anda tidak menyesal setelah menghapus aplikasi whatsapp dari smartphone anda.

Whatsapp merupakan aplikasi messenger yang paling sering pengguna gunakan, saat ini aplikasi signal messenger hadir untuk menandingi aplikasi whatsapp. Banyak masyarakat yang masih belum mengetahui perbedaan dari kedua aplikasi tersebut. Sedangkan pada aplikasi whatsapp hampir semua masyarakat mengetahuinya.

Perbedaan WhatsApp Dengan Signal Messenger
Perbedaan WhatsApp Dengan Signal Messenger
Selain versi smartphone, anda juga bisa menggunakan aplikasi Signal pada desktop, serta dapat langsung  di akses pada browser seperti Google Chrome, Mozilla Firefox dan lain-lain.

Berikut Perbedaan Signal Messanger Dan WhatsApp

Signal Messenger

Signal messanger merupakan sebuah layanan pengiriman pesan enkripsi pada lintas platform yang dikembangkan oleh Signal Technology Foundation dan Signal Messenger LLC. Layanan tersebut memakai Internet untuk mengirim pesan dari satu pihak menuju pihak lain, yang meliputi berkas, catatan suara, gambar, serta video. Anda juga dapat mendownload Aplikasi Signal Messenger pada link ini.

Fitur pada Signal Messenger

  1. Ada fitur perpesanan, panggilan suara, dan panggilan video dan semua komunikasi yang terenkripsi dengan E2E. Walaupun secara garis besar memang belum seatraktif Whatsapp dalam segi fitur.
  2. Anda juga dapat membuat grup, namun anda tidak memiliki opsi untuk menyiarkan pesan ke beberapa kontak sekaligus.
  3. Salah satu fitur menarik yang ada pada Signal yakni, seperti menghilangkan pesan dan kemampuan untuk mengirim gambar yang dapat dilihat satu kali oleh pengguna. Fitur ini hampir sama dengan Telegram.
  4. Baru-baru ini, Signal Messenger juga menambahkan dukungan untuk panggilan grup.
  5. Selain itu Signal juga menawarkan opsi built-in untuk menyembunyikan alamat IP Anda.
  6. Selanjutnya, Anda dapat mengaktifkan keyboard penyamaran pada saat hendak mengetik, menerapkan mode gelap, menghapus pesan lama, dan mengaburkan wajah serta informasi pribadi dari gambar dengan menggunakan editor foto.
  7. Serta ada emoji dan beberapa stiker privasi, tetapi sangat terbatas, jika anda bandingkan dengan Whatsapp.

WhatsApp Messenger

WhatsApp adalah aplikasi pesan terenkripsi end to end (E2E) yang artinya Anda dan penerima adalah satu-satunya orang yang dapat membaca pesan yang dikirimkan. WhatsApp tidak dapat mendekripsi konten pesan, panggilan, foto, dan lainnya sehingga memastikan keamanan serta privasi pengguna.

Fitur pada WhatsApp

  1. Anda dapat mengirim berbagai jenis file melalui Whatsapp, namun dengan batasan ukuran 16 MB serta membagikan lokasi terkini.
  2. Pengguna dapat melakukan panggilan suara dan video, baik untuk individu ataupun grup. Namun ada batasan untuk penggunaan panggilan video, yakni hanya untuk delapan pengguna saja.
  3. Fitur grup yang dapat membuka obrolan hingga 256 anggota. Serta anda juga dapat menyiarkan pesan ke beberapa kontak secara bersamaan.
  4. WhatsApp juga menawarkan fitur untuk membagikan status yang sedang anda lakukan. Anda dapat mengekspresikan keadaan baik secara tulisan ataupun video. Dan pada fitur ini, tidak tersedia pada Signal. Sehingga pada satu sisi, fitur ini menjadikan Whatsapp seperti platform media sosial, dan bukan hanya layanan perpesanan saja.
  5. Fitur berikutnya, aplikasi WA juga menawarkan pencadangan dan pemulihan tanpa batas melalui layanan cloud seperti Google Drive dan iCloud.
  6. Selain itu WhatsApp kini juga didukung dengan mode gelap, sehingga dapat menghapus pesan yang tidak sengaja dikirim ke individu atau grup, serta berbagai emoji, dan stiker.

Bagaimana, apakah sudah paham mengenai perbedaan antara Signal messanger dan Whatsapp? Semoga dengan adanya informasi ini dapat menambah wawasan informasi bagi anda.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.