Apps

3 Platform LMS Gatis Untuk E-Learning

Platform LMS Gratis ada dan sangat banyak. Sebelum itu apakah anda tahu, apa itu Platform LMS? Seperti yang sudah anda ketahui, saat...

Avatar Written by Selvi Nurin Ramadhani · 1 min read > 11 views
3 Platform LMS Gatis Untuk E Learning

Platform LMS Gratis ada dan sangat banyak. Sebelum itu apakah anda tahu, apa itu Platform LMS? Seperti yang sudah anda ketahui, saat ini metode pembelajaran sudah berbeda dengan metode belajar beberapa tahun yang lalu. Terlebih lagi saat ini Kita semua masih dalam Masa Pandemi.

3 Platform LMS Gatis Untuk E Learning 1
3 Platform LMS Gatis Untuk E Learning 1

Pembelajaran secara online menjadi pilihan yang harus Anda lakukan khususnya untuk semua orang yang berada di bangku sekolah. Nah, pada pembahasan kali ini, kami akan membahas tentang 3 Platform LMS Gatis Untuk E-Learning, penasaran? Yuk, simak penjelasannya berikut ini.

Learning Management System (LMS) secara umum, yakni perangkat lunak yang dirancang untuk membuat, mendistribusikan, dan mengatur penyampaian materi pembelajaran secara online.

3 Platform LMS Gatis yang paling sering digunakan:

#1. Edmodo

Edmodo merupakan platform sistem manajemen pembelajaran. Para guru bisa membuat kelas dan mengatur kelas virtual sesuai kebutuhan dengan memanfaatkan fitur dan layanan yang tersedia pada Edmodo.

Edmodo
Edmodo

Anda bisa mengirim pesan atau pengumuman, berbagi materi kelas dengan menggunakan fitur “Assignment” dan “File-Links”. Guru dapat membuat kuis dan latihan online kepada siswa dengan memanfaatkan fitur “Quiz”, serta mendapatkan feedback dan saran dengan memanfaatkan fitur “Polling”. Ada juga fitur “Gradebook” yang berfungsi sebagai daftar riwayat nilai siswa yang terhitung secara otomatis dan bisa anda export menjadi file.csv. untuk di-print.

Fitur lain, terdapat “Library” yang memiliki fungsi sebagai tempat penyimpanan berbagai file dan materi yang di-miliki guru maupun murid. Selain itu ada beberapa fitur tambahan lain yang juga memiliki fungsi masing-masing dan bisa semakin memudahkan Anda dalam mengatur dan mengelola kelas virtual.

Anda dapat mendownload aplikasi pada link ini.

#2. Google Classroom

Banyak layanan Google secara bersamaan guna mengulurkan sambung tangan bagi lembaga-lembaga pendidikan agar beralih cara menuju sistem tanpa kertas.

Google Classroom
Google Classroom

Sehingga pembuatan dan pemberian tugas bisa anda lakukan penyelesaiannya dengan melewati Google Drive sambil menggunakan Gmail untuk membuat pemberitahuan pada ruang kelas Google. Para murid dapat anda undang ke sebuah ruang kelas dengan beberapa cara yaitu melalui basis data lembaga, melalui sebuah kode pribadi yang kemudian dapat tertambahkan dalam antarmuka murid atau dengan datang secara sendirian dari Sistem Pengelolaan Keterangan Sekolah (School Information Management System).

Google Classroom dapat di-satupadukan dengan Google Calendar dari para murid dan guru. Tiap-tiap kelas akan terbuat dengan adanya sebuah berkas yang pisahkan oleh Google Classroom pada masing-masing layanan Google. Sehingga para murid/mahasiswa dapat menyerahkan hasil kerjanya untuk digolong-golongkan oleh seorang guru/dosen.

Aplikasi bisa anda download dari link ini.

#3. Schoology

Solusi sistem manajemen pembelajaran (LMS) yang terancang untuk kolaborasi antara semua jenis pelajar dan instruktur. Fokus utama solusi LMS Schoology yakni untuk memungkinkan kolaborasi, dengan pos pemeriksaan yang sering anda lakukan untuk memastikan peserta terlibat dengan materi.

Anda juga bisa mendownload aplikasinya pada link ini.

Schoology
Schoology

Penambahan terbaru untuk solusinya adalah manajemen penilaian, yang membawa fitur manajemen pembelajaran untuk penilaian. Schoology menggunakan estetika Facebook yang akrab dengan fitur gamification, aplikasi mobile, dan akun orang tua. Model harga freemiumnya juga sebanding dengan Edmodo.

Siswa, orang tua, dan guru dapat bermain secara gratis, tetapi admin akan membayar fitur tambahan premium. Dengan wajah jejaring sosial dan fondasi perusahaan LMS, Schoology menyentuh titik manis untuk manajemen pembelajaran K-12.

Semoga informasi yang sudah kami berikan dapat menambah wawasan dan ilmu anda.

Semoga bermanfaat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.