General

Samsung Bocorkan Tanggal Peluncuran Chipset Exynos 1080

Samsung saat ini sedang mengerjakan banyak chipset baru untuk smartphone generasi berikutnya. Beberapa bocoran mengungkap jika chipset tersebut adalah Exynos 1080 dan...

Avatar Written by Zack Kamil · 54 sec read > 3 views
Samsung Umumkan Chipset Exynos 1080

Samsung saat ini sedang mengerjakan banyak chipset baru untuk smartphone generasi berikutnya. Beberapa bocoran mengungkap jika chipset tersebut adalah Exynos 1080 dan Exynos 2100. Kedua chipset tersebut termasuk dalam kategori flagship atau top-end. Nah, sepertinya raksasa Korea Selatan itu siap mengungkap SoC Exynos 1080 di Shanghai.

Samsung kini telah mengumumkan peluncuran chipset di saluran resmi Weibo Exynos. Dalam sebuah postingan gambar teaser yang dengan jelas menyebutkan chipset tersebut merupakan Exynos 1080. Selain itu, gambar tersebut juga mengungkapkan tanggal peluncuran yang ditetapkan pada 12 November mendatang.

Samsung Umumkan Chipset Exynos 1080
Samsung Umumkan Chipset Exynos 1080

Awal bulan ini, Samsung memposting video dengan tema “Inovasi yang Menginspirasi dan Pedang Giat 2030” di akun Exynos-nya. Video tersebut mengungkapkan bahwa chipset tersebut akan dirilis pada paruh kedua tahun ini.

Bocoran Spesifikasi Chipset Exynos 1080

Seperti yang disebutkan sebelumnya, chipset Exynos 1080 akan menjadi chipset andalan terbaru untuk perangkat Galaxy-nya. Exynos 1080 SoC akan diproduksi melalui proses fabrikasi 5nm, sehingga menjadikannya chip pertama perusahaan yang menggunakan proses 5nm.

Hal ini tentunya akan sama dengan chipset A14 Bionic terbaru Apple yang juga menggunakan proses fabrikasi yang sama. Jadi kemungkinan SoC ini akan menampilkan konsumsi energi yang rendah bersama dengan kinerja yang lebih tinggi.

Exynos 1080 mendatang akan terdiri dari empat inti besar Cortex-A78 bersama dengan empat inti kecil Cortex-A55. Untuk grafis, chipset tersebut akan menggunakan GPU Mali-G78.

Awal bulan ini, hasil pertama dari benchmark AnTuTu dari chipset tersebut muncul di web. Dalam benchmark tersebut, chipset berhasil mencetak 693.600 poin mengungguli smartphone yang ditenagai chipset Snapdragon 865 dan 865+.

Hal ini berarti bisa dibilang jika chipset ini berhasil menduduki puncak grafik peringkat AnTuTu yang mengesankan datang dari Samsung.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.