Informasi

Samsung Segera Luncurkan Prosesor Exynos Khusus PC

Samsung dikabarkan tengah menyiapkan prosesor Exynos khusus PC. Prosesor ini diklaim akan bersaing dengan prosesor pertama Apple yang sudah resmi meluncur tahun...

Avatar Written by Zack Kamil · 1 min read > 5 views
Prosesor Exynos Khusus PC

Samsung dikabarkan tengah menyiapkan prosesor Exynos khusus PC. Prosesor ini diklaim akan bersaing dengan prosesor pertama Apple yang sudah resmi meluncur tahun lalu, Apple M1.

Apple M1 merupakan chipset yang dikembangkan oleh Apple sendiri yang kinerjanya cukup kuat dan memiliki efisiensi energi yang luar biasa. Sehingga memang perlu diperhitungkan dan tampaknya Samsung akan hadir sebagai salah satu saingannya dengan chipset Exynos yang secara khusus akan dihadirkan untuk PC/komputer.

Prosesor Exynos Khusus PC
Prosesor Exynos Khusus PC

image source

Hari ini, seperti laporan wccftech, Samsung akan merilis prosesor PC Exynos pada kuartal keempat tahun ini. Prosesor ini akan dibuat berdasarkan spesifikasi Exynos 2100 terbaru dari Samsung dan menggunakan teknologi febrikasi 5nm. Selain itu, prosesor ini akan menggunakan GPU AMD dan mengalahkan Qualcomm Snapdragon 865.

Prosesor Samsung Exynos VS Apple M1

Samsung Exynos 2100 dibuat dengan proses EUV 5nm terbaru dari Samsung. Di dalamnya dilengkapi dengan inti super besar Cortex-X1 yang memiliki clock 2.9GHz, dilengkapi dengan 3 core A78 2.8GHz besar dan 4 core A55 2.2GHz kecil.

Jadi dapat diyakini bahwa dengan kapasitas pembuangan panas PC yang sangat baik, kinerja chip ini akan lebih kuat daripada kinerja terminal seluler. Tentu saja, dalam hal ini Samsung jauh lebih dari sekedar bersaing dengan Apple M1.

Belum lama ini, produsen chip lama Qualcomm terlihat dengan kode prosesor bernama SC8280. Prosesor ini akan menjadi produk upgrade dari Snapdragon 8cx dan 8cx Gen 2. Dalam data sistem pengujian, ditemukan bahwa prosesor PC Snapdragon SC8280 akan menggunakan lebih dari 8 inti, berukuran 20×17 mm.

Yang lebih menarik adalah CEO Intel yang baru juga mengatakan sebelumnya bahwa mereka akan menghadirkan chipset terbaru yang lebih baik daripada Apple untuk ekosistem PC yang lebih efisien.

Perlu dicatat bahwa pada awal 2019, Samsung dan AMD secara resmi mencapai kerja sama strategis multi-tahun. Mereka mengatakan kedua belah pihak akan mengupayakan lebih banyak pengembangan di bidang konsumsi daya yang sangat rendah dan pemrosesan gambar. Jadi, dengan dukungan teknis AMD, prosesor PC Exynos Samsung dapat bersaing dengan Apple M1 sehingga memang layak untuk dinantikan kehadirannya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.