How To

Bahaya! Akibat Terlalu Lama Bermain Gadget

Terlalu Lama Bermain Gadget dapat menimbulkan risiko berbagai gangguan kesehatan. Tentu memasuki era serba digital, teknologi semakin berkembang pesat. Salah satunya, menghadirkan...

Avatar Written by Selvi Nurin Ramadhani · 1 min read > 6 views
Bahaya! Akibat Terlalu Lama Bermain Gadget

Terlalu Lama Bermain Gadget dapat menimbulkan risiko berbagai gangguan kesehatan. Tentu memasuki era serba digital, teknologi semakin berkembang pesat. Salah satunya, menghadirkan beberapa smartphone yang bervariasi.

Bahaya Akibat Terlalu Lama Bermain Gadget
Bahaya Akibat Terlalu Lama Bermain Gadget – Image Source

Sehingga membuat siapa saja bisa dengan mudah bermain game online. Mulai dari kalangan anak-anak, remaja hingga orang tua. Namun, setiap hal tentu ada dampak positif dan negatif.

Nah, untuk mengetahui lebih lanjut yuk, simak ulasan dari kami berikut ini.

Untuk pembahasan kami kali ini, sedikit berbeda. Semoga Anda semua bisa menggunakan serta memanfaatkan teknologi khususnya Gadget dengan baik.

Maka tidak heran jika banyak orang yang nyaris tidak bisa lepas dari smartphone. Ketergantungan seperti ini membuat banyak orang kecanduan smartphone. Jika sudah kecanduan bermain gadget dapat memberikan efek buruk yang bisa timbul, misalnya kecanduan bermain game android dan introvert.

Peran orang tua sangat diharapkan agar bisa mencetak generasi anak yang berkarakter dan berakhlak baik. Tentunya dapat memanfaatkan teknologi dengan baik dan bisa memberikan manfaat untuk orang lain.

Bahaya Akibat Terlalu Lama Bermain Gadget:

  1. Seorang anak harus kita bimbing dan arahkan, agar tidak selalu fokus dengan gadget. Ajak mereka keluar kamar untuk bisa bersosialisai dan lebih peka terhadap lingkungan dan orang lain. Sehingga mereka yang tidak mendapatkan bimbingan dari orang tua, akan menjadi anak yang tidak peka terhadap lingkunga sekitar.
  2. Mengakibatkan kerusakan otak. Dampak buruk terlalu lama bermain gadget bagi kesehatan menyebutkan radiasi. Sebab efek jangka panjang radiasi dapat memicu tumbuhnya tumor otak dan insomnia. Sehingga otak menjadi cenderung lebih lemah serta daya ingat dan juga refleks. Sedangkan efek jangka pendek yang akan Kalian rasakan seperti: mual dan sakit kepala.
  3. Mengakibatkan kecanduan. Smartphone pada saat ini memang memegang memiliki peranan yang penting bagi aktifitas kita semua. Tentunya dengan adanya perkembangan teknologi, kini smartphone dapat melakukan banyak hal yang membuat hidup terasa lebih nyaman, seperti menerima dan membalas e-mail untuk urusan pekerjaan, chatting dengan teman maupun keluarga, menonton video Youtube, main game, dan lain-lain.
  4. Penglihatan terganggu. Melihat layar smartphone terlalu lama dapat mengakibatkan penglihatan terganggu, dalam dunia kedokteran disebut Computer Vision Syndrome (CVS). Hal ini yang akan mengakibatkan: mata kering, iritasi, kemerahan, dan sakit kepala yang berkepanjangan, kelelahan serta rabun dekat. Bermain gadget dalam waktu lama juga akan membuat mata cepat lelah sehingga terlihat sembab dan menyebabkan pusing.

Berikut beberapa Tips untuk meninimalisir dampak negatif menggunakan Gadget:

  1. Batasi penggunaan smartphone, seperlunya saja. Ajak anak untuk keluar kamar agar bisa bersosialisasi dengan masyarakat sekitar
  2. Pantau gadget anak anda, setiap mereka menggunakan HP.
  3. Beri arahan untuk tidak menggunakan gadget 30 menit sebelum tidur (dengan mengambil smartphone dari anak Anda).
  4. Kurangi cahaya pada layar smartphone anda.
  5. Bersihkan layar secara rutin.
  6. Jaga jarak antara mata dan layar, serta besarkan ukuran teks untuk mencegah risiko terjadinya mata lelah.
  7. Hindari penggunaan smartphone saat sedang berkendara. Gunakan jika butuh, serta lebih baik jika Anda berhenti dan menepi sejenak untuk menjawab panggilan telepon atau membalas pesan.

Itulah Bahaya akibat terlalu lama bermain gadget. Semoga kita semua bisa menggunakan teknologi dengan baik.

Semoga bermanfaat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.