How To

Tips Bijak Menggunakan Media Sosial agar Data Pribadi Tidak Mudah Dicuri Orang

Kamu perlu mengetahui tips bijak bagaimana menggunakan media sosial. Hal ini dilakukan agar data pribadi kamu tidak mudah bocor ke orang lain....

Avatar Written by Zack Kamil · 1 min read > 4 views
Tips Bijak Menggunakan Media Sosial

Kamu perlu mengetahui tips bijak bagaimana menggunakan media sosial. Hal ini dilakukan agar data pribadi kamu tidak mudah bocor ke orang lain. Karena tidak sedikit orang yang bermedia sosial setiap hari bahkan miliaran orang.

Media sosial atau banyak orang menyebutknya sosial media adalah sebuah media daring, dengan para penggunanya bisa dengan mudah berpartisipasi, berbagi, dan menciptakan isi blog, jejaring sosial, wiki, forum dan dunia virtual.

Tips Bijak Menggunakan Media Sosial
Tips Bijak Menggunakan Media Sosial – image source

Seperti yang sudah kita ketahui bersama data pribadi kerap kali dilaporkan bocor oleh pihak-pihak yang tak bertanggung jawab. Beberapa laporan kebocoran tersebut berasal dari penyedia layanan belanja online, ojek online. Bahkan dari beberapa aplikasi spam yang hanya tujuannya mengumpulkan data orang lain yang dimingi sebuah reward.

Nah, dibawah ini saya berikan beberapa tips-tips bijak dalam menggunakan media sosial yang sudah kami rangkum dalam berbagai sumber.

Tips Bijak Menggunakan Media Sosial

#1 Pastikan Perangkat kamu Aman dari Ancaman Malware

Ancaman malware akhir-akhir ini menjadi salah satu penyebab pencurian data orang lain. Banyak oknum-oknum tertentu yang dengan sengaja mencuri data untuk kepentingan tertentu. Malware merupakan sebuah piranti lunak yang dapat mencuri data penting dengan cara menyusup kedalam sistem keamanan perangat, misalnya smartphone atau komputer.

Jika pertahanan keamanan kamu lemah, tanpa sadar mungkin bisa saja malware tersebut sudah menyusup kedalam sistem dan mencuri data penting yang ada dalam perangkat kamu seperti dokumen, identitas, atau bahkan data login media sosial milikmu.

#2 Selalu Gunakan Proteksi yang Kuat

Salah satu cara agar tidak selalu kebocoran data pribadi adalah dengan menggunakan proteksi yang kuat terhadap akun media sosial ataupun pada pada perangkat yang akan kita gunakan. Sehingga hal ini bisa setidaknya meminimalisir kebocoran data pribadi pada orang lain.

#3 Pilih Aplikasi dan Website yang sudah Terpercaya

Kamu juga perlu memilih terhadap suatu aplikasi ataupun website yang ingin kamu gunakan dengan meminta data pribadi. Misalnya dengan memasukkan data KTP, Passport atau SIM. Karena tidak semua aplikasi meminta kamu memasukkan data pribadi, kecuali aplikasi yang memang untuk melakukan transaksi keuangan, misalnya perbankan, paypal dal lainnya.

#4 Hindari Memposting Hal yang Bersifat Pribadi

Para ahli digital forensik menyarankan agar semua orang bisa bijak menggunakan sosial media. Jika ingin memposting di media sosial, pastikan konten tersebut bukan termasuk dalam ranah pribadi. Jangan pernah mencantumkan data pribadi, dan sebagainya. Karena hal tersebut bisa dimanfaatkan oleh orang lain yang memang sedang mengintai kita.

#5 Hapus Semua Data Jika Kamu Menggunakan Perangkat Umum

Jangan lupa untuk selalu menghapus data dan riwayat jika kamu menggunakan perangkat milik umum, seperti komputer warnet, atau menggunakan smartphone teman. Karena terkadang aplikasi tertentu masih menyimpan riwayat aktifitas yang pernah kamu lakukan. Dengan begitu, kamu sudah menerapkan salah satu cara membuat data pribadi tidak bocor.

Semoga tulisan ini bisa bermanfaat untuk anda.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.