How To

Tips dan Trik Mengisi Daya Ponsel Android dengan Cepat

Dalam mengisi daya ponsel Android tentunya akan bervariasi, ada yang cepat dan ada juga yang lambat. Apalagi ponsel yang rilis baru-baru ini...

Avatar Written by Zack Kamil · 2 min read > 1 view
Cara Mengisi Daya Ponsel Android Dengan Cepat

Dalam mengisi daya ponsel Android tentunya akan bervariasi, ada yang cepat dan ada juga yang lambat. Apalagi ponsel yang rilis baru-baru ini memiliki baterai yang cukup besar. Namun dalam hal ini, masa pakai baterai hampir tidak bisa bertahan dalam dua hari dengan sekali pengisian daya.

Cara Mengisi Daya Ponsel Android Dengan Cepat
Cara Mengisi Daya Ponsel Android Dengan Cepat

image source

Ini terkadang menjadi masalah yang sedikit rumit. Apalagi ketika Anda sedang mengisi daya yang cukup lama agar bisa bertahan untuk Anda gunakan dalam seharian penuh. Anda tentu tidak ingin ponsel Anda sampai kehabisan baterai yang menyebabkan ponsel menjadi mati dan tidak bisa Anda gunakan. Salah satu cara untuk mengatasi masalah ini adalah dengan mempercepat waktu pengisian baterai. Secar normal, pengisian daya ponsel yang mencapai 100% membutuhkan waktu 2-3 jam.

Ini merupakan waktu yang cukup lama, hanya mengisi daya saja, Anda harus rela menunggu hingga 3 jam untuk bisa membawa ponsel lagi terlepas dari pengisiannya. Oleh karena itu, penulis akan berbagi cara untuk membuat ponsel Android mengisi daya dengan lebih cepat.

Tips dan Trik Mengisi Daya Ponsel Android dengan Cepat

Matikan Ponsel Anda

Salah satu trik sederhana yang mungkin tidak pernah terpikirkan oleh Anda adalah dengan mematikan ponsel saat sedang mengisi daya. Hal ini akan mengurangi jumlah tugas pada ponsel Anda secara bersamaan. Jadi pengisian daya akan berjalan lebih cepat dari biasanya.

Dengan menghilangkan beban kerja ponsel Anda, maka ponsel mati akan lebih cepat dalam pengisian dayanya ketimbang Anda hidupkan. Dengan kata lain: Saat Anda mematikan ponsel ketika sedang mengisi daya, semua daya dapat langsung mengisi penuh daripada digunakan untuk memberi daya ponsel dan mengisi daya pada saat yang bersamaan.

Hubungkan ke Steker Kontak

Untuk memastikan bahwa Anda memiliki arus listrik yang paling mungkin melalui kabel pengisi daya Anda, Anda harus menggunakan stopkontak. Menggunakan port USB pada laptop atau komputer desktop dapat mengisi daya ponsel Anda, akan tetapi akan jauh lebih lambat.

Faktanya, jika Anda menggunakan port USB komputer, Anda bahkan mungkin melihat pemberitahuan yang bertuliskan “Perangkat Mengisi dengan Perlahan”. Jika Anda ingin memaksimalkan potensi keluarnya daya pada kabel pengisi daya, mencolokkan langsung ke stopkontak dapat menjadi pilihan yang lebih cepat.

Jangan Gunakan Pengisian Nirkabel

Pengisi daya nirkabel sangat nyaman, dan bagus untuk pengisian daya semalam, namun tidak menawarkan kecepatan tercepat. Ini karena mereka jauh kurang efisien jika dibandingkan dengan pengisi daya menggunakan kabel.

Apa yang membuat pengisian daya nirkabel lebih lambat adalah energi yang hilang karena panas. Ini menjadi kurang baik ketika letak ponsel Anda tidak sejajar sempurna dengan letak pengisi daya nirkabel tersebut. Metode ini tidak hanya lebih lambat, tetapi juga menggunakan lebih banyak listrik.

Gunakan Kabel Pengisian Cepat yang Didukung

Mungkin kunci terbesar untuk mendapatkan kecepatan pengisian tercepat adalah menggunakan kabel Pengisian Cepat dan adaptor yang didukung oleh telepon Anda. Ada beberapa standar pengisian cepat berbeda-beda yang harus Anda perhatikan dalam hal perangkat Android.

Cara Memeriksa Standar Pengisian Cepat yang Perlu Anda Gunakan

Anda tidak perlu khawatir tentang memilih standar pengisian yang salah, setidaknya dalam hal ini hanya akan merusak ponsel Anda secara berkelanjutan. Memasukkan kabel dengan standar pengisian yang tidak kompatibel tidak akan meledakkan ponsel Anda. Perangkat ini memiliki tindakan pencegahan untuk memastikannya mengisi daya dengan aman.

Karena itu, Anda memerlukan kabel yang benar jika ingin mengisi daya perangkat Android Anda secepat mungkin. Aturan praktis yang baik adalah dengan menggunakan kabel yang disertakan dengan perangkat Anda dalam kotak pembelian. Biasanya Anda melihat pesan pada layar kunci atau pemberitahuan yang bertuliskan “Pengisian Cepat”, Anda sudah siap.

Beberapa perangkat Android yang lebih baru, termasuk beberapa dari Samsung, tidak dikirimkan dengan pengisi daya yang cepat dalam kemasannya. Dalam situasi ini, Anda dapat langsung menuju ke sumbernya untuk menemukan kabel dan pengisi daya yang kompatibel.

Misalnya, jika Anda memiliki ponsel Samsung, Anda dapat pergi ke toko online perusahaan dan memilih perangkat Anda dari menu. Kemudian, Anda dapat dengan mudah menemukan Adaptive Fast Charger yang tepat untuk Anda gunakan pada ponsel Anda.

Semoga bisa bermanfaat untuk Anda.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.