How To

Tips Jitu Mengatasi Laptop yang Lemot Dengan Mudah (100% Berhasil)

Mengatasi laptop yang lemot merupakan hal utama untuk segera Anda lakukan. Jika tidak, bisa jadi akan menghambat pekerjaan Anda. Pasalnya, laptop sekarang...

Avatar Written by Zack Kamil · 1 min read > 11 views
Tips Jitu Mengatasi Laptop Yang Lemot

Mengatasi laptop yang lemot merupakan hal utama untuk segera Anda lakukan. Jika tidak, bisa jadi akan menghambat pekerjaan Anda. Pasalnya, laptop sekarang ini menjadi sebuah kebutuhan terutama dalam dunia kerja dan hal ini tidak bisa Anda kesampingkan.

Cara Mengatasi Laptop Yang Lemot
Cara Mengatasi Laptop Yang Lemot

Laptop merupakan komputer portable yang dapat membantu memudahkan pekerjaan Anda. Berbagai macam fungsi yang dimilikinya memudahkan urusan banyak orang, baik para pelajar, dosen, mahasiswa, pekerja kantoran, freelancer dan lainnya. Dikatakan sebagai perangkat portable karena perangkat ini tidak lepas dari fisiknya yang bisa dibawa ke mana-mana. Bentuknya yang kecil lebih lebih flexible dan efektif Anda gunakan dari pada komputer dekstop yang memakan ruang dan daya listrik.

Namun, yang menjadi masalah kebanyakan orang adalah bagaimana jika laptop mereka lemot? Laptop yang lemot dapat menyebabkan Anda frustasi bahkan cenderung cepat bosan dalam menyelesaikan pekerjaan. Oleh karenanya, dalam tulisan ini akan kami berikan panduan bagaimana tips jitu untuk mengatasi laptop yang lemot.

Tips Jitu Mengatasi Laptop yang Lemot (100% Berhasil)

Sebelum melangkah lebih jauh, ada beberapa hal penting yang bisa Anda lakukan untuk proses pengecekan awal.

Cek Kesehatan Hardisk

Salah satu yang menjadi penyebab laptop lemot adalah terjadi masalah pada kesehatan hardisknya. Hardisk merupakan perangkat keras komputer yang berfungsi sebagai ruang penyimpanan yang berguna untuk menyimpan atau membaca data pada komputer. Selain itu, yang lebih penting adalah hardisk juga sebagai tempat sistem sistem operasi dari perangkat tersebut.

Untuk mengecek kesehatan baterai, Anda dapat menggunakan aplikasi hdsentinel untuk dapat mengetahui bahwa hardisk Anda masih berfungsi dengan normal dengan kesehatann 100%.

Tambah RAM

Random Acces Memory (RAM) merupakan tempat penyimpanan data sementara dan hanya bekerja saat perangkat tersebut hidup atau beroperasi. Semakin kecil RAM yang Anda gunakan, maka akan memiki pengaruh saat Anda melakukan multitasking. Dan inilah yang memicu laptop menjadi laptp.

Instal OS

Setelah Anda melakukan pengecekan pada kesehatan hardisk dan masih dalam zona aman, maka segera beri penyegaran terhadap OS baru yang ada pada perangkat Anda. Hal ini guna mengatasi masalah yang terjadi pada system yang menyebabkan kinerja laptop terhambat dan jadi lemot.

Selain itu, juga dapat membersihkan bug system dan memberikan penyegaran kembali pada laptop Anda.

Ganti HDD ke SSD

Ini yang paling pokok dalam mengatasi masalah ini. Jika 3 cara di atas telah Anda lalui, namun hasilnya nihil alias laptop masih tetap lemot, maka coba gunakan langkah terakhir ini.

Ganti penyimpanan HDD anda ke SSD yang memiliki kecepatan hingga 60X lebih cepat prformanya dari pada HDD. Perbedaannya adalah soal komponen yang digunakan keduanya. Jika HDD, biasanya akan terdapat piringan yang berputar, sedangkan SSD sudah berbentuk sirkuit IC sehingga tidak mudah rusak dan lebih tahan banting ketimbang Anda menggunakan HDD.

Nah, itulah beberapa hal yang wajib Anda ketahui jika Anda memiliki laptop atau bahkan punya teman Anda yang lemot. Cara ini memiliki tinggal keberhasilan sangat tinggi bahkan hingga 100%.

Jika Anda berniat untuk membeli laptop baru, inilah beberapa rekomendasi laptop baru yang tipis dengan kinerja yang gesit.

Semoga bisa bermanfaat untuk Anda.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.