How To

Tips Menjadikan Akun Signal Aman Dari Para Peretas

Sekarang ini mengamankan akun menjadi prioritas utama, termasuk salah satunya akun Signal. Walaupun terbilang aplikasi yang baru populer, namun tidak menutup kemungkinan...

Avatar Written by Zack Kamil · 1 min read > 3 views
Cara Mengamankan Akun Signal

Sekarang ini mengamankan akun menjadi prioritas utama, termasuk salah satunya akun Signal. Walaupun terbilang aplikasi yang baru populer, namun tidak menutup kemungkinan akun Signal sudah mulai masuk incaran para peretas.

Cara Mengamankan Akun Signal
Cara Mengamankan Akun Signal

Hal ini sama halnya dengan aplikasi Telegram, walaupun tidak se populer aplikasi perpesan WhatsApp, namun Telegram menjadi banyak incaran para hacker. Mengapa? Seseorang menggunakan Telegram terkadang untuk keperluan bisnis, sehingga tak jarang dalam aplikasi Telegram banyak memiliki saldo hingga puluhan juta rupiah. Inilah yang terkadang menjadi daya tarik hacker, mengapa banyak sekali peretasan akun Telegram terjadi. Walaupun pada sisi lain, mereka juga dapat memanfaatkan akun Anda.

Kembali ke Signal, aplikasi ini merupakan aplikasi perpesanan instan, hampir mirip dengan Telegram dan WhatsApp yang sudah mulai populer saat ini. Hal ini bermula dengan adanya isu perubahan kebijakan privasi WhatsApp semenjak diakuisisi oleh Facebook. Dalam pernyataan mengungkapnya jika WhatsApp mulai akan membagikan data yang berhubungan dengan privasi pengguna kepada Facebook. Sehingga hal inilah yang membuat pengguna menjadi geram dan ingin pindah haluan ke aplikasi lain, termasuk Signal.

Signal Vs Telegram: Bagaimana Keamanan Privasinya?

Dua aplikasi lain setelah WhatsApp adalah Signal dan Telegram yang banyak pengguna gunakan. Namun kenyataannya banyak pengguna yang beralih ke Signal ketimbang pada Telegram sebagai pelarian dari aplikasi WhatsApp.

Oleh karenanya terkait Signal dan telegram, jika Anda lebih mementingkan keamanan data privasi, setidaknya Anda harus mengetahui secara lebih detail terkait aplikasi tersebut. Kira-kira antara Signal dan Telegram, mana yang lebih fokus pada keamanan privasi pengguna.

Cara Mengamakan Akun Signal Dari Para Peretas

Aktifkan Registration Lock

Signal memiliki fitur yang bernama “Registration Lock” yang dapat membuat keamanan tambahan pada akun Anda. Fitur ini berfungsi sebagai lapisan keamanan terutama jika perangkat Anda hilang ataupun akun Signal Anda diretas. Registration Lock bekerja saat akan mendaftarkan akun Anda menggunakan perangkat baru.

Saat perangkat Anda hilang, secara otomatis perangkat Anda akan dapat dikendalikan oleh mereka yang menemukannya. Termasuk juga aplikasi Signal. Setelah itu, bukan tidak mungkin lagi bahwa Peretas akan memindahkan akun Anda ke perangkat mereka sendiri. Nah, untuk melakukan registrasi akun Signal, Anda harus memasukkan kode verifikasi yang terkirim ke ponsel Anda. Namun jika Anda mengaktifkan fitur Registration Lock, maka ini sebagai kunci kedua setelah peretas mendapatkan kode verifikasi melalui nomor telepon Anda. Oleh karenanya Anda perlu mengaktifkan fitur Registration Lock pada aplikasi Signal.

Selain itu, demi memikat para pengguna, Signal menambahkan serangkaian fitur menarik yang membuat pengguna lebih nyaman dalam berkomunikasi lewat Signal. Jika melihat statistik unduhan Signal dari Google Play Store telah mencapai 1,7 juta orang yang telah mendownloadnya. Sehingga tidak membutuhkan waktu lama bagi Signal untuk populer semenjak WhatsApp mengeluarkan kebijakan baru.

Cara Menggunakan Aplikasi Signal

Ada beberapa langkah yang bisa pengguna lakukan untuk menggunakan Aplikasi Signal. Selain pada ponsel, Signal juga memiliki Versi Desktop yang bisa Anda instal pada PC/komputer Anda. Sehingga Anda dapat menggunakannya secara lebih luas terutama jika Anda ingin berkirim file dengan mudah. Cara sebagai solusi mudah yang bisa Anda gunakan untuk mengirimkan file kepada orang lain sesama pengguna Signal.

Semoga bisa bermanfaat untuk Anda.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.