How To

Zoom vs Facetime: Mana Pilihan yang Tepat untuk Anda Gunakan?

Zoom vs Facetime merupakan dua aplikasi video telekonferenci yang menarwarkan berbagai macam fitur menarik. Anda tentunya akan bingung jika dihadapkan dalam sebuah...

Avatar Written by Zack Kamil · 3 min read > 10 views
Cara Mengetahui Perbedaan Zoom Vs Facetime

Zoom vs Facetime merupakan dua aplikasi video telekonferenci yang menarwarkan berbagai macam fitur menarik. Anda tentunya akan bingung jika dihadapkan dalam sebuah pilihan dua aplikasi tersebut. Panggilan video atau video telekonference menjadi populer sejak pademi mulai tahun lalu hingga sekarang ini.

Cara Mengetahui Perbedaan Zoom Vs Facetime
Cara Mengetahui Perbedaan Zoom Vs Facetime

image source

Banyak pengguna hingga saat ini yang masih enggan melakukan tatap muka secara langsung. Baik dalam hal pekerjaan, rapat atau bahkan dalam pendidikan. Misalnya dengan panggilan video Anda bisa menyelenggarakan rapat dengan konsep tatap muka virtual dan sekarang ini menjadi alat kerja yang umum.

Jadi dengan dua aplikasi ini tidak mengherankan melihat orang bingung tentang layanan mana yang harus mereka pilih. Mereka yang memilih antara Zoom vs Facetime memiliki banyak faktor yang menjadi pertimbangan, terutama mengingat aplikasi ini hadir untuk tujuan yang sangat berbeda. Untuk itu, dalam artikel ini penulis akan mengulas mana aplikasi yang tepat untuk Anda dari dua aplikasi tersebut.

Apakah Facetime Pilihan Tepat Bagi Anda?

Mereka yang berdebat antara menggunakan Zoom vs Facetime mungkin tidak perlu terlalu banyak penelitian untuk mencapai kesimpulan. Layanan panggilan video ini hadir dengan mempertimbangkan jenis pengguna yang sangat berbeda. Sementara Zoom adalah untuk para profesional yang membutuhkan berbagai pilihan fitur dan alat untuk melakukan pertemuan tatap muka virtual mereka. Sedangkan Facetime adalah aplikasi panggilan video kasual yang sebagian besar hanya Anda gunakana untuk percakapan ramah dan sederhana.

Kumpulannya fitur Facetime sangat kecil jika dibandingkan dengan aplikasi Zoom. Sekarang, ini tidak berarti Anda tidak dapat menggunakan Facetime untuk tujuan profesional. Jika yang Anda butuhkan hanyalah aplikasi sederhana untuk melakukan panggilan video dengan rekan kerja Anda dengan cepat, Facetime dapat menjadi pilihan Anda.

Facetime dapat melakukan panggilan video grup hingga 32 orang. Setelah dalam panggilan, Anda dapat menambahkan orang menggunakan nama, nomor telepon, atau email kontak mereka. Anda perlu menambahkan kontak satu per satu untuk masuk dalam panggilan Video tersebut. Anda tidak dapat membuat tautan atau grup prasetel untuk memanggil semua orang secara bersamaan dengan mudah. Selain itu, fitur berbagi layar juga tidak ada dalam Facetime, jadi Anda mungkin memerlukan layanan Apple atau pihak ketiga lainnya untuk melakukan ini.

Facetime memungkinkan Anda mengubah pengaturan video/audio, menggunakan efek kamera yang menyenangkan, dan memanfaatkan Animoji atau Memoji khusus. Dua fitur terakhir mungkin tidak bagus untuk panggilan profesional, tetapi akan lebih menyenangkan untuk Anda.

Seperti yang pernyataan sebelumnya, Facetime dibuat sesederhana mungkin. Facetime akan berfungsi dengan baik sebagai aplikasi panggilan video tanpa embel-embel. Kami percaya itu bisa cukup untuk percakapan santai dan panggilan hit-and-go yang lebih singkat. Atau mungkin hanya pertemuan satu lawan satu di mana hal-hal seperti anotasi, rekaman, dan kemampuan mewah lainnya tidak Anda perlukan.

Kompatibilitas Perangkat

Batasan terbesar Facetime adalah hanya berfungsi dengan perangkat Apple. Ini membuatnya mudah untuk membuat pilihan dalam dilema Zoom vs Facetime. Jika ada peserta yang bukan ekosistem Apple, maka Zoom adalah opsi yang jelas.

Sementara itu, Zoom ada pada setiap platform penting. Semua sistem operasi mendukungnya termasuk Windows, macOS, Android, dan iOS. Zoom juga dapat Anda gunakan dari browser web, dan Anda bahkan dapat menelepon dengan panggilan telepon biasa. Ada banyak sekali plugin, ekstensi, dan perangkat lunak tambahan lainnya yang dapat Anda manfaatkan oleh pengguna. Tidak dapat disangkal bahwa Zoom lebih unggul dalam hal kompatibilitas perangkat.

Apa yang Anda Dapatkan Jika Menggunakan Zoom?

Zoom Meetings adalah layanan panggilan video dan konferensi terkemuka dengan fitur dan kemampuan untuk membuat pengguna lebih nyaman. Ini adalah salah satu fitur yang terbaik, dan sangat sedikit pesaingnya.

Beberapa fitur Zoom yang paling populer termasuk kemampuan untuk merekam rapat video, berbagi layar, memiliki obrolan terintegrasi per rapat, membuat jajak pendapat, membisukan peserta, dan bahkan melakukan angkat tangan virtual untuk meminta giliran Anda berbicara.

Itulah fitur utama yang Zoom tawarkan bagi pengguna, meskipun ada banyak fitur lainnya juga. Selain itu, termasuk Latar Belakang Virtual yang memungkinkan Anda untuk mengatur gambar atau video sebagai latar belakang Anda selama rapat. Ini adalah pilihan yang bagus bagi mereka yang tidak ingin orang melihat bagian dalam ruangan Anda.

Harga

Facetime gratis dan tidak memiliki paket premium. Ini adalah bagian dari pengalaman Apple, dan siapa pun yang memiliki perangkat Apple, maka akan dapat memanfaatkannya. Triknya adalah Anda memerlukan perangkat Apple untuk menggunakan FaceTime. Banyak yang akan menganggap produk Apple mahal, dan itu mungkin pengeluaran yang tidak perlu jika Anda sudah puas dengan perangkat non-Apple saat ini.

Zoom memiliki paket gratis, tetapi memiliki keterbatasan. Paket gratis ini memungkinkan Anda menyelenggarakan hingga 100 peserta. Namun, setiap pertemuan kelompok hanya bisa berdurasi 40 menit.

Jika itu kurang, Anda harus mendaftar ke salah satu paket berbayarnya. Harga terjangkau, mulai dari hanya $14,99 per bulan per host. Anda dapat melihat semua paket harga bersama dengan fitur yang masing-masing termasuk dalam situs resmi Zoom.

Perlu Anda ingat bahwa harga adalah per host, bukan per peserta. Anda tidak perlu membayar biaya bulanan untuk setiap pengguna yang bergabung dalam rapat atau webinar Anda. Semakin banyak host yang dimiliki perusahaan, semakin tinggi tagihan bulanannya. Ingatlah bahwa setiap pengguna dapat menjadi tuan rumah bahkan tanpa membayar; mereka hanya akan dibatasi untuk semua fitur paket gratis.

Perlu dicatat bahwa setiap paket juga menawarkan berbagai add-on. Ini termasuk meningkatkan jumlah peserta yang dapat bergabung ke rapat, opsi untuk menambahkan penyimpanan rekaman cloud ekstra, dan banyak lagi.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.