Menjalankan WSL Ubuntu Otomatis ketika Windows Startup

Menjalankan WSL Ubuntu Otomatis ketika Windows Startup memang sangat diperlukan. Apalagi jika kita menggunakan WSL Ubuntu kita sebagai Server tambahan (Misalnya jadikan Server VPN, Server Web atau layanan lainnya). Seperti yang saya lakukan dengan Menjalankan WSL Ubuntu kemudian Menggunakan EasyEngine sebagai Server web.

Nah masalahnya By Defaultnya Windows itu, ketika kita Mematikan kemudian menyalakan lagi Windows kita tersebut layanan WSL (dalam hal ini Ubuntu) saya tidak otomatis jalan. Saya harus DO SOMETHING agar bisa jalan. Saya akan membagi Skrip yang kami dapatkan dari Dunia Maya dengan Tutorial Sederhana agar supaya kita tidak perlu repot2 DO SOMETHING yang sebenarnya sangat bisa kita otomatiskan sehingga Layanan kita tetap jalan dengan Semestinya.

Jadi Apakah WSL Itu?

Sebelum kita menggali lebih lanjut bagaimana bisa jalan Otomatis, perlu kita sedikit jelaskan dulu apa itu WSL. Dalam bahasa arti WSL adalah Windows Subsystem for Linux dalam bahasa mudahnya adalah Windows memberikan kemudahan pengguna untuk menjalankan System Lain didalam System Windows yang sudah jalan. Kalau adalam bahasa kerennya semacam Virtual PC. Ada PC didalam PC ada System di Dalam System. Tentu kalian pernah dengan Aplikasi VirtualBox buatan Oracle. Itu salah satu Layanan Aplikasi Virtual yang sangat Istimewa saat itu. Ada Bluestack untuk jalankan Android di Windows, ada QEMU dan masih banyak lagi.

pessoa programando hacker
Photo by Alberlan Barros on Pexels.com

Windows Subsystem for Linux (WSL) adalah lapisan kompatibilitas yang memungkinkan eksekusi biner Linux berjalan secara alami di Windows 10. WSL menyediakan antarmuka kernel yang kompatibel dengan Linux yang dikembangkan oleh Microsoft, yang memungkinkan pengguna menjalankan lingkungan GNU/Linux langsung di Windows tanpa perlu mesin virtual tradisional atau pengaturan dual-boot.

Mengatur Layanan WSL Ubuntu agar Berjalan Secara Otomatis saat Windows Startup

Ada dua metode utama untuk mengatur layanan WSL Ubuntu agar berjalan secara otomatis saat Windows startup: menggunakan skrip VBE atau menggunakan Windows Task Scheduler.

Metode 1: Menggunakan Skrip VBE

Skrip Visual Basic (VBE) adalah file yang ditulis dalam bahasa VBScript yang dapat dieksekusi dalam Windows atau Internet Explorer melalui Windows-based script host (Wscript.exe).

Langkah 1: Buka folder Startup dengan mengklik Start dan mencari “shell:startup”. Atau Anda dapat menjelajah secara manual ke “C:\Users%username%\AppData\Roaming\Microsoft\Windows\Start Menu\Programs\Startup”.

Langkah 2: Buat file baru dalam folder Startup dan beri nama “webserver.vbe”.

Langkah 3: Buka file “sshserver.vbe” dan tambahkan teks berikut:

Set ws = CreateObject("Wscript.Shell")
ws.run "wsl -d Ubuntu -u root service ssh start", vbhide

Dalam skrip ini, ws.run adalah metode yang menjalankan program dalam proses Windows baru. “wsl -d Ubuntu -u root service ssh start” adalah perintah untuk memulai layanan ssh di Ubuntu. Parameter vbhide digunakan untuk menjalankan program secara tidak terlihat.

Langkah 4: Simpan file. Layanan SSH akan mulai secara otomatis setiap kali Windows boot.

Metode 2: Menggunakan Task Scheduler

Windows Task Scheduler adalah komponen dari Microsoft Windows yang memungkinkan penjadwalan peluncuran program atau skrip pada waktu yang telah ditentukan atau setelah interval waktu tertentu.

Langkah 1: Buka Task Scheduler dengan mengklik Start dan mencari “Task Scheduler”.

Langkah 2: Klik “Action” dan pilih “Create Basic Task”.

Langkah 3: Isi nama dan deskripsi untuk tugas, misalnya “Auto Start SSH server”.

Langkah 4: Pilih “When the computer starts” sebagai pemicu.

Langkah 5: Pilih “Start a program” sebagai tindakan.

Langkah 6: Pada kolom “Program/script”, ketikkan jalur: “C:\Windows\System32\wsl.exe”.

Langkah 7: Pada kolom “Add arguments (optional)”, ketikkan: “-d Ubuntu -u root service ssh start”. Di sini, -d Ubuntu menentukan distribusi WSL yang digunakan, -u root menentukan pengguna yang akan menjalankan perintah, dan service ssh start adalah perintah untuk memulai layanan SSH.

Langkah 8: Klik “Finish” untuk membuat tugas.

Sekarang, layanan SSH di WSL Ubuntu Anda akan mulai secara otomatis setiap kali Windows boot.

Metode 3: Menggunakan Task Scheduler dengan VB Script

Cara ini tidak jauh berbeda dengan Cara keduanya, yang membedakan kita membuat VB Script sederhana yang nanti akan dipanggil dengan Task Scheduller tersebut.

Buat Kode sederhana seperti dibawah ini

Set ws = CreateObject("Wscript.Shell") 
ws.run "wsl", vbhide

Kemudian simpan dalam format .vbe misalnya jalankan.vbe.

Untuk menjalankan skrip VBE (VBScript Encoded) saat Windows 11 startup, Anda dapat menggunakan Task Scheduler. Berikut adalah langkah-langkahnya:

Buka Task Scheduler:

Tekan Win + R untuk membuka jendela “Run”.

Ketik taskschd.msc dan tekan Enter.

Buat Tugas Baru:

Di Task Scheduler, pilih “Create Basic Task…” atau “Create Task…” dari panel kanan.

Beri Nama Tugas:

Beri tugas Anda nama yang sesuai, misalnya “Startup VBScript Task”.

Pilih “When do you want the task to start?”:

Pilih kapan Anda ingin tugas ini dijalankan. Pilih “When the computer starts” untuk menjalankannya saat startup.

Pilih “Start a Program”:

Jika Anda ingin menjalankan skrip VBE, pilih opsi “Start a program”.

Cari Program Script VBE:

Klik “Browse” dan cari lokasi skrip VBE di komputer Anda.

Klik “Next”:

  • Setelah Anda memilih skrip, klik “Next”.

Klik “Finish”:

Tinjau pengaturan tugas dan pastikan semuanya benar. Kemudian klik “Finish” untuk menyelesaikan proses pembuatan tugas.

Konfirmasi Hak Administratif:

Jika diminta, berikan izin administrator.

Sekarang, skrip VBE akan dijadwalkan untuk dijalankan setiap kali Windows 11 startup.

Pastikan bahwa skrip VBE yang Anda gunakan berisi perintah atau tindakan yang aman dan sesuai dengan kebutuhan Anda. Jangan gunakan skrip yang tidak dapat dipercaya atau dari sumber yang tidak terpercaya untuk menghindari potensi risiko keamanan.

Kesimpulan

Photo by fauxels on Pexels.com

Dengan mengikuti langkah-langkah yang diuraikan dalam artikel ini, seharusnya Anda dapat secara otomatis memulai layanan WSL Ubuntu saat Windows startup. Ini dapat menghemat waktu dan memastikan layanan Anda selalu berjalan saat Anda membutuhkannya. Pilihan antara menggunakan skrip VBE atau Task Scheduler akan bergantung pada kebutuhan khusus Anda dan sejauh mana Anda mengenal setiap metode.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *