Berbeda dengan berkendara secara tunggal atau sendirian, berkendara dalam rangkaian seperti touring membutuhkan kewaspadaan yang lebih untuk menjaga keamanan saat berkendara

Touring
Touring -Source : http://www.esquire.co.id

Jika saat kamu berkendara sendiri prioritas utama adalah keselamatan diri sendiri dan penumpang, lain halnya saat berkendara bersama komunitas, dimana setiap individu dituntut untuk dapat bekerja sama dengan anggota lainnya.

Untuk itu kami memberikan tips yang dapat dijadikan sebagai panduan untuk kegiatan touring bersama komunitas-mu :

1. Periksa kondisi kendaraan

Hal pertama yang harus kamu lakukan yaitu kamu harus mengecek kendaraan kamu, memeriksa kondisi pada kendaraan kamu, apakah masih layak pakai atau tidak, dan jangan lupa untuk membawa cadangan takut ada hal yang tidak di inginkan saat di tengan perjalanan.

2. Rencanakan Rute yang Akan Dilalui

Cek rute perjalanan yang akan dilalui untuk memastikan tempat pemberhentian penting yang mungkin diperlukan, seperti tempat peristirahatan, SPBU untuk mengisi bahan bakar dan bengkel untuk keadaan emergency.

3. Siapkan Barang Bawaan

Rencanakan barang-barang bawaan untuk memastikan segala kebutuhan dalam perjalanan dapat terpenuhi dan kabin serta bagasi tidak penuh sesak dengan barang-barang yang tidak diperlukan. Beberapa perangkat seperti power bank, charger ponsel mobil, lampu senter, cable jumper serta kotak P3K sangat diperlukan terutama dalam keadaan darurat.

4. Tertib Lalu Lintas

Kegiatan touring biasanya melibatkan konvoi kendaraan dalam jumlah banyak. Maka, sangat penting untuk tetap menjaga rangkaian, namun tetap harus mengutamakan peraturan lalu lintas agar tidak mengganggu kenyamanan dari pengguna jalan yang lainnya.

5. Jaga Komunikasi

Menjaga komunikasi tiap kendaraan anggota menjadi aspek penting saat touring, termasuk navigasi dan koordinasi dalam perjalanan agar waktu menuju lokasi tujuan sesuai dengan susunan rangkaian acara.

6. Berhenti di Titik yang Telah Ditentukan

Selama perjalanan jarak jauh, ada banyak hal yang bisa merepotkan pengendara seperti buang air kecil atau mengisi bahan bakar.

Itulah beberapa tips dari kami saat mau touring bersama komunitas kamu, utamakan keselamatan dan jangan sampai hilang kontak antar teman komunitas.

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.