How To

3 Cara Mudah Menggunakan Facebook Messenger Room

Messenger Room hadir sebagai fitur baru yang ada pada Facebook guna ikut bersaing dengan aplikasi video telekonferensi lainnya. Beberapa aplikasi video telekonferensi...

Avatar Written by Zack Kamil · 1 min read > 7 views
Cara Menggunakan Facebook Messenger Room

Messenger Room hadir sebagai fitur baru yang ada pada Facebook guna ikut bersaing dengan aplikasi video telekonferensi lainnya. Beberapa aplikasi video telekonferensi populer saat ini adalah Zoom Meeting, Microsoft Teams dan juga Google Meet miliki Google sendiri.

Cara Menggunakan Facebook Messenger Room
Cara Menggunakan Facebook Messenger Room – source

Sejak masa pandemi dua tahun lalu, aplikasi video telekonferensi menjadi hal utama untuk tetap berkomunikasi dan bertatap muka secara virtual. Dengan banyaknya pembatasan yang berlaku dalam setiap wilayah membuat ruang gerak semakin sempit. Namun berkat aplikasi video telekonferensi tersebut membuat jarak bukanlah penghalang untuk tetap produktif dalam bekerja, menyambung silaturrahim atau bahkan perkumpulan secara virtual.

Messenger Room adalah salah satu fitur terbaru Facebook yang sengaja ikut berperan untuk memberikan rasa nyaman kepada pengguna Facebook. Jadi Facebook sekarang ini tidak hanya sebagai sarana media informasi antar satu teman dengan teman lainnya. Namun lebih dari itu, kehadiran Messenger Room membuat Facebook akan semakin banyak diminati dalam hal urusan perkumpulan virtual seperti yang banyak terjadi saat ini.

Messenger Room hadir dengan fitur-fitur pelengkap yang sebenarnya nyaris sama dengan platform vieo telekonference lainnya. Ada fitur virtual background, efek dan filter untuk wajah, termasuk AR untuk tampil lucu-lucuan, ada fitur share screen, lock room, dan lain-lain. Sesi conference tak berbatas waktu, bebas selama yang pengguna inginkan, gratis pula. Anda dapat dengan mudah melakukan panggilan video (video call) yang bisa Anda akses melalui aplikasi Facebook dan pesan instan Messenger.

Oleh karenanya, dalam panduan ini Penulis akan memberikan beberapa langkah untuk menggunakan Messenger Room dalam dalam kebutuhan sehari-hari.

3 Cara Mudah Menggunakan Facebook Messenger Room

Cara Menggunakan Messenger Room Melalui Facebook Messenger

  1. Buka aplikasi Facebook Messenger pada ponsel Anda. Maka Anda akan melihat ikon pensil pada pojok kanan atas, lalu ketuk pada bagian atasnya.
  2. Pilih Buat Ruang Baru.
  3. Saat Anda membuat Ruang Messenger, Facebook akan memberi Anda opsi untuk membuat tautan terbuka yang dapat diakses oleh siapa saja yang memilikinya bahkan bukan anggota Facebook sekalipun. Tekan opsi Edit pada bagian bawah tautan.
  4. Anda dapat memilih Siapa saja yang memiliki tautan atau Hanya orang yang Anda setujui yang dapat bergabung. Anda juga dapat mengubah pengaturan lain, seperti penjadwalan, opsi obrolan, dan berbagi layar.
  5. Setelah Anda memilih izin untuk peserta Anda, ketuk tombol Bagikan pada sebelah tautan, dan bagikan tautan ke peserta lain melalui email, WhatsApp, Messenger, Slack, atau platform pilihan lainnya.
  6. Terakhir tekan Mulai, lalu tunggu hingga peserta lain masuk dalam Room Anda.

Cara Menggunakan Messenger Room Melalui Aplikasi Facebook

  1. Buka aplikasi Facebook dan buka Kabar Beranda Anda. Maka Anda akan melihat tombol Room tepat pada bagian bawah area status Anda. Pilih Room tersebut.
  2. Lalu tekan opsi Edit pada bagian bawah tautan. Sekarang Anda dapat memilih apakah Siapa saja yang memiliki tautan atau Hanya orang yang Anda setujui yang dapat bergabung.
  3. Dari sini, Anda juga dapat mengubah nama Room dan menambahkan waktu mulai. Jika sudah siap, ketuk Buat Room.
  4. Anda sekarang dapat membagikan tautan atau memilih siapa yang ingin Anda undang dari daftar kontak Anda

Cara Menggunakan Messenger Room Pada Facebook Versi Desktop

  1. Buka situs Facebook dan masuk ke akun Anda, lalu buka Umpan Berita Anda, maka akan ada bagian Room pada bagian bawah area status Anda. Pilih Buat Room.
  2. Masukkan nama Room dan Waktu mulai. Lalu Klik Buat Room.
  3. Anda sekarang dapat membagikan tautan Room Anda, mengedit pengaturan, dan mengirim undangan ke teman.
  4. Setelah selesai, pilih Gabung Room.

Semoga bisa bermanfaat untuk Anda.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.