How To

Cara Mengetahui Jenis Ekstensi File Dalam Sistem Operasi (Windows, macOS, ChromeOS dan Linux)

Mengetahui jenis-jenis Ekstensi merupakan hal penting bagi Anda yang bergulat dalam dunia komputer. Baik itu komputer Windows, Apple, Linux atau bahkan yang...

Avatar Written by Zack Kamil · 2 min read > 9 views
Jenis Jenis Ekstensi File Pada Sistem Operasi

Mengetahui jenis-jenis Ekstensi merupakan hal penting bagi Anda yang bergulat dalam dunia komputer. Baik itu komputer Windows, Apple, Linux atau bahkan yang mulai populer adalah Chromebook. Chormebook ini merupakan perangkat komputasi dengan sistem operasi ChromeOS.

Jenis Jenis Ekstensi File Pada Sistem Operasi
Jenis Jenis Ekstensi File Pada Sistem Operasi – source

Tahukah Anda apa itu ChromeOS? Chrome OS adalah sistem operasi berbasis Gentoo Linux yang dikembangkan oleh Google. Sistem operasi ini menggunakan Google Chrome sebagai antarmuka pengguna grafis utamanya. Tidak seperti lainnya, Chrome OS hanya berjalan pada pada perangkat keras tertentu dari mitra manufaktur Google yang memiliki nama Chromebook. Wikipedia.

Saat ini kehadiran Chromebook mulai gencar menjadi perbincangan, semenjak Pemerintah menetapkan perangkat ini akan menjadi perangkat pelajar dalam dunia pembelajaran siswa. Jika Anda melihat lebih detail pada Chromebook ini, Anda akan mengatakan bahwa 90% sistem operasinya akan sama dengan Android. Ya Benar! Secara tidak langsung, sistem operasi ChromeOS yang ada pada Chromebook memiliki kesamaan dengan sistem Android yang ada pada ponsel.

Dalam hal ini Anda tentunya juga bertanya-tanya, bagaimana dengan file ekstensinya? Oleh karenanya, Penulis akan mengupas secara detail tentang jenis-jenis Ekstensi yang dalam sistem operasi secara keseluruhan.

Jenis-Jenis Ekstensi Dalam Sistem Operasi (Windows, macOS, ChromeOS dan Linux)

Windows

Windows merupakan salah satu sistem operasi paling populer untuk kalangan perkantoran. Sistem operasi ini meluncur pertama kali pada tahun 1985 oleh Microsoft Inc. Kemudian, Windows terus mengalami perkembangan yang pesat dari segi fungsi, tampilan, dan kualitas.

Hingga saat ini, versi terbaru Windows adalah Windows 11 yang akan meluncur pada akhir tahun 2021 nanti. Namun sekarang ini Anda sudah bisa menikmati Windows 11 ini melalui versi Beta pada perangkat Anda terutama yang mendukung Windows 10.

Jenis Ekstensi yang digunakan pada Windows ini adalah EXE dan juga MSI. Fungsi File EXE ini berguna untuk menginstal dan menjalankan program dan rutinitas. File EXE hanyalah salah satu dari beberapa jenis format file yang dapat berjalan dalam sistem operasi Windows.

macOS

macOS adalah sistem operasi GUI pertama besutan Apple Inc. yang digunakan untuk mengoperasikan komputer Macintosh. Sebagai sistem operasi, ketenaran MacOS memang masih kalah dari pada Windows. Namun jangan salah karena ternyata sistem operasi MacOS ini menjadi yang pertama kali dalam hal penggunaan GUI atau Graphical User Interface.

Jenis file ekstensinya dalah menggunakan type .DMG. File dalam format ini adalah folder kontainer yang berisi program yang ingin Anda instal pada komputer, dengan cepat dan mudah. Kecuali Anda mencari aplikasi tertentu yang tidak tersedia pada Mac App Store, kecil kemungkinan Anda akan mendapatkan file jenis ini.

ChromeOS

Chrome OS merupakan sistem operasi atau istilahnya OS bawaan pada laptop Chromebook. Apa keunggulan Chrome OS? Mari kita mengenal ChromeOS dan keunggulannya.

Salah satu bagian keunggulan dari ChromeOS ini adalah menghadirkan user interface (UI) yang mudah pengguna pahami. Dengan tampilan UI yang sederhana ini, pengguna dapat dengan mudah menemukan aplikasi yang mereka butuhkan lewat menu yang tersedia. Jika Anda sudah familiar dengan sistem operasi Android, maka menggunakan ChromeOS akan semakin lancar.

Sama seperti Android, file ekstensinya juga menggunakan file .APK untuk dapat menginstal atau menambah sebuah program pada ChromeOS.

Linux

Linux adalah salah satu OS dengan sistem UNIX yang menggunakan model pengembangan, serta distribusi software secara gratis, maupun biasa Anda kenal dengan sebutan open source. Sama halnya dengan aplikasi open source lainnya, Linux juga dapat dikembangkan dan di distribusikan secara gratis. Hal ini merupakan salah satu daya tarik dari OS ini.

Untuk file ekstensi yang digunakannya adalah .DEB sebagai file instalasi programnya. Deb merupakan file ekstensi dari debian Software package Format & Paling sering digunakan untuk binari Package. Debian packages juga digunakan dalam pendistribusian Debian Ubuntu dll. Program yang menangani *.deb adalah dpkg.

Semoga bisa bermanfaat untuk Anda.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.