How To

Cara Menggunakan Fitur Tangkapan Layar Panjang pada Android 12

Android 12 nampaknya menghadirkan fitur baru, yakni tangkapan layar panjang atau screenshot bergulir. Sepertinya fitur ini masih belum banyak pengguna tahu bahwa...

Avatar Written by Zack Kamil · 1 min read > 7 views
Fitur Tangkapan Layar Panjang Pada Android 12

Android 12 nampaknya menghadirkan fitur baru, yakni tangkapan layar panjang atau screenshot bergulir. Sepertinya fitur ini masih belum banyak pengguna tahu bahwa fitur screenshot mendapatkan pembaruan baru pada Android 12. Akan tetapi jika Anda sebelumnya pernah menggunakan Android 10, fitur ini sebenarnya juga sudah ada. Hanya saja pada Android 12 membawa peningkatan yang lebih sempurna dari pada sebelumnya.

Fitur Tangkapan Layar Panjang Pada Android 12
Fitur Tangkapan Layar Panjang Pada Android 12

image source

Namun jika Anda masih menggunakan Android 9 dan ke bawahnya, tentunya Anda belum pernah mencoba fitur screenshot bergulir tersebut. Paling tidak, Anda pernah melakukannya dengan bantuan aplikasi pihak ketiga yang banyak Anda temukan pada Google Play Store.

Hal ini memang tidak dapat dipungkirin, terkadang Google dapat dengan cepat mengadopsi fitur baru untuk Android yang pertama kali muncul pada perangkat OEM lain. Akan tetapi hanya saja itu tidak umum. Samsung mempelopori aplikasi layar terpisah (alias multi-jendela) pada Android bertahun-tahun yang lalu. Namun Google membutuhkan waktu hingga versi 7.0 Nougat untuk menambahkannya ke Android dengan baik. Dukungan tangkapan layar bergulir ini sebenarnya telah tersedia sebelumnya pada perangkat Samsung, Huawei, dan OnePlus. Ini adalah fitur tambahan untuk tangkapan layar yang sudah pengguna nantikan sejak dulu.

Nah, dan akhirnya Google merilisnya. Melalui update Android 12 beta 3, Google akhirnya menerapkan dukungan tangkapan layar bergulir yang bisa Anda gunakan untuk menangkap seluruh halaman layar yang Anda mau. Berikut ini cara kerjanya.

Apa itu Screenshot Bergulir?

Pernahkah Anda ingin mengambil tangkapan layar seluruh halaman web atau aplikasi? Namun ponsel Anda ternyata hanya memungkinkan untuk menangkap yang muncul pada layar saja. Tangkapan layar bergulir memungkinkan Anda untuk menangkap sebanyak mungkin halaman web atau aplikasi yang Anda inginkan. Anda mulai dengan mengambil tangkapan layar seperti biasa, lalu mengetuk tombol untuk menangkap lebih banyak konten ke bawah maupun ke atas layar.

Namun, tidak semua fitur tangkapan layar bergulir dibuat sama. Implementasi Google pada Android 12 hanya memungkinkan Anda untuk mengambil tangkapan layar bergulir dari aplikasi saja, bukan situs web yang Anda akses melalui browser. Pada secara kebetulan adalah kebanyakan orang ingin menggunakan untuk menggulir tangkapan layar melalui situs web. Bagaimanapun, Chrome adalah browser default pada ponsel Pixel.

Dalam pengumuman fitur tersebut, Google mengatakan bahwa menggulir tangkapan layar hanya akan berfungsi jika aplikasi Anda menggunakan “UI berbasis tampilan” standar, sedangkan Chrome tidak. Perusahaan mengatakan terus mengulangi tangkapan layar yang bergulir dan akan mengeluarkan pembaruan untuk fitur dalam versi beta 4 dan rilis Android lainnya pada masa mendatang.

Begini Cara Mengambil Tangkapan Layar Panjang Pada Android 12

Lebih mudah dari sebelumnya untuk mengambil tangkapan layar bergulir pada Android 12. Inilah cara melakukannya.

  1. Pertama, pastikan ponsel Anda sudah menjalankan Android 12 beta 3.
  2. Buka aplikasi tertentu yang ingin Anda tangkap layarnya. Misalnya Twitter, Instagram, Facebook dan lainnya. Silahkan kemudian ambil screenshot dengan menekan tombol power + volume bawah secara bersamaan.
  3. Anda akan melihat opsi “tangkap lebih banyak” baru pada pop-up tangkapan layar yang muncul pada bagian bawah. Ketuk tombol itu, dan ponsel Anda akan menampilkan layar baru yang memungkinkan Anda menangkap konten sebanyak yang Anda mau. Kaca pembesar kecil akan muncul untuk membantu Anda memotong lebih akurat.
  4. Setelah selesai memotong, Anda dapat mengetuk tombol Simpan untuk menyimpan tangkapan layar ke galeri Anda. Ketuk tombol Bagikan untuk membagikannya ke aplikasi lain, atau ketuk ikon pensil kecil untuk mengedit tangkapan layar dan menambahkan teks atau catatan.

Semoga bisa bermanfaat untuk Anda.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.