Android

Cara Menemukan Dan Menonaktifkan Aplikasi Yang Jalan Dibalik Layar di Android 10

Memiliki smartphone dengan RAM dan memori internal yang besar menjadi keinginan setiap orang. Karena saat seiring dengan perkembangan jaman teknologi kamera yang...

Avatar Written by Herman Santoni · 1 min read > 55 views
Aplikasi Yang Jalan Di Belakang Layar

Memiliki smartphone dengan RAM dan memori internal yang besar menjadi keinginan setiap orang. Karena saat seiring dengan perkembangan jaman teknologi kamera yang dipasang di smartphone semakin tinggi sehingga sekali jepret akan menghasilkan kualitas gambar yang tinggi namun juga membutuhkan kapasitas memori (penyimpanan) yang juga besar. Sehingga semakin banyak kita mengambil gambar dan video akan menyebabkan semakin habisnya kapasitas menyimpanan smartphone kita.

Belum lagi game-game saat ini yang banyak di gandrungi anak muda dan dewasa juga game-game yang membutuhkan kapasitas memory yang tinggi, sebut saja ada Mobil Legend, Free Fire, PUBG dan game-game sejenis lainnya yang membutuhkan RAM dan Penyimpanan yang besar.

Aplikasi Yang Jalan Di Belakang Layar
Aplikasi Yang Jalan Di Belakang Layar

Namun saat ini harga smartphone sangat terjangkau, smartphone android dengan RAM 4 GB dan memory internal 64 GB dapat kita beli dengan harga kisaran 1,7 jutaan, sedang smartphone android dengan RAM 6 GB dan memory internal 128 GB kisaran harga 2,6 juta.

Akan tetapi meski tak jarang kita mendapati smartphone kita masih saja terasa lambat kinerjanya, padahal kita sudah memberli smartphone dengan RAM 6 GB dan memory internal 128 GB. Apa yang terjadi? seakan kita seperti menggunakan smartphone jadul dengan RAM 1 GB saja. Nah untuk itulah kami ingin berbagi tips bagaimana meningkatkan kinerja smartphone kita sehingga kembali seperti awal mula kita baru unboxing alias baru buka dari kardusnya.

Smartphone terasa lambat padahal kita tidak menjalankan aplikasi apapun, bisa dikarenakan ada beberapa aplikasi yang jalan di belakang layar (tidak tampil) karena memang ada beberapa aplikasi yang tidak sedang kita jalankan namun masih jalan dan memakan space RAM smartphone kita. Oleh karena itu kita harus mengecek aplikasi apa yang sedang jalan. Setiap smartphone memiliki cara akses berbeda tergantung dari merek dan juga versi android yang digunakan. Namun kami akan menjelaskan secara umum bagaimana

CARA MENGECEK APLIKASI YANG JALAN DIBALIK LAYAR DI ANDROID 10.

Berikut langkah-langkahnya:

  1. Cara pertama, buka pengaturan (Setting) di smartphone anda kemudian Tap menu Tentang Ponsel (About Phone) dan kemudian tap menu Build number sekitar tujuh kali. Maka selanjutnya anda akan mendapatkan pemberitahuan yang memberi tahu Anda bahwa opsi Pengembang telah dibuka setelah Anda selesai. 
  2. Cara kedua, buka menu Pengaturan > Sistem > Lanjutan > Opsi pengembang > Menjalankan layanan. Opsi itu membawa Anda ke daftar proses yang sedang berjalan yang menunjukkan berapa banyak RAM yang digunakan.
  3. Langkah Selanjutnya; Jika anda sudah mendapatkan beberapa aplikasi yang jalan anda bisa menghentikannya dengan cara Tap aplikasi (pastikan aplikasi yang anda akan stop bukan aplikasi bawaan sistem) kemudian Stop Process. Terkadang ada beberapa aplikasi bawaan non sistem yang jalan tanpa kita sadari seperti aplikasi kamera 360, aplikasi online store bawaan smartphone.

Kurang lebih dengan Gambar seperti ini

Cara Menonaktifkan Aplikasi Yang Jalan Di Balik Layar
Cara Menonaktifkan Aplikasi Yang Jalan Di Balik Layar

Selain itu kami juga menyarankan anda untuk menghapus aplikasi-aplikasi yang tidak digunakan untuk mengurangi beban kerja RAM dan menghemat space penyimpanan smartphone anda.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.