How To

Cara Mudah Memeriksa Pembaruan Pada Apple Watch

Memeriksa pembaruan Apple Watch tentunya harus selalu Anda lakukan setiap saat. Apple Watch tidak sama dengan perangkat Apple lainnya seperti iPhone dan...

Avatar Written by Zack Kamil · 2 min read > 4 views
Cara Mudah Memeriksa Pembaruan Apple Watch

Memeriksa pembaruan Apple Watch tentunya harus selalu Anda lakukan setiap saat. Apple Watch tidak sama dengan perangkat Apple lainnya seperti iPhone dan iPad. Jika pada perangkat tersebut, Apple memberitahu pengguna ketika pembaruan sistem tersedia. Hal ini berbeda dengan Apple Watch, pengguna harus rajin mengecek apakah sudah tersedia pembaruan sistem WatchOS terbaru atau tidak.

Cara Mudah Memeriksa Pembaruan Apple Watch
Cara Mudah Memeriksa Pembaruan Apple Watch

image source

Jika Anda memiliki Apple Watch, Anda akan merasakan hal seperti penulis sebutkan di atas. Saat pembaruan sistem tersedia, Apple Watch tidak memberitahu pengguna sampai pengguna sendiri mengeceknya. Jadi tentunya masih belum jelas apakah Anda menjalankan sistem operasi Apple WatchOS versi terbaru atau tidak. Nah, untuk itu, Anda harus rajin mengecek pada Apple Watch Anda untuk memeriksa pembaruan sistemnya.

Pembaruan Apple Watch Terkait dengan Pembaruan iPhone

Sebelum Anda dapat memperbarui Apple Watch, Anda perlu memperbarui iPhone ke iOS versi terbaru. Itu karena pembaruan watchOS saat ini terkait dengan pembaruan iOS, jadi Anda tidak bisa mendapatkannya secara terpisah. Jika iPhone Anda tidak menjalankan rilis iOS terbaru, Anda tidak akan melihat pembaruan watchOS terbaru baik pada Apple Watch atau dalam aplikasi Watch App pada iPhone Anda.

Anda Akan Melihat Pembaruan Secara Otomatis

Selama iPhone Anda diperbarui sepenuhnya dan juga Apple Watch terhubung ke internet baik mengunakan Wi-Fi atau seluler. Maka Apple Watch Anda biasanya akan memberi tahu Anda saat pembaruan baru tersedia pada layar Watch Anda.

Untuk menginstal pembaruannya, Anda cukup mengetuk layar Apple Watch Anda dan memilih opsi “Perbarui Malam Ini”. Jadi, saat Arloji berada pada pergelangan tangan Anda, Apple Watch Anda akan memberi tahu Anda bahwa ia akan mencoba untuk menginstal pembaruan secara otomatis nanti malam. Agar Arloji Anda melakukan pembaruan pada malam hari, maka harus tersambung pada pengisi daya dan juga Wi-Fi. Pemasangan akan mulai saat baterai Apple Watch 50% atau lebih tinggi.

Jadi selama baterai Apple Watch di bawah angka 50%, maka pembaruan akan terus menunggu hingga baterai 50% atau lebih. Hal ini untuk memastikan bahwa Jam tangan tidak kehilangan daya secara tidak sengaja selama pembaruan berlangsung. Karena dapat mengacaukan perangkat lunak bawaan Jam secara permanen atau menyebabkan kerusakan sistem.

Cara Memeriksa Pembaruan watchOS pada Apple Watch Anda

  1. Untuk memeriksa pembaruan watchOS secara manual melalui Apple Watch Anda, aktifkan Jam tangan Anda dan buka aplikasi Pengaturan, yang tampak seperti roda gigi abu-abu.
  2. Saat Pengaturan terbuka, ketuk “Umum“, lalu pilih “Pembaruan Perangkat Lunak“.
  3. Jika Apple Watch Anda sepenuhnya terbaru, Anda akan melihat pesan “Apple Watch adalah yang terbaru” yang muncul pada layar.
  4. Jika pembaruan watchOS tersedia, Anda akan melihat nomor versi pembaruan tercantum, bersama dengan deskripsi singkat tentang fitur baru atau perbaikan bug dalam rilis tersebut.

Kemudian untuk memasang pembaruan, gulir ke bawah dan ketuk “Unduh dan Pasang” atau “Pasang”, dan letakkan Jam Tangan pada pengisi dayanya. Setelah mengunduh pembaruan, Apple Watch akan menunggu hingga baterai 50% atau lebih tinggi. Baru akan mulai menginstal pembaruan tersebut. Setelah mencapai tanda itu, penginstalan akan mulai berlangsung.

Cara Memeriksa Pembaruan Apple Watch Pada iPhone Anda

Jika Anda ingin memeriksa pembaruan sistem Apple Watch menggunakan iPhone Anda. Pertama-tama, cari dan luncurkan aplikasi Watch App pada iPhone Anda. Setelah terbuka, ketuk Jam tangan yang ingin Anda periksa pembaruannya. Kemudian, gulir ke bawah dan ketuk “Umum”, lalu pilih “Pembaruan Perangkat Lunak”.

Maka Watch App akan memeriksa pembaruan, dan jika diperbarui sepenuhnya, Anda akan melihat pesan “Apple Watch Anda adalah yang terbaru”. Jika demikian, Anda sudah selesai, dan Anda dapat keluar dari aplikasi Watch App tersebut.

Namun, jika pembaruan watchOS tersedia, Anda akan melihatnya tercantum, bersama dengan informasi tentang fitur rilis terbaru.

Semoga bisa bermanfaat untuk Anda.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.