How To

Wajib Anda Tahu, Berikut Cara Aman Berbelanja Secara Online Saat ini!

Zaman yang semakin modern membuat banyak orang lebih menyukai berbelanja secara online ketimbang harus datang ke toko langsung. Hal ini karena layanannya...

Avatar Written by Zack Kamil · 1 min read > 22 views
Tips Aman Belanja Online

Zaman yang semakin modern membuat banyak orang lebih menyukai berbelanja secara online ketimbang harus datang ke toko langsung. Hal ini karena layanannya yang mudah dan dapat orang akses oleh berbagai macam pihak manapun.

Cara Aman Belanja Online Agar Tidak Tertipu
Cara Aman Belanja Online Agar Tidak Tertipu

Baik dari kalangan muda-mudi, ibu rumah tangga dan siapapun bisa mengaksesnya dengan mudah. Yang paling penting mereka memiliki ponsel ataupun perangkat lain yang bisa terhubung dengan layanan perdagangan digital tersebut. Beberapa marketplace yang saat ini tengah populer adalah Shopee, Tokopedia, Bukalapak, Lazada, Blibli dan lainnya.

Baca juga: Cara Mudah Scan QR Code PeduliLindungi

Dengan bertambahnya kesenangan masyarakat dalam berbelanja secara online tentunya semakin banyak pula rintangan dan masalah yang terjadi. Beberapa orang terkadang malah memanfaatkan kesenangan ini untuk hal-hal yang tidak bertanggung jawab. Misalnya menipu ataupun semacamnya. Oleh karenanya dalam tulisan artikel ini, penulis akan memberikan tips-tips yang bisa kalian coba agar berbelanja online lebih aman dan tidak mudah tertipu.

Cara Aman Berbelanja Secara Online Saat ini

Sekarang ini banyak layanan perdagangan digital yang menawarkan pembelanjaan secara online. Baik berupa aplikasi maupun website terutama yang menawarkan harga secara tidak wajar. Beberapa langkah penting wajib kalian tahu dan pahami agar berbelanja menjadi semakin aman dan menyenangkan.

Belanja Melalui Aplikasi/Situs Terpercaya

Seperti halnya berbelanja melalui Shopee, Tokopedia, Bukalapak yang merupakan situs resmi terpercaya. Jangan sekali-sekali Anda berbelanja melalui situs yang tidak Anda kenal apalagi jika barang yang ditawarkan memiliki harga yang tidak wajar. Biasanya hal ini dapat dan banyak Penulis temukan melalui instagram. Banyak orang menawarkan barang melalui layanan ini dengan harga miring, tapi nyatanya setelah pembeli melakukan pembayaran, barang tersebut tidak dikirim oleh penjual.

Hindari WiFi Publik

Sebisa mungkin Anda untuk menghindari menggunakan WiFi Publik jika tengah melakukan transaksi finansial. Transaksi finansial artinya transaksi yang melibatkan uang. Seperti halnya membuka internet banking, mobile banking dan juga berbelanja secara online.

Hal dikhawatirkan ada penyusup yang tengah mengintai melalui jaringan WiFi publik tersebut. Sehingga akan membuat ketidakamanan data privasi yang ada pada perangkat Anda. Oleh karenanya lebih aman, Anda menggunakan jaringan seluler atau layanan Data untuk urusan ini.

Jangan Melakukan Pembayaran Langsung Ke Penjual

Beberapa penjual terkadang menyematkan rekening pribadi sebagai alat ketika pembeli akan melakukan pembayaran. Hal ini memiliki resiko yang cukup besar dari pada melakukan pembayaran pada layanan pihak ketiga. Seperti halnya membeli barang melalui Shopee, maka Anda seharusnya melakukan pembayaran ke rekening Shopee tersebut. Karena penjual hanya akan menerima pembayaran jika Anda telah mengonfirmasi bahwa barang telah diterima dengan baik.

Dengan begini maka uang Anda berada di tempat aman dan tidak akan pernah tertipu. Sekalipun nantinya penjual tidak mengirimkan pesanan Anda, maka Anda masih bisa mendapatkan dana Anda kembai.

Semoga bisa bermanfaat untuk Anda.

Panggilan Grup Di FaceTime

Cara Mudah Membuat Grup di FaceTime

Zack Kamil in How To
  ·   1 min read

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.