How To

Cara Mendongkrak Kinerja Laptop Agar Lebih Gesit: Ganti RAM atau SSD?

Kinerja laptop atau komputer selalu menjadi hal penting untuk diperhatikan. Pasalnya jika Anda memiliki Laptop/PC yang kinerjanya lelet alias lemot, maka akan...

Avatar Written by Zack Kamil · 1 min read > 10 views
Cara Meningkatkan Kinerja Laptop

Kinerja laptop atau komputer selalu menjadi hal penting untuk diperhatikan. Pasalnya jika Anda memiliki Laptop/PC yang kinerjanya lelet alias lemot, maka akan membuat Anda kurang nyaman apalagi jika Anda menggunakannya untuk bekerja.

Mendongkrak Kinerja Laptop
Mendongkrak Kinerja Laptop

Laptop menjadi bagian penting dalam dunia kerja maupun bisnis yang dapat membantu meringankan pekerjaan mereka. Tidak ada yang berbeda antara laptop dengan PC, hanya saja laptop merupakan PC atau komputer portable yang bisa untuk Anda bawa kemana saja. Jadi tidak harus selalu berdampingan dengan listrik untuk menggunakannya.

Namun begitu, kinerja laptop atau komputer menjadi masalah penting dalam dunia kerja. Banyak orang yang cepat bosan bekerja saat laptop mereka tidak sesuai dengan yang diharapkan. Oleh karenanya jika Anda memiliki Laptop atau Komputer yang kinerjanya lemot dan lelet, berikut ini penulis berikan langkah-langkah untuk mendongkraknya kembali menjadi lebih gesit. Hal ini sebagai cara untuk meminimalkan biaya dari pada Anda harus menggantinya dengan laptop baru.

Cara Mendongkrak Kinerja Laptop: Ganti RAM atau SSD?

Sebuah pertanyaan penting sering kita dengar terkait bagaimana mendongkrak kembali kinerja laptop yang mulai lelet dan lemot. Ada dua hal pokok yang sering membuat seseorang bimbang, yakni antara mengganti RAM atau SSD. Sebelum itu, mari Penulis ulas terkait dengan dua hal pokok penting tersebut.

RAM

RAM (Random Access Memory) merupakan tempat penyimpanan sementara yang isinya dapat diakses dalam waktu yang tetap, tidak peduli letak data tersebut dalam memori maupun acak. Artinya Anda dapat membuka sebuah file maupun aplikasi dengan cepat jika sebelumnya pernah Anda buka.

Fungsi RAM tersebut akan menyimpan sesuatu yang pernah Anda buka sebelumnya. RAM sendiri bersifat Volatile artinya membutuhkan aliran listrik. berbeda dengan media penyimpanan lainnya seperti flashdisk hardisk atau SD/DVD yang bersifat non-volatile. Jadi RAM Bekerja saat laptop atau komputer dalam keadaan hidup.

Hardisk (SSD)

Hardisk merupakan salah satu perangkat keras komputer yang menyediakan ruang penyimpanan yang digunakan untuk menyimpan atau membaca data pada komputer. Nah, dari sinilah kemudian yang menjadi hal penting terkait dengan kinerja komputer atau laptop tersebut.

Karena sifatnya menyimpan dan membaca, maka Hardisk yang memiliki kualitas baik akan membantu meningkatkan kinerja perangkat Anda. Maka dari itu penulis sarankan agar Anda lebih mendahulukan mengganti hardisk dengan jenis SSD (Solid State Draive) dari pada menambah kapasitas RAM.

Menambah RAM hanya memungkinkan Anda dapat membuka aplikasi secara bersamaan dengan cukup banyak. Namun dengan mengganti hardisk ke jenis SSD akan membantu mendongkrak kinerja perangkat Anda menjadi lebih gesit.

SSD merupakan jenis hardisk kekinian yang memiliki kecepatan baca dan tulis hingga 60x lebih cepat jika dibandingkan dengan hardisk biasa alias HDD. Namun begitu harganya juga bisa mencapai 2x lipat dari harga hardisk biasa.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.