How To

Cara Paling Mudah Mengatasi Laptop Not Charging (100% Berhasil)

Mengatasi Laptop Not Charging merupakan salah satu cara memperbaiki kerusakan dini pada baterai laptop. Banyak orang yang sedang bekerja dengan laptop tiba-tiba...

Avatar Written by Zack Kamil · 1 min read > 14 views
Mengatasi Laptop Not Charging

Mengatasi Laptop Not Charging merupakan salah satu cara memperbaiki kerusakan dini pada baterai laptop. Banyak orang yang sedang bekerja dengan laptop tiba-tiba dikagetkan dengan notifikasi Not Charging alias tidak bisa ngecas/mengisi daya.

Dalam hal ini, terdapat 2 kemungkinan terjadi pada laptop tersebut. Pertama, mulai terjadi kerusakan pada komponen baterai. Kedua, Adaptor charger yang terkadang rusak. Nah, langkah awal yang perlu dilakukan adalah dengan memperbaiki masalah yang terjadi pada baterai laptop. Caranya adalah dengan melakukan kalibrasi pada baterai laptop.

Mengatasi Laptop Not Charging
Mengatasi Laptop Not Charging

image source

Apa itu Kalibrasi?

Kalibrasi merupakan salah satu cara untuk mengatur ulang persentase baterai, agar menampilkan data yang lebih akurat atau bisa disebut sebagai reset status. Dengan melakukan kalibrasi, hal ini dipercaya bisa meningkatkan daya tahan dan usia baterai yang Anda gunakan.

Melakukan kalibrasi baterai laptop sebenarnya sama saja dengan melakukan kalibrasi baterai HP. Anda bisa menggunakan cara manual maupun bantuan perangkat lunak pihak ketiga. Hanya saja dalam prosesnya terdapat beberapa perbedaan, tapi dengan tujuan akhir yang sama. Nah, disini penulis akan memberikan langkah cara melakukan kalibrasi secara manual tanpa bantuan aplikasi pihak ketiga.

Cara Paling Mudah Mengatasi Laptop Not Charging (100% Berhasil)

  1. Pertama, Anda perlu mengatur Power Setting pada laptop. Caranya klik 2x pada logo baterai di pojok kanan bawah laptop, kemudian pilih power option.
  2. Selanjutnya pilih Change plan settings. Pastikan semua Anda atur pada Never semua. Mulai dari Turn off the display, Put the computer to sleep, dan lainnya.
  3. Jika sudah, klik pada Change advanced powers settings, pilih Baterai di area paling bawah.
  4. Disini Anda perlu mengatur pada opsi Critical battery action pilih Hibernate.

Cara Melakukan Proses Kalibrasi Baterai

  1. Silahkan cas laptop anda hingga 100%, kemudian lepas charger dan biarkan laptop menyala hingga laptop mati dengan sendirinya,
  2. Disini Anda perlu memastikan bahwa semua indikator yang ada sudah mati semua.
  3. Setelah mati, isi baterai hingga penuh kembali dalam kondisi laptop mati.
  4. Setelah penuh, silahkan gunakan lagi laptop tersebut seperti biasanya. Sampai disini proses kalibrasi selesai, dan masalah Not Charging tidak akan muncul lagi.

Selamat mencoba, semoga bermanfaat untuk anda.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.