How To

Ini Cara Mudah Mengaktifkan Limit Respons Pada Google Form

Google form merupakan salah satu fitur google yang berguna untuk membantu anda merencanakan acara, mengirim survei, bahkan memberikan ujian kepada siswa, atau...

Avatar Written by Zack Kamil · 1 min read > 488 views
Google Formulir

Google form merupakan salah satu fitur google yang berguna untuk membantu anda merencanakan acara, mengirim survei, bahkan memberikan ujian kepada siswa, atau mengumpulkan informasi yang mudah dengan cara cepat dan efisien.

Google Formulir
Google Formulir

Apalagi dalam suasana masa pandemi seperti sekarang ini, tentunya google form menjadi sebuah kebutuhan terutama bagi kamu yang berprofesi sebagai guru dalam sebuah sekolah ataupun dosen dalam sebuah kampus terutama dalam kebutuhan untuk memberikan kuis atau ujian online.

Membuat ujian ataupun kuis berbasis online menggunakan google form memang sudah menjadi keharusan yang wajib diketahui bahkan harus dipahami, terutama mengenai fitur-fiturnya dalam hal pelaksanaan ujian online yang sudah disediakan oleh google form, salah satunya adalah limit respons.

Apa itu Limit Respons?

Limit respons merupakan salah satu fitur dari google form yang berguna jika kamu akan melaksanakan ujian online ataupun kuis. Dengan mengaktifkan Limit Respons tersebut, nantinya para responden memiliki batas waktu terhadap pelaksanaan ujian ataupun kuis yang kamu laksanakan.

Nah, fitur ini tidak secara langsung muncul dalam google form seperti beberapa fitur yang sudah penulis bahas dalam artikel sebelumnya: Cara Membuat Kuesioner di Google Form. Ada langkah yang perlu kamu lakukan untuk mengaktifkan fitur Limit Respons ini dalam google form.

Langkah-Langkah Mengaktifkan Limit Respons dalam Google Form

#1 Login Google Form

Silahkan terlebih dahulu kamu login/masuk pada google form, atau buka pada form yang pernah kamu buat sebelumnya. Selanjutnya klik titik tiga vertikal di kanan atas, dan klik menu pengaya atau Add-on.

Add On Google Form
Add On Google Form

#2 Masuk pada Add-on

Maka akan muncul jendela popup baru berisikan berbagai pilihan pengaya atau Add-on, ketikkan di kolom pencarian “limit form” kemudian enter.

Ketikkan Limit Form
Ketikkan Limit Form

Maka kan muncul hasil pencarian, silahkan kamu pilih formLimiter lalu klik tombol Instal. Jika Add-on meminta perizinan pada akun gmail kamu, maka klik saja Izinkan.

Form Limiter
Form Limiter
Instal Form Limiter
Instal Form Limiter

Maka selanjutnya akan muncul sebuah panel sebelah kanan dengan icon formLimiter, seperti pada gambar ini.

Icon Form Limiter
Icon Form Limiter

Fitur dalam Add-on FormLimiter

Silahkan kamu buka dengan cara klik icon tersebut, pilih formLimiter — PROD => Set limit, maka akan muncul jendela formLimiter.

Jendela FormLimiter
Jendela FormLimiter

Kamu akan mendapatkan 2 fitur pada Limit Type:

#date and time

Date And Time Formlimiter
Date And Time Formlimiter

Pada fitur ini kamu bisa menentukan batas waktu responden untuk mengisi google form yang kamu buat, jikalau sudah lewat dari waktu yang sudah ditentukan maka akan muncul peringatan seperti yang ditulis pada kotak Message when submissions are closed”, kamu juga bisa merubah kalimat tersebut sesuai keinginan.

#number of form responses

Number Of Response
Number Of Response

Pada bagian ini kamu bisa membatasi jumlah responden yang masuk, jadi jika jumlah responden sudah kamu tentukan pada kotak Must be an integer, misalnya 30, 50 atau 100, maka jika sudah melewati batas jumlah tersebut, secara otomatis responden selanjutnya sudah tidak dapat mengakses lagi.

Nah, itulah cara kamu jika ingin mengaktifkan formLimiter pada google form, terutama untuk keperluan kamu dalam melaksanakan ujian atau kuis berbasis online.

The Most Recent Hits

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.