How To

5 Cara Mendapatkan WiFi Tanpa Penyedia Layanan Internet

Cara mendapatkan WiFi tanpa penyedia layanan internet atau lebih terkenalnya dengan Internet Service Provider (ISP) sangatlah mudah. Sekarang ini Anda tidak perlu...

Avatar Written by Zack Kamil · 2 min read > 11 views
Cara Mendapatkan WiFi Tanpa Terhubung Ke ISP

Cara mendapatkan WiFi tanpa penyedia layanan internet atau lebih terkenalnya dengan Internet Service Provider (ISP) sangatlah mudah. Sekarang ini Anda tidak perlu repot-repot untuk selalu terhubung dengan ISP jika hanya ingin mendapat sinyal WiFi untuk bisa berselancar dalam dunia maya.

Cara Mendapatkan WiFi Tanpa Terhubung Ke ISP
Cara Mendapatkan WiFi Tanpa Terhubung Ke ISP – source

Beberapa penyedia jasa layanan internet yang banyak pengguna gunakan adalah Indihome, Transvision, Biznet dan lainnya. Salah satu kekurangan dari ISP saat ini adalah tidak bisa tersedia secara merata ke semua daerah terutama daerah terpencil. Namun begitu, Anda tidak perlu khawatir, Anda tetap bisa terhubung ke internet melalui jaringan portable yang banyak saat ini.

Nah, berikut ini adalah beberapa cara untuk mendapatkan WiFi tanpa terhubung ke Penyedia Layanan Internet (ISP).

Cara Mendapatkan WiFi Tanpa Penyedia Layanan Internet

Hotspot Seluler

Cara terbaik untuk memastikan Anda memiliki internet pada laptop atau PC Anda setiap saat adalah dengan menggunakan hotspot seluler. Tentu saja, ada biaya awal jika Anda akan melakukannya. Anda setidaknya perlu membeli perangkat hotspot dan berlangganan paket internet seluler.

Hotspot umumnya bersifat pribadi maupun publik. Sifat kedua biasanya terletak di lokasi seperti hotel, kafe, perpustakaan, instansi, rumah sakit, taman, dan sebagainya. Namun Hotspot pribadi artinya bisa Anda bawa kemanapun Anda pergi sesuka hati tanpa perlu terikat ke penyedia layanan internet.

Portable WiFi Hotspot
Portable WiFi Hotspot – source

Tethering Smartphone atau Tablet

Jika Anda tidak memerlukan data seluler biasa dan hanya membutuhkan akses internet sesekali pada laptop Anda. Cara tercepat dan termudah untuk online adalah dengan menambatkan ponsel cerdas Anda. Menambatan ponsel cerdas atau tablet Anda memang memiliki kelemahan.

Anda sepenuhnya bergantung pada sinyal operator ponsel Anda. Tidak apa-apa jika Anda berada dalam situasi sinyal yang baik, maka Anda akan mendapatkan akses yang nyaman. Selain itu, jika Anda menggunakan Laptop / PC, biasanya kedua perangkat itu menggunakan lebih banyak data dari pada ponsel itu sendiri, yang berarti Anda bisa mendapat tagihan lebih banyak ke operator Anda.

Jika Anda memiliki perangkat Android, Anda dapat mengaktifkan tethering dengan menuju ke Settings => Network and Internet => Hotspot and Tethering => WiFi Hotspot, lalu geser sakelar pada sebelah Wi-Fi Hotspot ke posisi Nyala.

Tethering Ponsel Atau Tablet
Tethering Ponsel Atau Tablet – source

Mencari Wi-Fi Umum

Tergantung lokasi Anda berada saat Anda perlu mendapatkan internet tanpa penyedia, Anda mungkin dapat menggunakan jaringan WiFi publik terdekat. Misalnya, perpustakaan, kedai kopi, restoran, dan pusat transportasi sering kali memiliki jaringan yang dapat Anda ikuti.

Anda dapat menemukan WiFi gratis terdekat menggunakan aplikasi seperti WiFi Master Key pada Android dan WiFi Finder pada iOS.

Download: WiFi Master Key untuk Android (Gratis)
Download: WiFi Finder untuk iOS (Gratis)

Dongle USB WiFi

Dongle USB WiFi, alias, “stik internet”, adalah versi hotspot seluler dan WiFi sementara yang lebih murah dan lebih mudah Anda akses. Alih-alih berkomitmen pada paket internet seluler jangka panjang yang mahal, Anda dapat memasukkan kartu SIM 3G atau 4G standar dan menggunakan koneksi datanya.

Karena stik internet untuk laptop lebih ringan dan lebih kecil daripada hotspot seluler, stik internet lebih cocok untuk orang yang membutuhkan koneksi web saat bepergian. Pada sisi negatifnya, jangan berharap kekuatan sinyal, kecepatan WiFi, atau jangkauan sebagus menggunakan perangkat hotspot.

Sharing Internet Orang Lain

Ada kemungkinan bahwa orang lain berada dalam sebuah tempat yang sama dengan Anda mungkin memiliki koneksi internet pada perangkatnya. Misalnya, mungkin mereka memiliki kredensial masuk untuk jaringan pribadi terdekat, dan Anda tidak. Dalam kasus tersebut, Anda dapat berbagi bandwidth dengan menggunakan perangkat Windows atau macOS.

Untuk berbagi koneksi internet dari komputer Windows, buka Pengaturan => Jaringan dan Internet => Hotspot Seluler. Pilih koneksi yang ingin Anda bagikan dan geser sakelar ke posisi Nyala.

Jika Anda perlu berbagi koneksi internet dari perangkat macOS, buka Apple => Preferensi Sistem => Berbagi => Berbagi Internet. Pilih koneksi yang ingin Anda bagikan pada Bagikan koneksi Anda dari menu tarik-turun, lalu pilih cara Anda ingin berbagi internet dari daftar opsi di bawahnya.

Semoga bisa bermanfaat untuk Anda.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.