How To

Cara Menggunakan Focus Mode di iPhone iOS 15

Mode Jangan Ganggu default mendapat perubahan melalui pembaruan iOS 15 pada iPhone. Apple telah mengganti namanya sebagai Focus Mode dan ini lebih...

Avatar Written by Zack Kamil · 1 min read > 13 views
Focus Mode Pada IPhone

Mode Jangan Ganggu default mendapat perubahan melalui pembaruan iOS 15 pada iPhone. Apple telah mengganti namanya sebagai Focus Mode dan ini lebih dari sekadar perubahan nama. Mode fokus memungkinkan Anda untuk memilih dan membuat profil fokus yang berbeda berdasarkan kebutuhan dan preferensi Anda.

Focus Mode Pada IPhone
Focus Mode Pada IPhone

image source

Apa itu Focus Mode pada iPhone?

Seperti namanya, Focus menciptakan lingkungan bebas gangguan dari sekitar Anda dan menonaktifkan notifikasi yang tidak relevan dari aplikasi dan pengguna. Berdasarkan aktivitas dan preferensinya, Anda dapat menyesuaikan profil fokus dan memilih aplikasi dan kontak tertentu untuk mengirim pesan dan menerima pemberitahuan.

Ini seperti mode Jangan Ganggu pada Android. Dan untungnya, profil fokus tidak terbatas pada pilihan Apple saja. Anda dapat membuat profil fokus khusus untuk berbagai aktivitas seperti Menulis, Yoga, Lari, Mengemudi, dan lainnya.

Melalui Focus Mode ini, iOS akan memblokir notifikasi, mengubah layar beranda/layar kunci untuk menampilkan aplikasi yang diperlukan, dan menyinkronkan yang sama terhadap perangkat keras Apple lainnya menggunakan ID Apple yang sama.

Cara Menggunakan Mode Fokus pada iPhone

Mode fokus sebagai opsi yang dapat Anda akses melalui pengaturan Jangan Ganggu pada iPhone Anda. Selain itu, Anda juga dapat menggunakannya melalui Pusat Kontrol atau pergi ke Pengaturan => Fokus dan aktifkan profil fokus.

Secara default, Apple menawarkan lima profil fokus untuk bisa pengguna pilih. Mulai dari Jangan Ganggu, Mengemudi, Pribadi, Tidur, dan Bekerja.

Anda dapat memanfaatkan setiap profil fokus dan melihat aplikasi dan kontak mana yang tetap Anda izinkan untuk menghubungi Anda selama mode fokus Anda aktifkan.

Tak hanya itu saja, Apple juga menginginkan pengguna agar selalu dapat membuat profil fokus khusus berdasarkan skenario yang berbeda sesuai dengan keinginannya.

Cara Membuat Profil Fokus Kustom di iPhone

Sekali lagi, ada dua cara untuk membuat profil fokus khusus pada iPhone. Anda dapat membuka Pengaturan => Fokus dan memilih ikon + pada bagian atas atau menggunakan Pusat Kontrol.

  1. Buka Pusat Kontrol pada iPhone.
  2. Buat profil fokus baru.
  3. Sesuaikan profil fokus.
  4. Pilih orang yang ingin Anda izinkan untuk tetap bisa menerima notifikasi pada ponsel Anda.
  5. Kemudian pilih juga aplikasi yang ingin Anda izinkan untuk tetap menerima notifikasi.

Nah, sekarang Mode fokus kustom siap Anda gunakan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.