How To

Cara Mudah Menjadikan Ponsel Anda Sebagai Webcam

Pendemi membuat kehidupan mulai berubah, salah satunya bekerja dari jarak jauh atau dari rumah. Dengan bekerja di rumah menjadi tidak heran bahwa...

Avatar Written by Zack Kamil · 1 min read > 16 views
Menjadikan Ponsel Sebagai Webcam

Pendemi membuat kehidupan mulai berubah, salah satunya bekerja dari jarak jauh atau dari rumah. Dengan bekerja di rumah menjadi tidak heran bahwa Webcam berubah menjadi sebuah kebutuhan penting. Dahulu webcam hanya terpasang di laptop tapi jarang orang yang menggunakannya.

Saat ini kualitas Webcam yang bagus menjadi perhatian banyak orang. Tentu, kamera buram yang terpasang di laptop mungkin membuat Anda kurang nyaman. Akan tetapi bagaimana jika Anda membutuhkan kualitas gambar yang lebih tinggi dari itu?

Menjadikan Ponsel Sebagai Webcam
Menjadikan Ponsel Sebagai Webcam

Nah, disini penulis akan memberikan langkah membuat Webcam menjadi lebih bagus dengan menggunakan ponsel. Karena tidak bisa dipungkiri saat ini kamera ponsel sudah dipastikan memiliki kualitas kamera lebih bagus jika dibandingkan kamera Webcam bawaan laptop.

Di bawah ini Anda akan menemukan semua yang Anda butuhkan untuk menyambungkan dan melakukan panggilan dengan kualitas yang sangat bagus.

Perangkat yang Anda Perlukan

Pertama, Anda akan membutuhkan sesuatu untuk mengatur posisi ponsel Anda. Sebut saja dudukan tripod yang dapat menampung berbagai ukuran ponsel. Ada juga opsi yang tersedia bagi mereka yang mungkin menginginkan tripod minimalis yang dapat dilipat untuk sering bepergian atau bahkan kontrol Bluetooth.

Selanjutnya, Anda pasti ingin memastikan ponsel Anda terhubung ke sumber listrik saat melakukan perekaman. Biasanya saat menggunakan kamera dan streaming sangat menguras daya baterai perangkat.

Aplikasi yang sedang populer saat ini seperti Zoom, Microsoft Teams, dan Google Meet bisa dengan mudah kamu akses di iOS ataupun Android., Artinya jika Anda dilengkapi dengan headphone yang terhubung langsung atau melalui Bluetooth melalui ponsel, Anda cukup memasukkan panggilan melalui ponsel telepon, tanpa perlu terhubung ke komputer.

Cara Mudah Menjadikan Ponsel Anda Sebagai Webcam

Ada dua aplikasi utama yang penulis rekomendasikan saat menjadikan ponsel Anda sebagai webcam, yaitu EpocCam dan DroidCam. Keduanya memiliki kelebihan tergantung pada ponsel dan komputer apa yang akan Anda gunakan.

  1. Setelah kamu memastikan kedua device terkoneksi pada Wi-Fi yang sama, kamu tinggal menunggu hingga tampilan kameramu muncul di tampilan laptop.
  2. Selain menggunakan jaringan Wi-Fi, kamu juga bisa mengoneksikannya menggunakan kabel USB.
  3. Caranya pun cukup mudah, kamu cukup menyambungkan USB-mu pada laptop sambil membuka aplikasi EpocCam.
  4. Kemudian, tunggu hingga tampilan kamera smartphone-mu muncul di laptopmu.

Jika Anda menggunakan DroidCam: baca disini.

source: via

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.