Informasi

Fitur Pertama Android 12 Bocor di Internet, Hadirkan ‘Sesuatu Baru’ di Masa Mendatang

Nampaknya Google saat ini sedang giat mengembangkan sistem perangkat selulernya. Kabarnya Android 12 dalam beberapa minggu lagi akan mulai diperkenalkan. Namun, sudah...

Avatar Written by Zack Kamil · 1 min read > 5 views
Fitur Pertama Android 12 Bocor

Nampaknya Google saat ini sedang giat mengembangkan sistem perangkat selulernya. Kabarnya Android 12 dalam beberapa minggu lagi akan mulai diperkenalkan. Namun, sudah ada beberapa informasi mengenai sistem ini.

Menurut XDA-Developers, Google baru-baru ini mengirimkan perubahan kode ke proyek AOSP. Kode menunjukkan bahwa Google Android 12 akan hadir dengan fitur hibernasi aplikasi. Fitur ini sepertinya menargetkan pengoptimalan ruang penyimpanan agar lebih luas dan efisien.

Kode Hibernasi Aplikasi Pada Android 12
Kode Hibernasi Aplikasi Pada Android 12

Bagian dari kode tersebut bertuliskan “layanan sistem yang mengelola status hibernasi aplikasi, aplikasi status dapat masuk yang berarti aplikasi tersebut tidak sedang digunakan secara aktif dan dapat dioptimalkan untuk penyimpanan”.

Kemampuan Fitur Hibernasi Aplikasi di Android 12

Belum bisa dipastikan apakah fungsi ini akan secara otomatis menghibernasi aplikasi atau tidak. Menurut laporan, fungsi ini akan memampatkan aplikasi menjadi APK dan file sumber daya terkait untuk penyimpanan. Sehingga dapat meningkatkan ruang penyimpanan ponsel lebih luas.

Pada saat yang sama, ada laporan bahwa versi pratinjau pengembangan Android 12 pertama akan tersedia dalam waktu lebih dari sebulan. Karena ada banyak alat hibernasi aplikasi pihak ketiga saat ini di pasaran. Namun, sebagian besar alat ini memerlukan izin pengguna super Android.

Sistem Android 12 Dapat Diperbarui Melalui Play Store

Dengan popularitas Google Play Store, cukup mudah bagi pengguna Android untuk memperbarui aplikasi. Karena memperbarui aplikasi melalui Play Store secara teknis merupakan rutinitas bagi sebagian pengguna, rasanya memperbarui melalui Play Store bahkan lebih mudah daripada pembaruan OTA.

Nah, untuk Android 12 ini Google ingin memberi pengguna opsi yang lebih mudah untuk pembaruan sistemnya. Google meluncurkan “Project Mainline” untuk meningkatkan cara pembaruan Android. Di Android 12, pembaruan sistem operasi mungkin lebih mudah.

XDA’s luca020400, melihat bahwa Google mengonversi Android Runtime (juga dikenal sebagai ART) menjadi modul Mainline. Sehingga memungkinkan untuk mendorong pembaruan ke komponen sistem utama melalui Play Store. ART mengompilasi bytecode aplikasi Android ke dalam instruksi mesin asli.

Jika Google ingin mengubah cara Android 12 (dan versi yang akan datang) mengkompilasi kode, Google dapat menyesuaikannya kapan saja daripada mengandalkan pembaruan sistem operasi tradisional.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.