Informasi

Microsoft Edge Segera Tambahkan Fitur Pencarian Menggunakan Suara

Aplikasi pencarian suara pada Microsoft Edge perlahan menjadi bagian penting dari update Windows 10. Menurut laporan terbaru, Microsoft juga akan menghadirkan fitur...

Avatar Written by Zack Kamil · 1 min read > 7 views
Microsoft Edge Segera Tambahkan Fitur Pencarian Suara

Aplikasi pencarian suara pada Microsoft Edge perlahan menjadi bagian penting dari update Windows 10. Menurut laporan terbaru, Microsoft juga akan menghadirkan fitur pencarian suara ini ke browser miliknya.

Fitur ini muncul sebagai opsi “penelusuran suara” baru pada menu pencarian. Saat pengguna mengklik kanan, opsi ini akan muncul pada halaman beranda (halaman tab baru) dan Bing, serta pada setiap kolom URL.

Microsoft Edge Segera Tambahkan Fitur Pencarian Suara
Microsoft Edge Segera Tambahkan Fitur Pencarian Suara

image source

Dalam hal fungsi, membuka pencarian suara sangatlah mudah. Anda cukup mengklik opsi ini untuk membuka dikte Windows. Sedangkan untuk menutupnya, pengguna dapat mengetuk area mana saja pada layar atau menggunakan pintasan keyboard ESC.

Adapun cara kerjanya adalah saat pengguna mengklik tombol Start, maka akan muncul antarmuka dikte Windows terlebih dahulu. Setelah Windows 10 mendeteksi audio yang sudah Anda ucapkan, “Dengarkan…!”. Setelah selesai, Windows akan mengirimkan informasi ini ke Edge dan hasil pencarian Bing akan muncul pada Microsoft Edge.

Saat ini, pencarian suara hanya tersedia untuk pengguna Microsoft Edge pada saluran Canary dan akan segera rilis untuk semua pengguna Windows 10 pada akhir tahun 2021 nanti. Opsi pencarian suara tidak dapat terhapus dari menu konteks karena Microsoft saat ini tidak mengizinkan pengguna untuk menyesuaikan menu.

Seperti yang bisa kita lihat dari gambar di atas, Microsoft juga menguji opsi pencarian suara dari halaman tab baru, dan ini didasarkan pada metode yang sama.

Microsoft Edge Akan Blokir Pemutaran Video Secara Otomatis

Microsoft Edge juga akan mendapatkan fitur baru yang secara otomatis mencegah pemutaran otomatis video melalui browsernya. Video yang berputar secara otomatis ini biasanya menghabiskan lebih banyak data dan daya. Pengaturan untuk menonaktifkan video putar otomatis ini hadir dalam sebuah peningkatan yang cukup penting pada sebagian pengguna.

Selain itu, ia juga memiliki menu konteks mini baru dan pengelola unduhan baru. Pengguna dapat mengakses fitur ini dari toolbar. Dengan pengelola unduhan baru, pengguna dapat memulai, menjeda, melanjutkan, dan menghentikan unduhan langsung dari toolbar.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.