How To

YouTube Luncurkan Video Chapter Ke Lebih Banyak Perangkat

YouTube mulai memperluas Video Chapter agar dapat bisa mendukung ke semua perangkat. Hal ini untuk membantu mempermudah pengguna terutama ketika menonton video...

Written by Zack Kamil · 1 min read > 4 views
Video Chapter YouTube

YouTube mulai memperluas Video Chapter agar dapat bisa mendukung ke semua perangkat. Hal ini untuk membantu mempermudah pengguna terutama ketika menonton video dengan durasi yang cukup panjang. Ini merupakan cara YouTube untuk membuat tontonan video pada platformnya lebih mudah dan disukai pengguna.

Youtube Tampilkan Video Chapter Ke Banyak Perangkat
Youtube Tampilkan Video Chapter Ke Banyak Perangkat

Apa Itu YouTube Chapter?

YouTube Chapter atau Video Chapter bisa juga Anda sebut sebagai Bab memecah video YouTube Anda menjadi beberapa bagian. Masing-masing video bab tersebut memiliki pratinjau individual. Bab-bab ini dapat membantu Anda yang akan menonton dengan memberikan lebih banyak info dan konteks. Sehingga mereka yang akan menonton ulang bagian yang berbeda dari video menjadi lebih mudah.

Bab Video tersebut akan muncul secara otomatis berdasarkan stempel waktu yang Anda masukkan dalam deskripsi video. Dan ini akan tampil pada bilah kemajuan video (alias “bilah scrubber video“) tepatnya pada bagian bawah video Anda. Selain itu, bab YouTube dapat membantu video Anda tampil sebagai Klip yang sangat populer dalam pencarian Google.

Klip yang Disarankan (alias Cuplikan Unggulan Video) muncul pada bagian atas SERP untuk istilah pencarian How-To dengan maksud pengguna visual. Tidak seperti hasil penelusuran video lainnya pada Google, Klip yang Disarankan melompat ke titik tertentu dalam video tempat jawaban atas kueri penelusuran muncul.

YouTube Luncurkan Video Chapter Ke Lebih Banyak Perangkat

YouTube mengatakan dalam tweet pada hari Selasa (melalui Android Police), “kami meluncurkan bab video pada Smart TV dan konsol game yang lebih baru untuk memudahkan Anda melompat ke momen yang paling Anda minati!” Sebelumnya, bab hanya muncul pada aplikasi seluler dan situs web desktop saja. YouTube tidak menentukan platform smart TV dan konsol mana yang menerima dukungan bab, akan tetapi sebagian besar aplikasi YouTube TV berbagi basis kode yang sama, sehingga dapat muncul untuk perangkat apapun yang mendukung Youtube.

YouTube pertama kali menambahkan dukungan untuk bab video tahun lalu, yang menggunakan informasi stempel waktu dari deskripsi video untuk menampilkan pemilih bab. Kemudian pada tahun 2020, YouTube mulai menguji penanda bab yang berdasarkan AI untuk video tersebut. Beberapa pemutar YouTube tidak resmi juga telah menerapkan dukungan untuk fungsi tersebut. Seperti halnya NewPipe yang menambahkan menu bab untuk video pada bulan Februari tahun ini.

Selain itu, baru-baru ini YouTube juga mengumumkan bulan lalu bahwa mereka akan menyembunyikan jumlah ketidaksukaan publik pada video yang pengguna upload.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.