How To

Cara Mematikan Google Assistant di Android, Chromebook, dan Lainnya

Mematikan Google Assistant merupakan langkah besar yang Anda lakukan pada ponsel pintar Anda. Sejatinya Google Assistant hadir sebagai asisten digital untuk membantu...

Avatar Written by Zack Kamil · 2 min read > 6 views
Cara Mudah Mematikan Google Assistant

Mematikan Google Assistant merupakan langkah besar yang Anda lakukan pada ponsel pintar Anda. Sejatinya Google Assistant hadir sebagai asisten digital untuk membantu aktifitas Anda sehari-hari yang berkaitan dengan perangkat pintar. Misalnya Ponsel Android, Smart Home maupun Chromebook Anda.

Cara Mudah Mematikan Google Assistant
Cara Mudah Mematikan Google Assistant

image source

Memiliki asisten digital memiliki banyak manfaat yang harusnya Anda ketahui dan bisa membantu aktifitas Anda. Hanya saja sebagian orang belum bisa sepenuhnya memanfaatkannya dengan baik dalam kehidupan sehari-harinya. Sehingga malah muncul beberapa hal yang banyak pengguna inginkan adalah mematikannya karena merasa terganggu terutama ketika tiba-tiba terbuka secara otomatis tanpa sengaja.

Kehadiran asisten digital dapat membantu beberapa hal yang biasanya Anda lakukan pada ponsel Anda. Misalnya saat akan menonton video Youtube, Anda tidak perlu menyentuh ponsel untuk membukanya. Cukup katakan pada Asisten Digital Anda untuk membuka aplikasi yang Anda inginkan. Namun begitu, Google ternyata memberikan beberapa langkah yang bisa Anda lakukan jika benar ingin mematikan Google Assistant. Nah, dalam artikel ini penulis akan memberikan cara untuk mematikannya pada Android, Chromebook, dan bahkan speaker pintar.

Cara Mematikan Google Assistant Pada Android

Asisten yang terpasang pada setiap ponsel Android dan hanya dengan menggesek atau mengetuk untuk membukanya. Manfaatnya adalah memiliki Google satu ketukan cukup banyak, tetapi jika karena alasan apa pun Anda tidak menginginkan Asisten Google pada ponsel Anda, maka Anda memang perlu untuk mematikannya. Adapun langkah-langkahnya adalah:

  1. Buka pengaturan Google pada ponsel Anda
  2. Pilih perangkat Anda jika Anda memiliki lebih dari satu perangkat yang terhubung
  3. Selanjutnya pilih Google Assistant, lalu matikan dengan menggeser slider.

Anda harus membuka pengaturan Asisten Google Anda. Ada beberapa cara untuk melakukan ini. Akan tetapi ini adalah salah satu yang akan berfungsi pada ponsel Android apa pun. Buka umpan Pembaruan Asisten. Ini dapat Anda akses melalui tombol pada sisi kiri mikrofon saat Anda memicu Asisten. Dari sana, ketuk ikon profil Anda dan geser ke tab Asisten.

Pada halaman ini, Anda akan melihat daftar setiap perangkat yang kompatibel dengan Asisten Google yang tertaut ke akun Google Anda. Dari sana juga , klik “Nama Telepon Anda.” Kemudian, Anda akan melihat sakelar pada bagian atas layar yang, ketika dibalik, akan mematikan dan menonaktifkan Asisten Google pada perangkat Anda.

Cara Menonaktifkan Google Assistannt Pada Chromebook

Dalam beberapa tahun terakhir, Google telah mulai meluncurkan Google Assistant secara luas ke Chromebook baru maupun yang lebih lama. Sama seperti pada ponsel, Asisten digital ini terbukti sangat berguna. Namun, jika Anda tidak ingin menggunakan Asisten karena alasan apa pun, Google membuatnya cukup mudah untuk menonaktifkannya.

Pada Chromebook Anda, buka aplikasi Setelan. Kemudian, lihat ke bawah sidebar dan temukan “Search and Assistant.” Lalu Anda buka bagian untuk Assistant. Pada bagian bawah menu itu, Anda dapat menekan satu sakelar untuk mematikan Asisten sepenuhnya pada perangkat tersebut.

Cara Menonaktifkan Google Assistant Pada Speaker Pintar Google

Ingin menonaktifkan Google Assistant pada smart speaker? Perlu Anda ketahui, Speaker Asisten Google dapat Anda gunakan untuk lebih dari sekadar perintah “Hai Google”. Mereka juga dapat Anda gunakan untuk Chromecast atau bahkan hanya sebagai speaker Bluetooth.

Menonaktifkan Google Assistant pada speaker pintar, sebenarnya bukan sakelar. Ada dua cara untuk melakukannya. Pertama, Anda cukup membalik tombol mute pada speaker. Pada Google Home Mini, itu terletak pada dekat port pengisian daya. Ini secara teknis tidak akan memotong Asisten sepenuhnya, tetapi tidak akan dapat mendengar perintah Anda.

Pilihan lainnya adalah membiarkan speaker Anda terputus dari internet. Anda tidak perlu memiliki koneksi internet untuk menggunakan fungsi speaker Bluetooth, hanya untuk semua fitur pintar. Maka dengan begitu, Asisten digital tersebut secara otomatis tidak akan berfungsi alias mati.

Semoga bisa bermanfaat untuk Anda.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.