Inilah 5 Tips dan Trik Google Assistant yang Wajib Anda Ketahui!

Dengan jumlah pengguna aktif yang lebih dari 500 juta, Google Assistant mungkin adalah satu-satunya asisten virtual yang paling populer. Hal ini ketimbang asisten virtual milik Apple yang bernama Siri. Sementara itu, Google telah menambahkan banyak fitur dan kemampuan unik yang membuat pengguna lebih nyaman dengan Asistennya selama beberapa tahun terakhir. Dan selain itu juga, banyak fitur yang tersembunyi dari Google Assistant yang tidak pengguna ketahui.

Tips Dan Trik Google Assistant
Tips Dan Trik Google Assistant

image source

Untuk itu, berikut ini adalah beberapa tips dan trik yang akan membantu Anda memaksimalkan penggunaan Google Assistant pada ponsel Anda.

Inilah 5 Tips dan Trik Google Assistant yang Wajib Anda Ketahui!

Akses Daftar Belanja

Asisten menyertakan daftar belanja praktis yang dapat Anda bagikan dengan seluruh keluarga Anda. Menyerahkan daftar belanja Anda ke asisten hands-free juga bisa sangat berguna saat Anda berada dalam dapur dan tangan Anda sudah sibuk.

Baik Anda memiliki ponsel atau speaker pintar yang berada dekat Anda, panggil Asisten Google dan ucapkan “tambahkan susu dan telur ke daftar belanja saya” atau “hapus kopi dari daftar belanja”.

Bagian terbaik tentang fitur ini adalah daftar belanja juga akan disinkronkan secara otomatis ke akun Google Anda. Ini berarti Anda dapat mengaksesnya kapan saja dengan mengunjungi halaman Daftar Belanja melalui Google, bahkan saat Anda menggunakan desktop sekalipun.

Untuk membagikan daftar tersebut dengan keluarga Anda atau anggota keluarga lainnya, klik tautan yang bertuliskan, “tambahkan kolaborator”.

Menjadwalkan Smart Home Anda dengan Perintah Berjangka Waktu

Google menawarkan banyak cara untuk menghidupkan dan mematikan perangkat pintar Anda. Misalnya mulai dari pintasan menu daya Android hingga rutinitas khusus. Namun, jika Anda ingin mengatur waktu atau menjadwalkan operasinya, pertimbangkan untuk menggunakan Asisten.

Cukup beri tahu Asisten untuk “menyalakan lampu ruang tamu dalam 15 menit” atau “mematikan AC saat matahari terbenam”. Anda dapat mengambil satu langkah lebih jauh dengan menyalakan atau mematikan perangkat untuk jangka waktu tertentu. Misalnya, katakan “nyalakan pemanas selama 30 menit” dan lihat pemanas menyala tepat setengah jam.

Jika Anda memiliki speaker atau layar pintar, Anda juga dapat menggunakan perintah yang sama untuk mengatur waktu tindakan lain, termasuk suara tidur. Coba “Ok Google, putar white noise selama tiga puluh menit” untuk mencegah suara berbunyi sepanjang malam.

Mengajukan Pertanyaan Berdasarkan Konteks Layar Anda

Salah satu fitur menarik dan keren dari Asisten adalah kemampuannya untuk menafsirkan konteks berdasarkan konten layar Anda. Jika Anda pernah menemukan tweet atau percakapan yang memerlukan informasi tambahan, cukup buka Asisten dan ajukan pertanyaan.

Berikut ini contohnya: Saya meminta informasi harga kepada Asisten Google tanpa menentukan produk. Meskipun demikian, ia berhasil menyimpulkan bahwa Anda sedang berbicara tentang smartphone tertentu pada latar belakang dan bahkan membawa Anda ke pencarian harga yang sesuai untuk produk tersebut.

Mengaktifkan Rutinitas Harian

Rutinitas menawarkan cara cepat dan mudah untuk menjalankan beberapa perintah Asisten Google sekaligus. Meskipun Anda biasanya mengaktifkan rutinitas dari perintah suara atau pada waktu tertentu setiap hari, Anda juga dapat memicunya pada bagian samping alarm Anda.

Tergantung pada ponsel cerdas Anda, Anda mungkin harus mengunduh aplikasi Jam dari Google dari Play Store. Dengan asumsi Anda sudah menginstal aplikasi, buat alarm baru dan ketuk tombol “Google Assistant Routine +”.

Layar berikut akan meminta Anda untuk mengatur rutinitas. Selain perintah biasa seperti membacakan kalender dan kondisi cuaca saat ini, Anda juga dapat mengonfigurasi Asisten untuk mengontrol perangkat rumah pintar Anda.

Sebagai contoh, Anda dapat menjadwalkan tindakan khusus setelah alarm berbunyi dengan menambahkan perintah berikut: “Nyalakan pembuat kopi setelah lima menit.”

Baca Halaman Web

Suka membaca berita tetapi tidak suka melihat kekacauan visual dan gangguan lain pada internet? Asisten dapat membacakan hampir semua artikel yang ada di internet. Baik itu dari publikasi blog besar atau blog kecil-kecilan.

Untuk mengaktifkan fitur ini, buka artikel (seperti ini) pada browser web. Kemudian, buka Asisten dan ucapkan “baca artikel ini” atau “baca halaman ini”.

Semoga tulisan ini bisa bermanfaat untuk Anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *