How To

Kelebihan Google Authenticator (2FA) yang Harus Anda Ketahui

Apakah anda mengetahui Kelebihan Google Authenticator? mungkin salah satu diantara kalian ada yang sudah mengetahui dan ada juga yang belum mengetahuinya. Untuk...

Avatar Written by Selvi Nurin Ramadhani · 1 min read > 7 views
Kelebihan Google Authenticator 2FA Yang Harus Anda Ketahui

Apakah anda mengetahui Kelebihan Google Authenticator? mungkin salah satu diantara kalian ada yang sudah mengetahui dan ada juga yang belum mengetahuinya.

Kelebihan Google Authenticator 2FA Yang Harus Anda Ketahui
Kelebihan Google Authenticator 2FA Yang Harus Anda Ketahui

Untuk lebih jelasnya, yuk simak pembahasan dari kami berikut ini.

Apa Itu Google Authenticator?

Google Authenticator/Otentikasi dua faktor (2FA) merupakan salah satu cara terbaik dan termudah untuk menjaga keamanan akun Anda. Google Authenticator bekerja dengan mengeluarkan kode otentikasi pada smartphone Anda ketika seseorang mencoba masuk dan berusaha mengakses akun pribadi Anda.

Otomatis jika seseorang tersebut tidak memiliki kode, dia tidak akan bisa masuk. Dengan menggunakan Aplikasi 2FA seperti Google Authenticator, Anda dapat mencegah seseorang mengakses data pribadi milik Anda dengan mendapatkan kata sandi Anda.

Karena otentifikasi dua faktor (2FA) menggunakan kunci khusus pada smartphone Anda, jika Anda kehilangan atau merusak smartphone Anda, Anda tidak mudah menginstal ulang aplikasi pada smartphone baru yang Anda miliki dan melanjutkan dari sana. Anda perlu mentransfer kode kunci untuk telepon itu serta aplikasi itu sendiri.

Dengan menggunakan smartphone pribadi Anda dengan cara memindai kode QR yang terbuat oleh aplikasi pada perangkat yang terpisah. Selain itu, ada hal yang dapat Anda lakukan dengan memasukkan kode kunci sederhana. Proses ini sebenarnya relatif mudah, tetapi jika pengguna harus memindahkan aplikasi ke smartphone baru.

Langkah-langkah Mengakses Google Authenticator:

#1. Download Aplikasi Google Authenticator pada Google Play store/Apple App Store melalui smartphone Anda.
#2. Siapkan verifikasi dua langkah di akun Google Anda.

Setelah selesai download, Anda bisa masuk ke akun Google dan pilih “Security and Sign-In”. Pilih “Two-Step Verification”, lalu scroll ke bawah untuk memilih opsi “Authenticator app”.

#3. Pilih Jenis smartphone Anda, Android atau iPhone.
#4. Lalu buka Aplikasi Google Authenticator pada smartphone Anda.

Pada bagian bawah layar smartphone, muncul 2 opsi yakni “Scan barcode” dan “Manual Entry”. Pilih lah salah satu opsi yang diberikan.
Untuk pilihan “Scan barcode”, berarti Anda harus mengunduh pemindai QR code dari PlayStore/AppStore dan mengarahkan smartphone ke QR kode pada layar komputer Anda untuk memverifikasi koneksi Google Authentiator dengan akun Anda. Sedangkan untuk opsi “Manual Entry” yaitu Google akan mengirimi Anda kode 16 digit ke alamat email. Masukan kode itu untuk menyelesaikan proses verifikasi.

#5. Selanjutnya aktifkan menjadi “Time Based”.

Untuk memastikan kode yang Anda masukkan selaras dengan pembuatan kode sandi terbaru Authenticator.

#6. Proteksi Keamanan Sudah Selesai.

Setelah kode yang Anda masukkan selaras, setiap kali anda akan masuk melaui akun yang sudah terhubung dengan Google Authenticator, maka akun tersebut akan meminta penggunanya untuk memasukkan kode verifikasi 6 digit.

Kegunaan Google Authenticator: Anda bisa melakukan Verifikasi 2 Langkah Akun Google. Khususnya pada akun gmail yang merupakan fitur tambahan keamanan yang sudah banyak orang gunakan saat ini. Agar akun gmail anda terlindungi. Anda bisa mengetahui Cara Mengatur Otentikasi Dua Faktor Pada Perangkat Fitbit yang anda miliki.

Kelebihan Google Authenticator yang harus Anda ketahui:

  1. Mudah Anda gunakan.
  2. Instant dan Praktis
  3. Otentikasi antirepot
  4. Fleksibel.

Itulah penjelasan mengenai seputar Google Authenticator yang harus Anda ketahui. Agar keamanan semua data pribadi Anda terlindungi dengan opsi terbaik menggunakan Google Authenticator (2FA).

Semoga Bermanfaat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.