How To

Tips Sederhana Membuat Ponsel Android Anda Makin Ngebut

Membuat ponsel Android menjadi lebih ngebut merupakan dambaan semua orang. Pasalnya memiliki ponsel yang kinerjanya kurang memuaskan alias lemot akan membuat Anda...

Avatar Written by Zack Kamil · 1 min read > 16 views
Dongkrak Kinerja Ponsel

Membuat ponsel Android menjadi lebih ngebut merupakan dambaan semua orang. Pasalnya memiliki ponsel yang kinerjanya kurang memuaskan alias lemot akan membuat Anda kecewa dan bahkan cenderung membuat emosi. Jika Anda sebagai salah satu pengguna yang mengalami masalah ini, Anda akan segera menemukan solusinya disini.

Cara Membuat Ponsel Lebih Ngebut
Cara Membuat Ponsel Lebih Ngebut

Kinerja ponsel yang baik tentunya dapat membuat aktifitas menjadi lebih nyaman dan lancar. Hal ini terutama berlaku bagi Anda yang memiliki ponsel lebih lama. Dengan RAM yang terbatas tentunya Anda harus pintar dalam memajemen ponsel agar tidak membuat kinerja ponsel Anda turun. Oleh karenanya, ada beberapa langkah penting yang bisa Anda lakukan untuk membuat kinerja ponsel jadi makin ngebut meski ponsel Anda tergolong ponsel lama atau ponsel entry-level.

Cara Sederhana Membuat Ponsel Android Anda Makin Ngebut

Gunakan Aplikasi Ringan

Anda bisa memanfaatkan aplikasi yang ringan-ringan pada Google Play Store. Biasanya aplikasi yang ringat memiliki nama “Lite” pada bagian belakang nama aplikasi. Seperti halnya Facebook Lite, Google Chrome Lite, Youtube Go, dan lainnya.

Aplikasi ini sengaja Google hadirkan pada Google Play Store terutama untuk ponsel yang memiliki RAM dan penyimpanan internal terbatas. Dengan demikian, Anda tidak perlu lagi khawatir kehabisan space karena aplikasi tersebut memiliki ukuran yang sangat kecil dibandingkan versi umumnya.

Hapus Aplikasi yang Tidak Digunakan

Jangan terlalu banyak menumpuk aplikasi namun tidak Anda gunakan. Aplikasi yang Anda instal sekalipun tidak Anda buka, akan tetap menggunakan space penyimpanan internal ponsel. Sudah tentu tahu bahwa penyimpanan internal yang semakin kecil akan menghambat kinerja ponsel Anda.

Oleh karenanya, minimalkan aplikasi yang jarang atau bahkan tidak Anda gunakan sama sekali untuk Anda hapus. Hal ini untuk mengosongkan ruang penyimpana ponsel Anda. Dengan begitu kinerja ponsel akan lebih nyaman dan ngebut lagi.

Instal Pembaruan

Jika Anda mendapatkan pembaruan sistem pada ponsel Anda, segeralah menginstalnya. Karena pembaruan tersebut biasanya datang untuk memperbaiki masalah atau bug sistem yang ada. Bisa saja ponsel Anda turun kinerja karena sistem operasi yang tidak stabil. Oleh karenanya segera instal pembaruan yang datang pada ponsel Anda.

Live Wallpaper

Jangan sekali-kali Anda menggunakan Live Wallpaper (Wallpaper bergerak) karena akan membuat ponsel Anda makin lambat. Kecuali ponsel Anda memiliki RAM yang cukup besar untuk menjalankan live wallpaper pada latar belakang ponsel.

Launcher

Sabagai salah satu upaya meringankan beban ponsel, maka tidak disarankan bagi Anda untuk menggunakan Launcher. Anda setidaknya harus menggunakan launcher bawaan ponsel Anda. Karena jika Anda menjalankan Launcher tambahan yang Anda download melalui Google Play Store, maka akan memakan banyak RAM ponsel Anda.

Semoga bisa bermanfaat untuk Anda.

The Most Recent Hits

Panggilan Grup Di FaceTime

Cara Mudah Membuat Grup di FaceTime

Zack Kamil in How To
  ·   1 min read

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.