How To

Apple Pamer Fitur Keren iOS 15 yang Membuat Pengguna Lebih Nyaman

Banyak pengguna yang masih belum tahu sepenuhnya tentang fitur keren yang ada pada iOS 15. Sejak Apple memperkenalkannya dulu, Perusahaan sudah mulai...

Avatar Written by Zack Kamil · 2 min read > 4 views
Fitur IOS 15 Yang Wajib Pengguna Ketahui

Banyak pengguna yang masih belum tahu sepenuhnya tentang fitur keren yang ada pada iOS 15. Sejak Apple memperkenalkannya dulu, Perusahaan sudah mulai menggoda dengan sederet fitur-fitur yang membuat pengguna lebih nyaman dengan perangkat iPhone mereka.

Fitur IOS 15 Yang Wajib Pengguna Ketahui
Fitur IOS 15 Yang Wajib Pengguna Ketahui – source

Apple menjanjikan pembaruan besar dalam iOS 15 pada bulan September mendatang. Hal ini juga bertepatan dengan rilisnya iPhone 13 yang sudah sangat ditunggu-tunggu. Pada iOS 15, Apple mulai memberikan izin pengguna untuk mengatur preferensi notifikasi yang berbeda. Pengguna juga dapat memilih apakah ponsel mau mengeluarkan suara atau tidak, tergantung pada user status. User status ini bisa pengguna pilih dari menu baru, yang akan mencakup beberapa opsi seperti mengemudi, bekerja, tidur, serta kategori khusus. Menu ini nantinya akan tampil pada Lock Screen baru di Control Center.

Lantas, Apa saja fitur keren yang tersimpan pada iOS 15 tersebut. Berikut ini ulasannya.

Fitur-Fitur Keren dari iOS 15 yang Wajib Pengguna Ketahui

FaceTime

Apple menghadirkan banyak pembaruan pada aplikasi video telekonferensinya. Pertama tampilan saat melakukan panggilan video grup melalui FaceTime. Kini tampilan tersebut membentuk grid, dengan orang berbicara berada pada bagian paling atas.

FaceTime adalah salah satu aplikasi utama yang memiliki banyak manfaat terutama untuk bertatap muka secara virtual dari Apple yang ada pada iOS 15. Sekarang ini, pengguna akan dapat bergabung dalam percakapan dengan teman pengguna Android dan Windows, dan banyak lagi. Ini semua yang baru dari FaceTime.

Dengan iOS 15, FaceTime akan menerima audio Spasial. Bahkan, teknologi ini mendapat banyak perhatian dari Apple. Dengan Apple Music, misalnya, perusahaan lebih fokus pada Dolby Atmos dengan audio Spasial daripada kualitas audio Lossless.

Dengan Audio Spasial pada FaceTime, Apple mengatakan itu menciptakan “bidang suara yang membantu percakapan mengalir semudah mereka bertatap muka.” Sayangnya, fitur ini hanya tersedia pada iPhone dengan A12 Bionic atau lebih baru, yakni pada iPhone XR/XS atau lebih baru.

iMessage Baru

Aplikasi perpesanan iMessage di iOS 15 menampilkan cara baru untuk berbagi konten seperti gambar, musik, podcast, artikel Apple News, dan banyak lagi.

Tidak banyak yang berubah secara visual dalam keseluruhan tata letak aplikasi. Itu masih terlihat seperti platform iMessage yang andal dan sangat populer sejak dulu. Satu perubahan kecil adalah penambahan ikon kamera baru pada sudut kanan atas yang memungkinkan Anda memulai video dengan cepat atau menjalankan panggilan audio FaceTime.

Perubahan lainnya terletak pada widget iMessage Foto. Sakarang dapat Anda akses dari baki aplikasi, ubin foto tidak lagi berada pada kotak dengan batas besar. Mereka sekarang meluas sampai ke tepi layar, memanfaatkan antarmuka ponsel Anda sepenuhnya.

Focus Mode

Fitur ini sengaja Apple hadirkan untuk membantu pengguna tetap fokus saat melakukan tugas lain. Dengan Apple menambahkan banyak fitur ini, untuk meminimalkan jumlah gangguan yang bisa terjadi kapanpun saat bersama ponsel Anda.

Fokus adalah fitur baru yang memfilter notifikasi dan aplikasi berdasarkan apa yang ingin menjadi fokus pengguna. Kamu dapat mengatur daftar aplikasi atau orang yang dapat menghubungi saat mode Fokus sedang dalam kondisi aktif.

iOS 15 juga bisa menggunakan on-device intelligence untuk membantu menentukan daftar tersebut dan tidak mengakses data pengguna demi keamanan privasi.

Live Text

Dalam upaya untuk membantu pengguna menangani sejumlah besar informasi tertulis, Apple menghadirkan Live Text. Ini adalah fitur pengenalan karakter optik otomatis dari aplikasi Kamera. Fitur ini serupa dengan Google Lens yang terlebih dahulu Google perkenalkan melalui ponsel Android.

Live Text memungkinkan pengguna untuk mengenali teks pada foto. Misalnya, mencari lokasi dengan Apple Maps dari teks tulisan tangan pada secarik kertas, atau mengambil nomor handphone pada papan iklan untuk langsung membuat panggilan.

Itulah 4 fitur utama dan menarik yang dapat Anda temukan pada iOS 15.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.