Informasi

Keren! Android 12 akan Membawa Fitur Split-Secreen Baru, Seperti Apa?

Google saat ini terus membawa banyak inovasi menarik untuk Android 12 yang akan datang, yakni fitur split-screen baru. Beberapa fitur baru lainnya...

Avatar Written by Zack Kamil · 1 min read > 2 views
Fitur Split Screen Android 12

Google saat ini terus membawa banyak inovasi menarik untuk Android 12 yang akan datang, yakni fitur split-screen baru. Beberapa fitur baru lainnya mulai dari mentransfer kata sandi Wi-Fi, mode jaringan terbatas dan mode hibernasi aplikasi. Kini beberapa pengembang telah menemukan fitur split-screen yang akan menyenangkan pemilik smartphone dengan layar besar.

Pada fitur split-screen baru Android 12 ini, Anda dapat menampilkan dua aplikasi sekaligus atau bahkan lebih dan menggunakannya secara bersamaan. Hal ini tentunya sangat berguna pada ponsel dengan layar yang cukup besar.

Fitur Split Screen Android 12
Fitur Split Screen Android 12

image source

Android 12 akan Membawa Fitur Split-Secreen Baru

Untuk menggunakan beberapa aplikasi secara bersamaan, Anda perlu membuka salah satunya, lalu mengaktifkan fitur split-screen untuk aplikasi ini menggunakan tampilan aplikasi terbaru dan pilih aplikasi kedua. Namun cara ini seringkali kurang cocok pada beberapa pabrikan smartphone seperti Samsung, LG dan Microsoft yang menawarkan fitur split screen secara khusus.

Seperti yang dilansir dari 9to5Google, Google sedang menyiapkan fitur split-screen baru yang berbeda dari sebelumnya. Fitur tersebut bernama App Pairs (Pairs of application). Saat menelusuri aplikasi terbaru, App Pairs memungkinkan Anda memperlakukan sepasang aplikasi sebagai satu tugas.

Dengan demikian, pengguna dapat menggunakan dua aplikasi secara bersamaan. Kemudian dapat dengan mudah meluncurkan atau mengembalikannya setelah menggunakannya. Untuk mengilustrasikannya, 9to5Google membuat mockup tentang tampilan fitur tersebut.

Mockup Fitur Split Screen Baru Android 12
Mockup Fitur Split Screen Baru Android 12

Android 12 Dapat Memblokir Aplikasi Agar Tidak Bisa Mengakses Internet

Kali ini, penggemar dari komunitas pengembang seluler XDA Developers telah menemukan salah satu fitur pembaruan masa depan dengan menggali kode AOSP (Android Open Source Project). Fitur tersebut adalah mode jaringan terbatas.

Menariknya, dalam postingan yang mendeskripsikan inovasi tersebut, beberapa penggemar malah merasa kurang nyaman. Dikarenakan dalam fitur tersebut tidak menambahkan firewall tingkat sistem yang dapat disesuaikan dengan keinginan pengguna.

Namun, sepertinya mode ini mungkin berguna untuk Anda. Jika Anda mengaktifkannya, maka hanya aplikasi yang telah menerima izin khusus CONNECTIVITY_USE_RESTRICTED_NETWORKS yang dapat terhubung ke jaringan internet. Izin tersebut hanya akan diberikan untuk aplikasi sistem tertentu dan / atau dipasang oleh pengguna. Jadi, dalam mode jaringan terbatas ini, aplikasi apa pun yang dipasang oleh pengguna tidak dapat mengakses Internet.

Android 12 versi developer pertama akan meluncur pada bulan Februari 2021.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.